7 Reptil Peliharaan Untuk Pemula Ini Sangat Cocok Jadi Kawan Sejatimu

Reptil Peliharaan Untuk Pemula – Ada banyak jenis reptil yang hidup dan berkembang biak di seluruh dunia. Sebagian dari mereka ada yang hidup liar di alam bebas dan sebagian lain ada yang ditangkap dan dijadikan hewan peliharaan.

Jenis reptil yang dijadikan sebagai hewan peliharaan tersebut tentu bukan sembarang dipilih oleh para penggila reptil/orang yang memelihara reptil.

Ada banyak pertimbangan yang ditentukan oleh mereka hingga akhirnya reptil tersebut bisa dijadikan hewan peliharaan. Jika kamu masih pemula dan penasaran ingin memelihara seekor reptil tapi bingung untuk menentukan jenisnya, maka kamu bisa mendapatkan referensi reptil peliharaan untuk pemula di bawah ini.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Berikut adalah 7 reptil peliharaan yang bisa dirawat untuk kamu yang masih pemula dalam dunia reptil. Selamat membaca!

1. Corn Snake

boatips.com
boatips.com

Ular lucu dan mungil ini merupakan ular yang termasuk dalam keluarga Colubrid. Sifatnya yang sangat jinak dan wajahnya yang imut membuat hewan peliharaan ini mudah ketika dirawat.

Jika mereka yang takut pada ular, Corn Snake bisa dijadikan sebagai terapi penyembuh untuk hal tersebut. Ukuran tubuhnya sangat kecil dengan panjang maksimal tubuhnya hanya kurang lebih 1,5 meter saja.

Corn Snake sangat jarang menggigit, ia hanya akan menggigit jika merasa terancam saja. Masa hidup ular ini tergolong lama yakni bisa mencapai 20 tahun. Makanannya bisa berupa tikus putih kecil atau sering disebut mencit.

2. Ball Phyton

acreptiles.com
acreptiles.com

Ular jenis ini merupakan ular paling jinak yang pernah hidup di dunia. Begitulah pendapat para ilmuwan tentang sifat dari Ball Phyton. Habitat asli ular ini adalah wilayah Afrika, namun sudah banyak yang memelihara ular ini di tanah air.

Ball Phyton banyak digemari karena perilakunya yang lucu jika merasa terancam. Ia tidak akan menggigit akan tetapi malah melindungi dirinya dengan membentuk tubuhnya yang panjang menjadi seperti bola. Itulah alasan mengapa dinamakan Ball Phyton/piton bola.

Untuk makanan, sama seperti ular pada umumnya yaitu tikus kecil. Sifat ular ini sangat pemalu sesuai dengan bentuknya yang mungil dan imut.

3. Molurus Phyton Albino (Sanca Bodo Albino)

snaketuary.com
snaketuary.com

Hewan peliharaan yang satu ini merupakan primadona idaman hampir semua penggila reptil. Molurus Phyton Albino atau yang sering dinamakan Molab merupakan ular yang berkarakter jinak.

Menurut para ilmuwan, kebanyakan hewan albino memang cenderung bersifat ramah atau jinak layaknya ular Molab ini. Makanannya pun juga sama seperti ular pada umumnya, yakni kepala, tikus kecil, atau puyuh.

4. Gecko Lizard

kids.nationalgeographic.com
kids.nationalgeographic.com

Walaupun memiliki penampakan yang mirip sekali dengan tokek dan terlihat menggelikan, tapi percayalah reptil ini bukanlah tokek. Kadal Gecko tidak bisa menempel di dinding layaknya tokek.

Untuk perihal makanan, kadal ini biasanya memakan ulat hongkong atau jangkrik. Salah satu keunikan reptil ini dibanding reptil lainnya ialah tampak ketika tiba saat berganti kulit.

Hewan peliharaan unik ini akan memakan kulit lamanya sampai tidak tersisa sama sekali ketika berganti kulit. Selain itu, warna kulit dari kadal Gecko ini bermacam-macam dan terlihat sangat indah dan cantik. Tertarik untuk memeliharanya?

5. Spiderman Lizard

alam.uniknya.com
alam.uniknya.com

Siapa bilang kalau Spiderman itu cuma berwujud seperti laba-laba? Reptil unik satu ini berhasil memecahkan pendapat tersebut.

Salah satu reptil unik yang berhabitat di tanah Afrika ini mempunyai kepala dan punggung yang berwarna merah. Sementara itu, bagian kaki belakang hingga ekornya berwarna biru. Sekilas sangat mirip dengan tokoh superhero Spiderman.

Saat ini, banyak penggila reptil yang mencari kadal unik ini untuk dijadikan hewan peliharaan karena karakternya yang sangat jinak walaupun berasal dari alam liar.

6. Blue Iguana

caymancompass.com
caymancompass.com

Jika umumnya kita sering melihat iguana berwarna hijau, namun ternyata iguana ada yang berwarna biru bahkan merah.
Sifat alami iguana biru atau merah memang sama dengan iguana hijau.

Makanan iguana ini berupa buah-buahan atau sayur. Perlu diperhatikan bahwa jangan pernah memberikan terlalu banyak makanan pada iguana yang masih kecil.

Kenapa? Karena iguana kecil biasanya akan terus memakan makanan yang ada dihadapannya walaupun ia sudah kenyang. Akibat buruknya ialah ia akan mati karena kekenyangan dengan perut yang besar.

7. Tegu (Kadal Argentina)

scserp.com
scserp.com

Tampangnya memang terlihat sangar, bukan? Berikut dengan warna tubuhnya yang gelap makin menambah kesan tersebut.

Namun, kamu tak perlu khawatir terlalu berlebihan karena reptil ini merupakan kadal yang bersifat kalem,tenang, serta aman dipelihara oleh pemula karena sangat jarang sekali menggigit.

Masa hidup reptil ini juga tergolong lama, yakni 15-20 tahun jika dirawat dengan cara yang benar. Makanannya adalah tikus putih dan berikan sesuai dengan ukuran tubuhnya. Kamu juga bisa memberikan buah-buahan sesekali.


Itulah 7 reptil peliharaan untuk pemula yang bisa kamu dapatkan dan rawat hingga menjadi hewan sahabat sejatimu. Selain reptil-reptil di atas masih ada reptil lain yang juga bisa menjadi hewan peliharaan unik milikmu. Sebelum merawat reptil-reptil di atas cobalah untuk menggali informasi terlebih dahulu ke teman atau orang yang pernah memelihara reptil sebagai hewan peliharaannya.

2 Comments

  1. Jinak sich, tapi kok tetap aja yg namanya reptil ngeliatnya sawan (takut) ya. Kayak ball piton, kalau ketemu ngga gigit malah ngelingker seperti bola. Tetep aja kalau ketemu hawanya mau mukul aja.

    Kayanya saya perlu mengikuti edukasi agar bisa bersahabat dengan reptil nih..

  2. iya Mas Ginting, saya sendiri bawaan dari kecil udah takut ama ular, jadi pas ada kawan2 pecinta reptil yang bikin acara di kampus, liat ular gede yg boa albino, deg-degan sendiri…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.