Tips Memilih Cover Mobil yang Bagus Untuk Pemula

Tips Memilih Cover Mobil yang Bagus Untuk Pemula

Tips Memilih Cover Mobil – Bagi kamu yang biasa memarkir mobilnya ditempat yang tidak beratap pasti sudah sangat familiar dengan yang satu ini, yaitu sarung mobil atau cover mobil.

Sarung mobil ini berguna untuk melindungi mobil bagian luar dari berbagai masalah seperti hujan dan panas. Tetapi tidak sedikit orang yang menggunakan cover mobil untuk digunakan di parkir dalam ruangan.

Guna lain dari cover mobil ini adalah agar mobil bagian luar tidak terkena debu ataupun kotoran yang mungkin ada di dalam ruangan.

Tetapi terkadang ada beberapa cover mobil yang kurang bagus sehingga bisa merusak bagian luar mobil.

Lalu bagaimana cara mengetahui bagus tidaknya suatu cover mobil?

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih cover mobil yang tepat.

Hindari Cover Mobil yang Berbahan 100% Sintetis

pixabay.com

Kenapa harus dihindari?

Menurut Denny Yohannes yaitu Technical Support dari Meguiar’s Indonesia “Penggunaan cover mobil yang berbahan 100% sintetis dapat menjadikan bodi mobil bagian luar cepat terlihat ada gesekan-gesekan. Hal ini dikarenakan kontak langsung dari kain tersebut dengan permukaan cat pada mobil yang dipasangkan cover tersebut.”

Biasanya mobil yang sudah terkena hal tersebut akan terlihat pola gesekan sarang laba-laba pada bodinya. Maka hindarilah bahan cover mobil yang berbahan licin di bagian luar dan dalamnya.

Walaupun cover mobil yang berbahan licin itu anti air atau waterproof, tetapi hal tersebut malah bisa memperparah tekanan bagian dalam cover mobil tersebut dan bisa merusak bagian luar mobil kamu.

Gunakan Cover Mobil Berbahan Breathable Fabric

shihuicar.com

Kenapa menggunakan cover mobil berbahan fabric?

Sebenarnya cover mobil berbahan kain fabric lebih cocok untuk digunakan di dalam ruangan. Tetapi, tidak ada salahnya untuk menggunakannya di luar ruangan.

Beberapa merek cover mobil yang bagus seperti coversuper juga memperlihatkan bahwa bahan kain fabric ini bisa digunakan di luar ruangan atau outdoor.

Bahan Kain fabric juga bagus dipakai untuk cover mobil dikarenakan bahan ini biasanya berongga (Perfotated) sehingga ada sirkulasi udara di dalam cover mobil tersebut. Hal ini berguna untuk melembabkan mobil bagian luar.

Walaupun bahan fabric tergolong mahal untuk sebuah cover mobil tetapi bahan ini sangat bisa dipercaya untuk menjaga mobil kamu lebih baik.

Tips Memilih Cover Mobil Outdoor (Luar Ruangan)

weathertech.com

Karena Fabric lebih dominan ke cover mobil indoor atau dalam ruangan jadi beberapa orang tidak menggunakan bahan fabric ini di luar ruangan.

Jadi untuk kamu yang tidak ingin menggunakan bahan fabric untuk cover mobil outdoor, kamu juga bisa menggunakan bahan yang dilapisi coating sehingga air tidak menumpuk di cover mobil dan membuat rusak bagian luar mobil.

Cara untuk mengetahui cover mobil itu dilapisi coating atau tidaknya adalah dengan menyiramkan air ke cover tersebut. Apabila efeknya seperti air yang dijatuhkan ke daun talas, berarti cover tersebut baik digunakan untuk di luar ruangan.

Tambahan sebagai informasi, cover mobil yang bagus untuk di luar ruangan adalah cover mobil yang memiliki empat layer. Pertama lapisan luar yang berguna untuk menahan terpaan hujan dan panasnya matahari.

Kedua, bagian berpori yang digunakan untuk bernafas, hal ini berguna agar embun dan hal lainnya tidak masuk kedalam cover mobil.

Ketiga, Lapisan pelindung untuk memperkuat komposisi. Dan yang terakhir adalah bagian dalam yang lembut sehingga tidak membuat gesekan ke bodi mobil. Nah, bagi kamu yang bingung dimana tempat jual cover mobil outdoor atau indoor bisa KLIK DISINI.


Itulah beberapa tips memilih cover mobil outdoor atau indoor yang harus kamu perhatikan agar tampilan mobil kamu tetap oke. Terima Kasih.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.