15 Sketsa Pemandangan yang Mudah Digambar Untuk Anak Mewarnai

Sketsa Pemandangan yang Mudah Digambar – Sudah selayaknya Bunda selaku orang tua berperan penting dalam fase tumbuh kembang anak di masa anak-anaknya. Bunda dituntut untuk bisa menyedia berbagai fasilitas yang menjadi jembatan anak menuju pribadi yang lebih baik dalam hal pertumbuhan keahlian.

Pada awal pertumbuhan, anak pasti akan lebih senang untuk bermain daripada harus belajar. Orang tua harus paham terhadap fase tersebut dengan tidak memaksakannya untuk belajar dan meniadakan kegiatan bermain. Akan jauh lebih baik jika kedua hal tersebut disatukan, yakni dengan bermain sambil belajar.

Dengan demikian, anak tentu tidak akan jenuh seperti ketika diajak belajar. Bunda bisa mengajaknya bermain sambil belajar dari kegiatan menggambar atau mewarnai. Ingat, bahwa kegiatan sederhana seperti menggambar atau mewarnai memiliki manfaat yang luar untuk tumbuh kembang anak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Meningkatkan daya kreativitas anak

Tentu saja aktivitas mewarnai menuntuk daya kreativitas seseorang. Untuk anak yang baru saja mengenal kegiatan menggambar atau mewarnai, pilihlah gambar sketsa pemandangan yang mudah digambar olehnya. Tak perlu banyak detail karena nanti akan membuatnya cepat bosan karena sulit untuk diselesaikan.

Meningkatkan skill komunikasi anak

Mengapa bisa demikian? Tentu manfaat ini akan didapatkan jika orang tua juga aktif ketika si kecil sedang menggambar atau mewarnai. Bunda mesti bertanya pada anak tentang apa saja yang sudah ia lakukan, bisa saja bertanya sudah sampai mana gambar yang ia selesaikan, bertanya warna apa yang cocok untuk suatu objek, dan ingin menggambar apa lagi setelahnya.

Mobilitas anak meningkat

Karena aktivitas mewarnai memerlukan gerakan yakni dengan menggurat-guratkan pensil warna ke kertas maka secara tidak langsung juga akan meningkatkan mobilitas si kecil.

Menjadi semakin detail

Dalam kegiatan mewarnai, tentu saja diperlukan ketelitian agar objek yang menjadi fokus bisa terwarnai dengan baik dan indah. Bunda perlu berinteraksi dengan si kecil dan menyampaikan bahwa perlu berhati-hati ketika mewarnai misalnya tidak boleh memberi warna melebihi garis batas objek. Selain itu, jika sketsa gambar yang dipilih berupa banyak objek kecil dan banyak, tentu ini juga sangat baik untuk perkembangannya nanti.

Menciptakan emosi yang positif

Dengan menggambar atau mewarnai, maka si kecil akan berinteraksi dengan warna-warna yang tentu juga membawa efek positif tersendiri pada mood-nya. Si kecil tentu akan senang jika ia bisa menggambar sketsa suatu objek atau karakter yang ia senangi, seperti sketsa tokoh kartun atau sketsa hewan misalnya. Hal itulah yang kemudian juga menimbulkan efek positif terhadap emosi anak.

Meningkatkan keahlian problem-solver (pemecah masalah)

Terkadang saat mewarnai, anak mungkin saja kebingungan ketika ingin mewarnai suatu objek. Entah karena objek tersebut awam baginya sehingga ia tak tahu bagaimana bentuk aslinya. Pada saat itulah kemudian, ia kemungkinan akan mencari jawaban dengan pertanyaan pada Bunda langsung atau berinisiatif mencarinya sendiri di beberapa referensi yang mungkin ia pernah lihat.

Meningkatkan memori anak

Tentu dengan mewarnai, si kecil secara tidak langsung menghafalkan warna dari sebuah objek beserta bentuknya. Hal ini kemudian dapat memaksimalkan kemampuan dari memori anak yang sedang dalam masa tumbuh kembangnya. Si kecil bisa dipilihkan sketsa yang mudah digambar pada awalnya untuk mengenalkan warna dan objek.

Itulah manfaat yang bisa didapatkan si kecil dari kegiatan menggambar dan mewarnai. Nah, berikut ini adalah 15 sketsa pemandangan yang mudah digambar untuk si kecil mewarnai. Bunda bisa memilih salah satu untuk dijadikan latihan awal untuk si kecil tersayang.

Selamat bersenang-senang dengan si kecil ya, Bun… 😀

pinterest.com
pinterest.com
mazecore.com
mazecore.com
deartmaqua.com
deartmaqua.com
oloring-pages-adults.com
oloring-pages-adults.com
pinterest.com
pinterest.com
sketchite.com
sketchite.com
coloring-kids.net
coloring-kids.net
dragoart.com
dragoart.com
kidstalent.org
kidstalent.org
dragoart.com
dragoart.com
dragoart.com
dragoart.com
radioimagemfm.blogspot.com
radioimagemfm.blogspot.com
sketchite.com
sketchite.com
peterandsharda.com
peterandsharda.com
kidstalent.org
kidstalent.org

3 Replies to “15 Sketsa Pemandangan yang Mudah Digambar Untuk Anak Mewarnai”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.