Rumus Volume Kubus, Balok, dan Tabung Beserta Contoh Soalnya

Rumus Volume Kubus – Sebelum membahas rumus dalam mencari volume sebuah kubus, balok, dan tabung maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari kubus, balok, dan tabung.

Kubus

Pengertian Kubus

Rumus Volume Kubus
Rumus volume kubus

Dikutip dari Wikipedia, kubus ialah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki batas berupa enam buah bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar. Kubus mempunyai 6 buah sisi, 12 buah rusuk, dan 8 buah titik sudut. Kubus juga sering disebut sebagai bidang enam beraturan dan juga merupakan bentuk yang khusus dalam prisma segiempat.

Rumus Volume Kubus

Dalam menghitung volume kubus kita perlu tahu nilai hasil dari perkalian sisi panjang, lebar, serta tinggi dari kubus itu sendiri. Sedangkan seperti yang telah dibahas di atas bahwa, kubus memiliki ukuran rusuk yang semuanya sama, yakni bernilai s. Jadi, rumus volume kubus dapat dinyatakan sebagai berikut:

V = s . s . s / V = s³

Contoh Soal

Sebuah kubus memiliki panjang 3 cm. Hitunglah berapa volume dari kubus tersebut!

Diketahui: s = 3 cm,

Ditanya: V = ?

Jawab: V = s.s.s = 3.3.3 = 27 cm³

 

Balok

Pengertian Balok

Rumus Volume Balok
Rumus volume balok

Sedangkan pengertian balok hampir sama dengan kubus hanya saja sisinya tidak sama panjang. Cirinya sama dengan kubus yakni, memiliki  6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut.

Rumus Volume Balok

Sama halnya dengan kubus untuk menghitung volume sebuah balok diperlukan nilai dari sisi/rusuk panjang, lebar, serta tingginya. Setelah didapatkan maka sisi panjang bernilai p, sisi lebar bernilai l, dan sisi tinggi bernilai t. Dengan begitu, rumus volume balok ialah sebagai berikut:

V = p . l . 

Contoh Soal

Sebuah balok memiliki panjang 6 cm, lebar 3 cm dan tinggi 2 cm. Berapakah volume dari balok tersebut?

Diketahui: p = 6 cm, l = 3 cm, t = 2 cm

Ditanya: V = ?

Jawab: V = p.l.t = 6.3.2 = 24 cm³

Tabung

Pengertian Tabung

Rumus Volume Tabung
Rumus volume tabung

Pengertian tabung atau silinder ialah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk dari dua buah lingkaran sama persis/identik yang sejajar dan dari persegi panjang yang mengelilingi lingkaran tersebut. Tabung memiliki 3 buah sisi dan 2 rusuk.

Rumus Volume Tabung

Untuk menghitung volume tabung kita perlu tahu nilai dari luas alas dari lingkaran tabung beserta nilai dari tinggi tabung itu sendiri. Luas alas tabung sama dengan luas lingkaran yang memiliki rumus (π . r²). Jadi, rumus volume tabung ialah:

V = π . r² . t

Contoh Soal

Sebuah tabung memiliki jari-jari 7 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume dari tabung tersebut?

Diketahui: r = 10 cm, t  =10 cm

Ditanya: V = ?

Jawab: V = π . r² . t = 22/7 . 7² . 10 = 1.540 cm³


Itulah pembahasan mengenai rumus volume dari bangun ruang kubus, balok, dan tabung. Semoga bisa makin menambah pengetahuanmu dan kecintaanmu kepada Matematika. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.