5 Tips Merawat Mobil Matic dan Kendala yang Harus Dihadapi

TIPS MERAWAT MOBIL MATIC – Mobil dengan transmisi otomatis ini memang sangat digandrungi oleh kalangan pemula, hingga veteran. Soalnya memang pengoperasiannya sangat mudah. Tapi di balik kemudahan itu, Anda juga wajib tahu tips merawat mobil matic dan kendala yang harus dihadapi.

Perawatan yang benar akan menjamin masa depan berkendara Anda lebih baik. Meskipun tips-tipsnya sederhana, tetapi minimal harus kuasai dulu teknik dasarnya. Sebagai permulaan, lakukan perawatan ini untuk menjaga mobil Anda tetap sehat.

[toc]

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

1. Memanaskan Mobil

Bagi mobil matic, proses pemanasan sangat penting dan harus dilakukan. Mungkin kalau sekali atau dua kali lupa melakukan pemanasan mobil tidak masalah. Tapi kalau sudah berkali-kali, mesin pada mobil Anda akan mengalami gangguan.

Sebagaimana gangguan, ketika dibiarkan akan bertambah parah. Namun ketika Anda ingin melakukan pemanasan, pastikan keadaan tuas pada transmisi mobil berada pada posisi netral. Jangan beri tekanan yang akan membuat mobil bisa mengalami gangguan juga.

2. Kenali Kerusakan pada Mobil

Menjadi pengendara atau pemilik mobil matic juga harus peka terhadap kemungkinan buruk yang terjadi. Terutama ketika jelang melakukan perjalanan. Seringkali pemilik mobil mengabaikan hal ini. Padahal esensinya sangat penting.

Misalkan ketika antara putaran mobil dengan laju mobil tidak kompak. Maka, yang harus diteliti adalah faktor terjadinya kerusakan pada transmisi matic yang biasanya disebabkan oleh kopling slip. Jadi suara mesin pun terasa kasar dan tidak seimbang.

Oleh karena itu, membaca buku panduan mesin matic juga amat diperlukan. Terutama soal cara merawat mobil matic yang baik dan juga benar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir nilai kerusakan pada mobil matic.

3. Uji dengan Berkendara di Jalanan

Tips merawat mobil matic dengan berkendara itu seperti olahraga rutin bagi mobil matic. Di samping meneliti kerusakan dan juga sering memanaskan mobil, jalan-jalan juga bagus untuk kesehatan mobil.

Amati ketika Anda melakukan pemindahan persneling. Rasakan kejanggalan yang mungkin bisa dirasakan. Kalau ada suara aneh seperti guncangan, maka mobil Anda mengalami masalah pada transmisinya.

Kalau benar Anda mengalami hal serupa, langsung bawa ke bengkel saja. Pemilihan bengkel juga harus yang terpercaya. Biar bisa ditangani secara tepat dan akurat. Jangan ke bengkel yang baru didirikan. Nanti bisa-bisa semakin bermasalah.

4. Ganti Oli Transmisi saat Banjir

Banjir memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Banjir juga bisa menyerang secara tiba-tiba. Kalau Anda mengalami hal tersebut, ada baiknya lakukan pergantian oli transmisi begitu kejadian itu menimpa Anda.

Ketika banjir tiba, mobil yang berada di rendaman bisa-bisa airnya masuk ke dalam gearbox. Mobil akan mengalami hal-hal buruk kalau Anda mengabaikan hal itu terlalu lama. Misalnya seperti macet secara tiba-tiba ketika ingin dikendarai atau lainnya.

5. Service Mobil secara Berkala

Lakukan perawatan mobil di bengkel secara berkala. Tidak hanya ketika terjadi kerusakan saja. Perawatan secara berkala ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara.

Proses service mobil bisa melibatkan adanya update pada komponen mesinnya. Jadi semua komponennya terkondisikan untuk selalu baru. Seiring dengan pembaruan yang dilakukan oleh produsen mobil milik Anda.

Pilih bengkel yang sudah dianggap kredibel oleh banyak pelanggan. Testimoni mereka juga memiliki banyak arti. Ketika sudah menjadi pelanggan bengkel tersebut, Anda akan dimudahkan ketika dalam proses pelayanannya, seperti ganti oli, ban, dan semisalnya.

Memulai tips merawat mobil matic itu memang mudah, tetapi merawat kebiasaan itu yang cukup sulit. Diperlukan disiplin yang bagus agar proses perawatan mobil Anda bisa berjalan sesuai keinginan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.