Tips Merawat Mesin Mobil Bekas yang Berusia Tua

Tips Merawat Mesin Mobil Bekas yang Berusia Tua

TIPS MERAWAT MESIN MOBIL – Bagi kalangan yang berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah, mobil bekas selalu menarik perhatian mereka. Namun rata-rata belum tahu cara merawat mesin mobil bekas agar bertahan lama. Soalnya rata-rata komponen mobil sudah berusia tak muda lagi.

Mengenai harganya, mobil bekas bahkan bisa seperempatnya mobil baru. Itulah kenapa banyak yang meminati mobil bekas. Terutama yang mau menggunakannya untuk kepentingan usaha. Lantas, bagaimana cara merawat mobil bekas? Simak tips-tips ini.

[toc]

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Rutin-Rutin Mengganti Oli

Kalau diibaratkan, oli itu seperti darah pada manusia. Ketika manusia kurang darah, tubuh akan lemas, mudah terjangkit penyakit, dan sebagainya. Begitu pula yang terjadi pada mobil bekas yang olinya jarang diganti.

Ketika mesin mobil bekerja, akan terjadi berbagai macam gesekan antar komponennya. Penggantian oli wajib dilakukan ketika Anda hendak melakukan perjalanan jauh. Bagaimanapun, aktivitas komponen pada mesin saat berada di perjalanan sangat tinggi.

Maka, amat dibutuhkan tenaga yang prima agar bisa melalui perjalanan dengan baik. Sementara untuk sehari-hari, kalau tidak terlalu sering pakai, bisa diganti 3 kali dalam seminggu. Tapi usahakan jangan sampai kering.

Rajin-Rajin Memacu Mobil

Mobil bekas harus rajin-rajin dibawa ke jalanan biar komponen di dalamnya terus aktif. Dengan menginjak gas saat jalan-jalan, maka kerak pada mesin bisa keluar lewat saluran knalpot. Soalnya kondisi mobil yang lama tak dijalankan hampir pasti menghasilkan kerak.

Kerak itu kalau tidak dibersihkan bisa menimbulkan aktivitas mobil macet. Ketika mobil sudah lama tidak digunakan, pada waktu pertama dioperasikan barangkali terasa berat. Selow saja waktu memacunya. Jangan terlalu kuat biar aman.

Rajin-Rajin Memeriksa Radiatornya

Fungsi radiator selama ini adalah untuk mendinginkan mesin kendaraan. Radiator yang disfungsi, tips merawat mesin mobil bekas Anda jadi lebih ribet lagi. Selain itu, kondisi mobil bisa mudah panas. Kalau suda begitu, jalannya pun lemot atau tidak lancar.

Dalam jangka waktu tertentu, lakukan pergantian sebelum terjadi kebocoran pada radiatornya. Biasanya kalau sudah bocor, efeknya bisa merambat ke berbagai komponen mesinnya.

Air yang biasa mengisi radiator juga perlu diperhatikan. Mobil bekas maupun baru, radiatornya harus terisi air penuh. Tujuannya agar mobil bisa bekerja sesuai dengan fungsi seharusnya. Terutama pada waktu mobil mengalami peningkatan suhu yang signifikan.

Rutin Memeriksa Tiap Komponen Mesinnya

Kalau Anda tidak bisa memahami fungsi dan nama komponen mobil, bisa minta tolong ke orang yang lebih tahu. Bisa teman maupun orang yang bekerja di bengkel. Tidak harus dicek setiap hari. Seminggu sekali sebetulnya sudah cukup.

Apa saja yang harus dicek? Bisa dimulai dari bagian bawah, alias kaki mobil, seperti siil, rem, sok, ban, dan lainnya. Kemudian pada bagian depan atau komponen mesin utama penggerak mobilnya. Lakukan serutin mungkin agar terhindar dari kesulitan.

Rutin Memeriksa Kondisi Wiper

Sebagai salah satu bagian dari mesin pembantu yang cukup penting. Tanpa adanya wiper, mungkin Anda tidak akan bisa berkendara saat hujan mengguyur. Bagian kaca depan secara otomatis akan tertutupi oleh air dan penglihatan pun menjadi kabur.

Pada bagian karet wiper harus dalam kondisi yang baik. Tidak boleh ada butiran yang mengganggu pergerakannya. Soalnya antara karet dengan kaca itu sebaiknya harus bersinggungan secara ketat biar hasil sibakannya jernih.

Terapkan tips merawat mesin mobil di atas secara cermat. Memiliki mobil tua bukan berarti ketinggalan zaman. Kalau dimodifikasi dengan baik bahkan bisa tampil menjadi mobil keren dan antik. Tugas selanjutnya tinggal merawatnya serutin mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.