15 Contoh Sketsa Gambar Kartun Mewarnai Untuk Anak

Sketsa Gambar Kartun – Kegiatan mewarnai bagi anak merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan apalagi jika gambar yang warnai adalah sketsa gambar kartun favorit mereka. Misalnya saja seperti karakter pahlawan di salah satu film kartun kesayangannya. Tentu hal tersebut membuat semakin semangat untuk menuntaskan pewarnaan gambarnya.

Selain anak-anak menyukai kegiatan ini, daya kreativitas anak pun akan seiring bertambah dengan semakin seringnya ia menggambar atau mewarnai. Oleh sebab itu, selaku orang tua Bunda harus tahu bagaimana cara mengajar anak untuk mewarnai yang baik dan benar.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Cara Mengajar Anak Untuk Mewarnai

pexels.com
pexels.com

Pada masa kanak-kanak umumnya, si kecil suka sekali mencorat-coret bagian dinding rumah atau apapun yang bisa mereka coret dengan menggunakan pensil warna atau crayon.

Nah, daripada si kecil mencorat-coret dinding akan jauh lebih kalau Bunda memberikannya buku gambar dan alat mewarnai. Untuk pertama kali, Bunda bisa mengajari si kecil untuk mewarnai terlebih dahulu tanpa mengajarinya menggambar.

Jika mau Bunda bisa mengajari si kecil langsung keduanya, menggambar dan mewarnai namun tentu akan sedikit lebih repot. Oleh sebab itu, Bunda bisa berfokus mengajarinya untuk mewarnai saja terlebih dahulu.

Berikut ada beberapa tips mudah bagaimana cara mengajar anak mewarnai:
1. Kenalkan dahulu kepada si kecil warna-warna dasar seperti: hitam, putih, merah, kuning, serta hijau.
2. Ajak si kecil untuk mewarnai gambar sederhana dulu seperti gambar persegi, segitiga, persegi panjang sambil mengenalkan bentuk padanya.
3. Bunda bisa ajak si kecil untuk mewarnai hewan atau tumbuhan kesukaannya sehingga menjadikannya lebih termotivasi.
4. Jika si kecil suka robot-robotan atau mobil-mobilan ajak ia untuk mewarnai gambar tersebut. Jika ia suka kartun bisa mengambil contoh sketsa gambar kartun di bawah ini. Atau bisa juga mulai mengenalkannya pada sketsa pemandangan dari pensil.
5. Setelah anak senang dengan aktivitas mewarnai, maka saatnya untuk menerapkan aturan bahwa mewarnai gambar yang rapi dan bagus itu tidak boleh keluar garis. Beri pemahaman pada anak bahwa mewarnai keluar garis itu mnengurangi keindahan.
6. Setelahnya, Bunda bisa mengajarkan untuk melakukan percobaan mencampur warna. Anak akan senang jika bisa menemukan warna baru hasil dan percobaannya sendiri dan hal itu nantinya akan memotivasi anak untuk terus mewarnai.
7. Jangan memaksa anak untuk mewarnai jika ia sedang bosan dengan kegiatan tersebut. Biarkan ia melakukan kegiatan yan glain hingga mood-nya kembali dan ajak ia mewarnai lagi.

Itulah beberapa tips sederhana tentang bagaimana cara mengajar anak mewarnai. Bunda, bisa gunakan sketsa kosong gambar tokoh kartun di bawah sebagai bahan pengajaran untuk si kecil.

Sketsa Kartun Naruto

biyshinichiart.blogspot.co.id
biyshinichiart.blogspot.co.id
mewarnaigambartk.com
mewarnaigambartk.com
catatanchepot.blogspot.com
catatanchepot.blogspot.com

Sketsa Kartun Doraemon

mewarnaigambartk.com
mewarnaigambartk.com
mewarnaigambartk.com
mewarnaigambartk.com

Sketsa Kartun Hello Kitty

azcoloring.com
azcoloring.com

Sketsa Kartun Upin Ipin

bonikids.blogspot.com
bonikids.blogspot.com
bonikids.blogspot.com
bonikids.blogspot.com
bonikids.blogspot.com
bonikids.blogspot.com

Sketsa Kartun Frozen

warnagambar.com
warnagambar.com
warnagambar.com
warnagambar.com
thiscouldbeyourgreenhome.com
thiscouldbeyourgreenhome.com

Sketsa Kartun Tom and Jerry

st.clopotel.t1.ro
st.clopotel.t1.ro
ducoloring.com
ducoloring.com
coloringpages2015.com
coloringpages2015.com

Terus asah kemampuan si kecil dalam bidang kesenian jika ia terlihat memang memiliki bakat di dalamnya dengan cara mengajak melakukan aktivitas seni. Jika mau, Bunda bisa mengajak si kecil ke tempat kursus khusus untuk kegiatan mewarnai agar ia lebih fokus dan mendapat mentor yang profesional. Namun, hal tersebut baik dilakukan setelah si kecil memang menyukai kegiatan seni dan sudah menginjak usia sekolah dasar.

4 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.