Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap]

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap]

Sumber Daya Alam – Manusia tidak dapat hidup tanpa adanya sumber daya yang dimanfaatkan sedemikian rupa untuk kebutuhan hidup. Sumber daya tersebutlah yang kemudian menjadi sarana bagi manusia untuk mampu menjalani kehidupan dengan lebih baik. Sudah seharusnya jualah manusia lalu berupaya sebisa mungkin untuk menggunakannya sambil menjaga kelestariannya.

[toc]

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap] 1
pixabay.com

Sumber daya alam ialah semua bahan yang bisa ditemukan oleh manusia dalam alam yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidupnya. Bagi manusia, sumber daya alam pada hakikatnya merupakan hal terpenting baik berupa benda hidup (hayati) ataupun benda mati (non-hayati). Kedua jenis sumber daya alam tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Pemanfaatan suatu sumber daya ditentukan berdasarkan kegunaan sumber daya tersebut untuk manusia itu sendiri. Oleh sebab itu, semakin bermanfaat suatu sumber daya alam maka akan semakin bernilai sumber daya alam tersebut. Contohnya saja, lahan pertanian yang subur akan dapat dijadikan daerah pertanian yang sangat potensial. Suatu negara yang memiliki sumber daya yang berlimpah dipastikan menjadi negara yang maju jika dimanfaatkan secara maksimal.

Manusia itu sendiri sebenarnya juga merupakan sumber daya untuk suatu negara karena manusia mampu memberikan kebermanfaatan bagi negaranya dengan berkontirbusi menjadi tenaga kerja, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat meningkatkan perekonomian negara.

Jenis-jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat digolongkan menjadi sebagai berikut.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Asalnya

SDA Organik (Biotik)

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap] 2
pixabay.com

Yaitu sumber daya alam yang berasal dari kehidupan.
Contoh: minyak bumi, batu bara

SDA Anorganik (Abiotik)

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap] 3
pixabay.com

Yaitu sumber daya alam yang bukan berasal dari kehidupan.
Contoh: gas alam, besi, bauksit, dan timah.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat Kelestariannya

SDA yang Dapat Diperbaharui/renewable resource

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap] 4
pixabay.com

Yaitu sumber daya alam yang tidak akan habis sebab bagian-bagian yang telah dipakai dapat diganti dengan yang baru. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui ialah sebagai berikut:

  • Tumbuhan, terdiri dari semua jenis tumbuhan yang hidup dan berkembangbiak di muka bumi beserta produk turunannya berupa lateks atau karet, kapas, biodiesel, biosolar, spiritus, alkohol, terpertin dan lain sebagainya. Untuk mempertahankan ketersediaan tumbuhan di dunia, perlu dilaksanakan program penanaman kembali serta tidak melakukan ekspoitasi terhadap huta.
  • Hewan, terdiri dari semua jenis hewan yang hidup dan berkembangbiak di muka bumi berikut produk turunannya seperti sutra, kain wol, dan lain-lain. Upaya pelestariannya yakni dengan melakukan budidaya agar ketersediaannya tetap terjaga. Beberapa jenis hewan yang hampir punah, tak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia
  • Angin, sumber daya alam ini sangat berlimpah dan beberapa negara maju di dunia memanfaatkannya sebagai salah satu sumber energi yang digunaka untuk kebutuhan industri atau kebutuhan rumah tangga.
  • Sinar matahari, beberapa negara maju juga menjadikannya sebagai sumber energi sama halnya dengan angin sebab pasokannya yang takkan pernah habis sepanjang matahari menerangi bumi.
  • Tanah, kesuburan tanah juga perlu dijaga agar tidak mudah hilang. Hendaknya manusia melestarikan tanah dengan tidak mencemarinya sebab tanah merupakan tempat tinggal bagi seluruh makhluk hidup di dunia.
  • Air, merupakan salah satu sumber daya alam yang paling penting untuk manusia. Tanpa air manusia beserta makhluk hidup lainnya tak akan mampu bertahan hidup. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk melestarikan kebersihan air dan juga tidak mencemarinya.
  • Mutiara yang merupakan benda berharga yang didapat dari kerang. Bisa dibudidaya dan menjadi sumber pendapatan.
  • Kopra, minyak nila, pala, pupuk kompos, dan lain sebagainya.

SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui (unrenewable resources)

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap] 5
pixabay.com

Yaitu sumber daya alam yang akan habis karena tidak dapat dibuat yang baru. Contoh SDA yang tidak dapat diperbaharui ialah sebagai berikut:

  • Logam mulia (Emas, perak, diamond, platinum)
  • Besi
  • Tembaga
  • Perunggu
  • Nikel
  • Gas alam
  • Gypsum
  • Batu
  • Marmer
  • Minyak bumi (bensin, solar, aspal, paraffin, minyak tanah dan lainnya)
  • Intan
  • Batu granit
  • Asbes
  • Belerang
  • Karbon
  • Nuklir
  • Fosfat, dan lain sebagainya

Sumber Daya Alam Berdasarkan Pemanfaatannya

SDA Ruang

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap] 6
pixabay.com

Yaitu tempat yang dibutuhkan manusia untuk tinggal dalam hidupnya. Semakin meningkatkan jumlah penduduk maka sumber daya alam ruang ini juga akan semakin sempit dan sulit didapatkan. Ruang dalam konteks ini bisa saja berupa ruang untuk tempat tinggal, areal pertanian, peternakan, ruang bermain anak-anak, dan lain sebagainya.

SDA Materi

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap] 7
pixabay.com

Yaitu apabila yang digunakan manusia adalah materi dari sumber daya itu sendiri. Contohnya mineral magnetit, hematit, siderit, limonit, dan pasir kuarsa yang dapat dilebur menjadi besi/baja yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, seperti menjadi kerangka beton, kendaraan, menjadi alat rumah tangga dan lain sebagainya.

SDA Energi

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap] 8
pixabay.com

Yaitu energi yang terdapat dalam sumber daya alam. Contoh sumber daya alam ini ialah bahan bakar minyak (solar, minyak tanah, bensin), gas alam, batu bara, dan kayu bakar yang mana manusia dapat memanfaatkannya untuk menggerakkan kendaran, mesin industri, dan memasak.

SDA Hayati

Sumber Daya Alam, Pengertian, Jenis-jenis, Beserta Contohnya [Lengkap] 9
pixabay.com

Yaitu sumber daya alam yang berbentuk makhluk hidup seperti hewan yang disebut sumber daya alam hewani dan tumbuhan yang disebut juga sumber daya alam nabati.


Demikian pembahasan mengenai sumber daya alam, pengertian, beserta contoh-contohnya yang terdapat di alam semesta. Ada baiknya kita sebagai khalifah di muka bumi menjaga sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan melakukan program budidaya secara terpadu. Sedangkan untuk sumber daya yang tak dapat diperbaharui dengan menggunakannya secara hemat dan tidak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.