27 Contoh Gambar Ragam Hias Geometris Pada Batik Indonesia

27 Contoh Gambar Ragam Hias Geometris Pada Batik Indonesia

Ragam Hias Geometris – Ragam hias geometris merupakan ragam hias yang memakai berbagai macam unsur-unsur pada garis, misalnya garis lurus, garis zigzag, garis lengkung, garis spiral dan berbagai jenis bidang seperti segitiga, segiempat, persegi panjang, layang-layang, lingkaran serta bentuk-bentuk lainnya sebagai motif dasar.

Motif atau ragam hias geometris adalah motif tertua dalam ornamen karena sudah dikenal dan digunakan sejak zaman prasejarah. Perkembangan motif geometris sendiri berawal dari bentuk titik, garis, dan kemudian bidang yang berulang-ulang mulai dari yang sederhana hingga pola yang lebih rumit.

Ragam hias geometris umumnya banyak diaplikasikan pada kain sulam, kain batik, kain tenun, kain bordir, bangunan-bangunan, candi-candi, perabotan rumah tangga, ukiran pada benda, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

[toc]

Motif Dasar Ragam Hias Geometris Nusantara

Berikut adalah 6 motif dasar ragam hias geometris yang umum diaplikasikan kain batik Indonesia.

1. Swastika

Ragam hias ini merupakan motif hias yang berbentuk dasar seperti huruf Z atau zigzag yang saling berlawanan satu sama lainnya. Dalam batik motif ini biasanya dipakai sebagai hiasan pinggir. Jika motif swastika saling berkait atau saling berhubungan maka akan menghasilkan motif yang disebut motif Banji.

2. Pilin

Ragam hias ini memiliki bentuk dasar seperti huruf S, variasi bentuknya adalah SS atau disebut juga pilin ganda. Biasa digunakan sebagai hiasan pinggir dan pengisi bidang.

3. Meander

Merupakan ragam hias dengan bentuk dasar seperti huruf T yang berkembang dan memunculkan ragam hias swastika. Digunakan sebagai hiasan pinggir dalam batik. Dalam perkembangannya, motif meander kemudian memunculkan motif Pinggir Awan.

 

4. Kawung

Dalam bahasa Sunda berarti arena atau kolang-kaling. Oleh sebab itulah, ragam hias ini mempunyai bentuk seperti buah aren yang dipotong secara melintang dan terlihat menjadi empat biji aren. Motif ini sering digunakan sebagai hiasan bidang.

5. Tumpal

Motif ini sangat mudah dikenali dengan bentuk dasarnya adalah segitiga sama kaki dan sering diaplikasikan sebagai hiasan pinggir batik.

6. Ceplokan

Motif ini merupakan ragam hias yang terdiri dari satu motif saja dan kemudian disusun secara berulang-ulang. Ragam hias ceplokan sering juga disebut sebagai motif kertas tempel.

Contoh Gambar Ragam Hias Geometris Batik

sen1budaya blogspot co id
senirupasaloku blogspot com
senirupasmasa wordpress com
wisatabatikmas wordpress com
umzaragallery wordpress com
senirupasaloku blogspot com
obatrindu com
indonesiabatikcorner wordpress com
pesona-craft blogspot com
batikdan blogspot com
kopralmak blogspot com
parasakti7970 blogspot com
pesona-craft blogspot com
raymondsitorus wordpress com
sastro-alim blogspot com
kokiers com
jatikom com
emsholy blogspot com
disparbud-jabarprov go id
dewey-petra ac id
batikdan blogspot com
batikmarlinnusantara blogspot com
batikmodern biz
batikrenggo blogspot com
beritabaru info
anggrainydwi blogspot com
Motif sasirangan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan | adventureofaldi blogspot com

Itulah 27 contoh gambar ragam hias geometris yang sering kita temui pada batik Indonesia. Tak bisa dipungkiri bahwa kebudayaan Nusantara memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh negara lain di belahan bumi manapun. Oleh karena itu sudah selayaknya kita ikut menjaga dan melestarikan kemudian tanah air kita tercinta ini.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.