Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara Mengobatinya

Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara Mengobatinya

PENYEBAB BULU KUCING RONTOK – Momen ketika bulu kucing rontok selalu meresahkan para pemilik kucing. Terutama kalau kucing yang dipelihara merupakan ras tertentu yang mahal harganya. Oleh karena itu, penting mengetahui penyebab bulu kucing rontok sekaligus cara mengobatinya.

Bagi pemilik kucing yang masih pemula mungkin akan kebingungan mencari jalan utama maupun alternatif pemecahannya. Akhirnya mereka hanya pasrah ke dokter hewan dan tidak bisa melakukan apa-apa begitu gejalanya timbul lagi. Memangnya apa saja penyebabnya?

[toc]

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

1. Kekurangan Gizi

Rontoknya bulu kucing bisa menjadi sinyal kalau asupan gizinya kurang. Jadi nutrisi yang seharusnya bisa bikin bulunya tumbuh subur justru tidak ada. Bahkan bisa jadi, Anda sendiri yang menganulir gizi tersebut demi menghemat pengeluaran.

Menghemat pengeluaran dengan diet sehat untuk kucing itu berbeda maknanya. Kucing ras apa pun pasti tidak suka diperlakukan seperti itu. Kalau Anda ingin kucing tampil sehat dengan makanan yang minim, bisa dengan menggunakan makanan khusus kucing.

Setidaknya, kebutuhan seperti kalsium, protein, karbohidrat, vitamin A/E/C/D, omega 3& 6, dan lainnya harus terpenuhi. Kucing membutuhkan sumber energi yang akan dikonversi menjadi nutrisi sehat. Ketika kurangnya gizi dibiarkan, penyakit akan mudah timbul.

2. Salah Pilih Produk Sampo

Bagi pemilik kucing pasti tidak menginginkan kucingnya memiliki bau badan yang tak sedap. Maka, dibelikanlah sampo agar kucing tetap bersih dan wangi. Namun sayangnya tidak semua sampo bagus untuk kucing.

Pemilihan sampo setidaknya harus disesuaikan dengan umur kucing dan rasnya. Sampo yang salah justru bisa bikin rambut rontok dan tidak sehat. Produk sampo yang bagus memiliki kekayaan nutrisi yang berasal dari alam. Nyaris sama dengan kebutuhan sampo manusia.

Produk sampo penyebab bulu kucing rontok biasanya memiliki busa yang melimpah. Berbusa memang tidak salah. Tapi kalau terlalu melimpah bisa-bisa bikin kulit kucing iritasi. Oleh karena itu, pilihlah sampo yang sudah terpercaya secara nasional maupun internasional.

3. Suhu yang Ekstrem

Suhu yang ekstrem juga bisa menjadi musuh bagi bulu kucing. Hal ini bisa terjadi selama musim kemarau maupun hujan. Namun tidak semua kucing memiliki sensitivitas semacam ini. Selama ini kucing kampung menjadi kucing terbaik dalam hal beradaptasi dengan suhu.

Fungsi bulu kucing sebetulnya bukan untuk membuatnya tampil indah saja, tetapi untuk melindungi dari suhu yang ekstrem. Biar fungsi bulunya bekerja secara optimal, berikan minuman air hangat yang cukup ketika musim hujan. Begitu pula sebaliknya saat kemarau.

4. Stres

Kucing juga bisa stres pada saat-saat tertentu. Sebagai majikan yang baik, seharusnya Anda bisa memahami bahasa tubuhnya. Baik ketika masih kanak-kanak maupun dewasa. Faktanya, kucing lebih sensitif ketika sudah menginjak usia dewasa.

Jadi, ketika dia sedang stres, jangan digoda. Bisa-bisa dia menyerang Anda. Tidak hanya itu. Dampak stres bisa juga membuat bulu-bulu yang cantik itu rontok, bahkan bisa memungkinkan untuk botak. Apakah Anda mau kucing kesayangan Anda begitu?

5. Rontok karena Kutu

Kutu merupakan permasalahan utama bagi kucing apa pun. Beruntungnya, kucing sudah diberkahi lidah yang bisa bikin bulunya selalu steril. Sayangnya, lidah kucing tidak selalu digunakan setiap saat. Pada kesempatan itulah kutu-kutu mencuri kesempatan.

Ketika kutu sudah mengambil alih kekuasaan di tubuhnya, bulu-bulu kucing itu akan mudah rontok. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan kucing. Bisa dengan cara memandikan secara rutin per minggu atau dalam hitungan hari. Biar bisa menjaga kualitas bulunya agar sehat.

Penyebab bulu kucing rontok sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Lakukan pencegahan sedini mungkin sebelum bulu yang rontok semakin banyak. Kenali gejalanya. Kalau sudah tidak bisa Anda atasi sendiri, larikan langsung ke dokter ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.