Contoh Sampah Organik dan Non Organik dan Manfaatnya

Sampah Organik dan Non Organik – Sampah ialah sisa, barang bekas, atau barang buangan yang telah tak dipakai oleh pemiliknya lagi.

Secara umum, sampah dibagi menjadi dua sampah organik dan anorganik/non-organik. Kedua jenis sampah tersebut memiliki manfaat serta dampak untuk lingkungan.

Berikut akan dibahas perbedaan antara kedua jenis sampah tersebut beserta manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Selamat membaca.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

[toc]

Sampah Organik Dan Non-Organik Manfaat Beserta Contohnya

Sampah Organik dan Sampah Anorganik
Sampah organik dan non organik satujam via satujam.com

Sebelum membahas manfaatnya terlebih dahulu kita harus mengetahui apa definisi dari kedua jenis sampah tersebut beserta contoh-contohnya yang akan dibahas di bawah ini.

Sampah Organik

Pengertian sampah organik ialah limbah yang berasal dari sisa makhluk hidup atau alam misalnya manusia, hewan, serta tumbuhan yang melalui prosese pelapukan atau pembusukan.

Jenis sampah ini tergolong ramah lingkungan sebab dapat diurai oleh bakteri pengurai secara alami dan berlangsung cepat.

Contoh Sampah Organik

Sampah Organik dan Sampah Non Organik
dml.or.id

Contoh sampah organik secara umum dapat kita ketahui adalah semua sisa yang berasal dari makhluk hidup atau dapat diurai kembali oleh alam seperti: kotoran, daun, bangkai, kulit telur, kardus, kertas, makanan sisa seperti sayur, buah, nasi, dan lain sebagainya.

Manfaat Sampah Organik

Sampah Organik dan Sampah Anorganik
id.wikipedia.org

Manfaat sampah organik ialah antara lain dapat meningkatkan kesuburan pada tanah. Sebab sampah ini jika diproses dengan benar dapat dijadikan sebagai pupuk alami bagi tanah, biasa disebut pupuk kompos dan pupuk kandang.

Jika tanah yang diberi pupuk dari sampah ini maka tanahnya akan menjadi lebih bernutrisi dibanding tanah yang biasa. Oleh karenanya menjadikan tanaman yang ditanam di tanah tersebut menjadi jauh lebih sehat.

Selain itu, sampah organik juga bisa dijadikan barang dengan nilai ekonomis tinggi seperti mebel serta perabot rumah tangga.

Sampah Non-Organik

Sampah Organik dan Sampah Non Organik
pixabay.com

Pengertian sampah non-organik ialah segala sisa manusia yang sulit diurai kembali oleh bakteri atau memerlukan waktu yang cukup lama untuk penguraiannya hingga ratusan tahun.

Contoh Sampah Non-Organik

Umumnya sampah non-organik berasal dari sampah industri. Contoh dari sampah non-organik ialah: plastik, kaca, besi, kain, kaleng, ban, pulpen, spidol, dan lain sebagainya.

Manfaat Sampah Non-Organik

Sampah Organik dan Sampah Non Organik
bangkabaratkab.go.id

Sampah jenis ini dapat diambil kembali manfaatnya setelah dilakukan daur ulang menjadi produk yang baru. Contohnya limbah plastik yang jika didaur ulang bisa dibuat menjadi mainan, kursi, meja, dan lain sebagainya.

Limbah besi bisa dilebur terlebih dahulu lalu kemudian dijadikan bahan dasar dalam pembuatan produk baru seperti pagar rumah, paku, palu, dan lain sebagainya.

Dalam proses pemanfaatan jenis sampah ini, diperlukan daya kreatif yang tinggi oleh si pembuatnya sehingga dapat dijadikan barang yang juga berkualitas ekonomi tinggi.

Dampak Sampah Organik dan Non Organik Terhadap Kehidupan Manusia

Setelah mengetahui definisi, contoh, serta manfaat dari sampah organik dan non organik maka selanjutnya kita akan membahas dampaknya. Keberadaan sampah di bumi tentu saja bukan tidak menghasilkan apa-apa.

Selain bisa berdampah positif jika dimanfaatkan dengan benar tapi juga bisa memberikan dampak negatif untuk bumi bahkan kepada makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

Dampak Untuk Kesehatan

Sampah Organik dan Non Organik
brilio.net

Sampah yang tak dibuang pada tempatnya tentu akan mengganggu lingkungan serta kesehatan seseorang dan akhirnya menjadi pemicu timbulnya suatu penyakit seperti: disentri, kudisan, diare, jamur, dan lain sebagainya.

Bahkan dampak tersebut tidak hanya dirasakan oleh manusia saja tapi juga pada tumbuhan dan hewan yang berada di sekitarnya.

Dampak Pada Udara

Sampah Organik dan Sampah Non Organik
mongabay.co.id

Sampah yang dibuang melalui jalur udara ialah seperti asap dari pabrik, kendaraan bermotor, atau bahkan rokok. Asap dari ketiganya tentu akan mencari udara di sekitarnya.

Udara yang telah terkontaminasi tersebut jika dihirup oleh manusia dan makhluk hidup lainnya tentu akan berbahaya untuk tubuh mereka.

Selain itu, asap juga menjadi salah satu penyebab semakin menipisnya lapisan ozon (lapisan pelindung bumi dari radiasi matahari).

Dampak Pada Kehidupan Sosial

Sampah Organik dan Anorganik
muttaqin.id

Dampak ini terjadi dalam kehidupan antar sesama manusia. Apa yang terlintas saat kita melewati tumpukan sampah di pinggir jalan yang beraroma sangat menyengat?

Tentu terganggu dan langsung menutup hidung, bukan Ini menandakan bahwa hal tersebut merupakan gangguan bagi semua orang yang melintas di sana.

Contoh lain ialah asap rokok misalnya. Sampah udara yang dihasilkan dari orang yang merokok ini tentu akan mengganggu ketertiban umum.

Orang yang tak merokok tentu akan sangat terganggu dengan asap rokok perokok yang sembarangan menyalakan rokoknya di tempat umum.

Oleh sebab itu, ada baiknya kita sebagai manusia untuk membuang sampah pada tempatnya serta mengelolanya dengan cara yang baik dan benar.

Memilih dan memilah sampah merupakan salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan dari sekarang. Selain itu, gunakan juga teknologi ramah lingkungan dan kurangi penggunaaan peralatan yang sulit didaur ulang.


Demikian artikel mengenai sampah organik dan non organik beserta contoh dan manfaatnta. Semoga bisa membantumu dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan asri.

Mohon tambahkan yang kurang dan jangan lupa tinggalkan jejak, ya. Terimakasih. 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.