7 Manfaat Nyata Tulang Sotong untuk Kesehatan Burung Lovebird dan Kenari

7 Manfaat Nyata Tulang Sotong untuk Kesehatan Burung Lovebird dan Kenari

Tulang Sotong – Sotong merupakan binatang yang hidup di perairan, terutama sungai, danau, ataupun laut. Hewan yang termasuk dalam filum Mollusca ini hampir dapat kita temui di semua perairan dengan kondisi air payau, tawar, dan bahkan asin di kedalaman yang bervariasi. Kadang dekat permukaan atau beribu-ribu meter di bawah permukaan.

tulang sotong
www.mypasar4u.com

Sotong sering disamakan dengan cumi-cumi, namun keduanya jelas sangatlah berbeda. Perbedaan antara keduanya dapat kita lihat pada bentuk tubuh dimana sotong bertubuh pipih sedangkan cumi-cumi berbentuk silinder. Cangkang pada sotong juga tersusun dari kapur yang keras, sedangkan cumi-cumi lunak.

Sotong sebagai Makanan

tulang sotong
www.enyabdullah.com

Sotong merupakan salah satu jenis makanan seafood yang menjadi makanan utama di daerah Mediterania dan Asia Timur. Layaknya seafood yang lain, sotong sangat kaya akan kalsum dan protein rendah energi. Di Indonesia sendiri, sotong banyak dijadikan menjadi bahan utama berbagai masakan. Contohnya: sotong pedas manis, nugget sotong, gulai sotong, atau tumis sotong.

Apa itu Tulang Sotong?

tulang sotong
susanscott.net

Tulang sotong sering dijadikan sebagai makanan tambahan untuk burung peliharaan karena mengandung kalsium yang bagus untuk pertumbuhan burung. Selain kalsium, tulang sotong juga mengandung zat lain seperti mineral dan iodium. Mineral dalam tulang sotong berupa sodium klorida, garam magnesium, kalsium karbonat, serta kalsium fosfat.

Tulang sotong sendiri sebenarnya bukan tulang melainkan cangkang internal dari sotong itu sendiri. Kita bisa menemukannya berserakan di pinggir-pinggir pantai dimana hewan tersebut biasanya terdampar akibat air laut yang pasang hingga tersisa hanya cangkangnya saja.

Penggunaan Tulang Sotong

tulang sotong
www.abbaseed.com

Tulang sotong banyak digunakan sebagai makanan pemenuh gizi pada burung peliharaaan. Burung peliharaan yang biasanya diberikan tulang sotong ini oleh para pecinta burung yaitu, burung perkutut, kenari, parkit, atau lovebird.

Pemberian tulang sotong ke burung yang sedang dirawat atau dikembangbiakan akan mampu memicu produktivitas serta kesehatan telur yang dihasilkan. Serta, kita dapat mencegah indukan burung memakan telur-telurnya sendiri karena kekurangan kalsium.

Negera di Eropa tidak memberikan tulang sotong dalam bentuk utuh, akan tetapi dikikis dahulu dengan menggunakan sendok. Lalu kemudian dimasukkan ke dalam tempat terpisah atau bisa juga ditebar langsung di dasar kandang/sangkar burung.

Tulang sotong yang telah dikonsumsi akan dilarutkan oleh asam lambung yang kemudian membawanya menuju saluran pencernaan. Kalsium serta garam magnesium akan diserap di organ ini oleh aliran darah dimana jika seekor burung betina sedang bertelur, zat-zat tersebut akan dibawa lagi ke saluran telur.

Pada saat itulah, cangkang telur yang awalnya masih lunak akan dilindungi dan mengeras dengan bantuan kalsium dan zat-zat yang lain. Oleh karena itu, pemberian tulang sotong sangat dianjurkan pada burung kenari atau lovebird terutama pada saat mereka berkembang biak.

Manfaat Tulang Sotong untuk Burung Lovebird, Kenari, Parkit, dll

cara merawat anakan lovebird
infoberkicau.blogspot.com

Sebelumnya memberikan tulang sotong kepada lovebird, ada baiknya kita mengetahui dahulu cara pemberian pakan yang baik dan benar untuk lovebird. Sebab ada beberapa pertimbangan penting mengenai tata cara memberikan tulang sotong pada burung-burung di umur tertentu.

Secara umum, tulang sotong sering digunakan untuk pakan tambahan burung. Zat-zat yang banyak terkandung di dalamnya seperti kalsium, mineral, serta iodium dikarena sotong yang berasal dari perairan laut. Beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh burung lovebird, kenari, parkit, dan sejenisnya, yaitu:

  1. Kalsium pada tulang sotong mampu memperkuat tulang pada burung baik dewasa atau anakan.
  2. Memperkuat rahang serta mengasah paruh burung.
  3. Meminimalisir serta mencegah kerontokan bulu-bulu burung.
  4. Untuk burung yang sedang diternakkan, tulang sotong sangat bagus untuk pembentukan cangkang/kulit telur.
  5. Melancarkan pencernaan burung baik dewasa ataupun anakan sehingga terhindar dari penyakit diare.
  6. Membuat burung lebih bergairah untuk gacor atau menjadi rajin berkicau.
  7. Sebagai pakan penunjang kesehatan burung.

Cara Pemberian Tulang Sotong untuk Lovebird, Kenari, Parkit, dll

tulang sotong
i.ytimg.com

Tulang sotong dijual dalam bentuk batangan dalam harga yang sangat murah dan mudah didapatkan di toko-toko burung. Berikut adalah sedikit tips pemberian tulang sotong pada burung yang bagi sebagian pemula mungkin bingung melakukannya.

Alat dan Bahan:

  1. Satu buah tulang sotong
  2. Piring kertas/koran
  3. Tali pengikat
  4. Obeng plus (+)

Cara Memasang:

cc-92048-81044k_007-bird-horz

Sebenarnya ada alat khusus yang dijual di toko-toko burung untuk meletakkan tulang sotong dengan mudah, seperti gambar di atas. Namun, jika tidak ingin membelinya kita bisa membuat sendiri secara manual dengan menggunakan alat dan bahan yang sudah dituliskan di atas.

  1. Letakkan tulang sotong tepat di atas piringan kertas/koran yang tebal.
  2. Lubangi bagian tengah tulang sotong menggunakan obeng plus secara perlahan-lahan.
  3. Buatlah dua lubang yang saling berdekatan dan menembus juga piringan kertas.
  4. Setelah dua lubang selesai dibuat, masukkan tali pengikat melewati kedua lubang tersebut.
  5. Pasang ke sangkar dengan mengikatnya di bagian jeruji lalu kencangkan talinya.
  6. Tulang sotong telah dipasang dan siap dikonsumsi oleh burung peliharaan kita.

Namun, jika ternyata burung peliharaan kita tidak memakan tulang sotong yang sudah dipasang di sangkar kita bisa melakukan cara pemberian yang kedua, yakni:

  1. Gerus tulang sotong secukupnya.
  2. Kemudian, campurkan bersama dengan pakan/biji-bijian burung.
  3. Biarkan burung memakan pakannya bersamaaan dengan tulang sotong.
  4. Jika burung sudah mulai makan pakannya dan tulang sotong, kita bisa tempelkan tulang sotong di sangkar seperti cara pemberian pertama.

Cara Membuat Pakan Bergizi Tinggi dari Tulang Sotong

tulang sotong
www.burunghobi.com

Pakan dengan kandungan gizi yang seimbang sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan burung peliharaan kita. Kita bisa dengan mudah mendapatkan pakan berkualitas tinggi tersebut di toko-toko burung, namun tentu dengan harga yang lumayan mahal. Oleh karena itu, kita bisa membuat sendiri pakan tersebut dengan mencampurkan beberapa bahan bersama dengan tulang sotong seperti resep pakan berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Pakan burung atau millet
  2. Beberapa butir telur, ambil kuningnya saja
  3. Tepung jagung dan tepung kacang
  4. Beberapa buah tulang sotong

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan tepung dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata.
  2. Pisahkan kuning telur dari putihnya, aduk hingga berbusa dalam wadai yang lain.
  3. Tuangkan adukan kuning telur ke wadah campuran tepung, aduk hingga tercampur.
  4. Kita bisa gunakan cangkang telur tadi untuk bahan campuran juga dengan terlebih dahulu dikeringkan menggunakan oven, lalu digiling dengan blender hingga halus.
  5. Siapkan tulang sotong, ambil bagian dalamnya yang kasar, giling menggunakan blender hingga menjadi serbuk.
  6. Siapkan pakan burung atau millet, keringkan menggunakan oven. Setelah kering, angkat dan dinginkan.
  7. Tuangkan adonan campuran tepung dan pakan burung/millet.
  8. Campurkan dengan serbuk kulit telur dan tulang sotong, aduk hingga rata.
  9. Keringkan, dan pakan burung buatan sendiri siap disajikan untuk burung kesayangan kita.
Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, kita juga bisa memodifikasi bahan-bahan lain yang dirasa bagus dan cocok untuk dijadikan pakan burung kita. Ingat, selalu cek informasi apakah bahan-bahan tersebut cocok dengan jenis burung yang kita pelihara. Sebagai catatan, resep pakan di atas direkomendasikan untuk burung pemakan biji-bijian.

 

Perhatian!
Hingga saat ini masih ada perdebatan mengenai pemberian tulang sotong untuk burung peliharaan. Hal ini disebabkan karena dua faktor persoalan, yaitu:
  1. Kandungan garam yang tinggi pada tulang sotong dikhawatirkan bisa menimbulkan efek penyempitan pembuluh darah pada burung yang mengkonsumsinya.
  2. Burung kadang mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu sedikit karena kadar keasinan yang tinggi, sehingga kebutuhan mineral burung kadang tidak terpenuhi terutama dalam proses reproduksi.

Demikian pembahasan mengenai tulang sotong mulai dari asal muasalnya, kegunaannya serta cara pemberian tulang sotong kepada burung peliharaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

One Comment

  1. maaf sebelumnya ,tidak bermaksud jahat,hanya ingin membenarkan definisi diatas.
    keterangan tentang tubuh sotong dan cumi2 di atas terbalik.
    yg benar sotong bertubuh silinder dan cumi2 bertubuh pipih.
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.