Tips Membeli Mobil Bekas agar Menguntungkan seperti Beli Mobil Baru

TIPS MEMBERLI MOBIL BEKAS – Mobil bekas sering dijadikan pilihan bagi orang yang sedang butuh kendaraan ini tapi belum sanggup untuk membeli mobil baru secara cash. Tapi, tips membeli mobil bekas harus Anda ketahui terlebih dahulu jika memiliki keinginan yang sama untuk memiliki kendaraan ini.

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari pengeluaran tambahan untuk memperbaikinya. Apalagi jika performanya masih mumpuni dan semua dokumennya tidak bermasalah sehingga terasa seperti membeli mobil baru. Berikut tips-tips yang bisa Anda terapkan.

 

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Tips Membeli Mobil Bekas Pertama: Tidak Tergiur Harga Miring

Tips membeli mobil bekas yang pertama yaitu tidak tergiur harga miring. Harga miring atau murah merupakan salah satu alasan utama seseorang membeli barang bekas atau second. Selain itu, harga miring juga memang tidak selalu identik dengan kualitas rendah.

Apalagi jika kita pandai memilihnya. Tapi, tidak ada salahnya Anda waspada jika ditawari mobil murah. Apalagi jika Anda memperolehnya dari iklan dalam surat kabar yang belum Anda tahu kredibilitas penjualnya.

Terkecuali Anda mengunjungi tempat penjualnya dan yakin dengan kulitas mobil bekas yang akan Anda beli. Harganya bisa saja 20% dari harga mobil baru dan Anda merasa sudah berhasil menghemat banyak uang dengan membelinya.

Biasanya, sering terjadi adanya beberapa komponen atau bagain mesin yang bermasalah. Anda mungkin bisa saja memperbaikinya dengan membawanya ke bengkel. Tapi, biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan tersebut bisa menyamai harga mobil bekas yang Anda beli.

Tips Membeli Mobil Bekas Kedua: Cek Kondisi Ruang Mesin

Bagian ruang mesin yang perlu Anda cek adalah kelengkapan mur dan bautnya. Tidak boleh ada oli atau cairan lainnya yang tumpah. Begitupula dengan lampu indikatonya, tidak boleh menyala saat Anda menghidupkan mesin.

Kemudian, asap knalpot normal, tidak hitam (akibat pembakaran tidak sempurna) maupun putih (ada campuran oli dalam pembakaran). Jika Anda memiliki kemampuan teknikal atau lulusan sekolah mesin, akan mudah bagi Anda mengecek kondisi bagian dalam ruang mesin.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahuinya dengan test drive. Jika suaranya lebih keras dari mobil jenis sama yang umum Anda dengar, bisa jadi mobil tersebut sudah mengalami kerusakan parah akibat banjir atau hal lainnya.

Selanjutnya, untuk mengecek pernah atau tidaknya mobil bekas yang akan Anda beli bisa dilihat dari warnanya. Jika ada tanda-tanda bagian mesinnya di-cat, berarti ada kemungkinan mobil bekas tersebut pernah mengalami turun mesin.

Tips Membeli Mobil Bekas Ketiga: Beli ke Tempat Terpercaya

Untuk menghindari penipuan, Anda harus membeli ke tempat terpercaya. Membeli ke kerabat dan dealer bisa dijadikan pilihan. Karena, saat ini banyak dijual mobil bekas dengan harga super murah, bahkan di bawah 30 juta.

Tapi, bagian dalam mobilnya seperti mesin, sudah sangat memprihatinkan. Kemungkinan besar akan ada banyak spare part yang harus Anda beli untuk menggantinya. Saat ini, sangat mudah bagi penjual untuk menyulap mobil rusak atau bodong menjadi tampak baru dan asli.

Kerusakan bisa diakibatkan oleh lamanya mobil tersebut terendam banjir, tapi dari luar terlihat baik-baik saja. Nah, Anda harus jeli menyikapi hal ini dengan cara membeli mobil bekas hanya ke tempat yang banyak pelanggan, memiliki track record baik, dan terpercaya.

Berani memberi jaminan uang kembali jika mobil yang dijualnya ‘bodong’ atau cacat merupakan salah satu ciri penjual terpercaya. Hindari membeli mobil bekas murah secara ‘bawah tangan’ atau di tempat penjualan ilegal.

Kemudian, Anda bisa mengecek keaslian kendaraan ini di Polda atau Polsek terdekat. Anda hanya perlu membawa salinan dokumen pelengkap mobil seperti BPKB, STNK, asuransi, dan lainnya yang sebelumnya Anda minta dari penjualnya.

Tips membeli mobil bekas yang paling utama adalah dengan memeriksa keseluruhan bagian mobil. Oleh karena itu, Anda perlu mengajak orang yang dianggap paham tentang mobil. Selanjutnya, dia akan membimbing Anda memilih mobil bekas yang kualitasnya mumpuni.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.