Pengertian Teater, Fungsi, dan Unsur-unsur di Dalamnya

Pengertian Teater – Manusia memiliki daya cipta yang bisa dibilang tanpa batas tidak seperti makhluk hidup yang lain. Daya cipta tersebutlah yang menjadi pembeda abadi berikut dengan hasil yang menuntut kreativitas yang tinggi.

Sejak beribu-ribu tahun yang lalu, manusia sudah mengenal tentang keindahan. Mereka menciptakan sesuatu berdasarkan ide yang didapat lalu menuangkannya menjadi sebuah karya maha dahsyat. Berawal dari itulah lalu dikenal bahwa manusia merupakan makhluk seniman.

Berikut adalah video pementasan teater kabaret.

Seni teater sudah dikenal sejak masa lampau, pada awalnya berfungsi sebagai upacara dalam merayakan suatu hari khusus para dewa-dewa Yunani. Namun, apa sebenarnya pengertian dari kata “teater” itu sendiri? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

[toc]

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Pengertian Teater

Pengertian Teater, Fungsi, dan Unsurnya
pixabay.com

Mengutip dari Wikipedia, pengertian teater ialah tempat untuk menonton yang diserap dari bahasa Yunani yakni theatron (θέατρον). Dalam bahasa Inggris, disebut theater atau theatre dan dalam bahasa Perancis disebut théâtre. 

Secara etimologis, kata “teater” dapat diartikan sebagai sebuah tempat atau gedung untuk pertunjukan. Sedangkan secara istilah, teater dimaknai sebagai segala hal yang dipertontonkan atau dipertunjukkan di atas sebuah pentas untuk dikonsumsi oleh penikmatnya.

Istilah teater dapat diartikan dalam artian yang sempit dan juga dalam artian yang luas. Dalam arti sempit, dideskripsikan sebagai sebuah drama atau perjalanan hidup seseorang yang dipertontonkan di atas pentas, kemudian disaksikan oleh banyak penikmatnya dan berdasarkan naskah yang sebelumnya tertulis.

Sedangkan dalam artian yang luas, teater ialah segala adegan peran yang dipertontonkan/pertunjukkan di depan khalayak ramai orang, seperti ludruk, wayang, ketoprak, mamanda, degelan, akrobat, sulap, dan lainnya.

Pengertian Teater Menurut Para Ahli

Pengertian Teater
pixabay.com

Anne Civardi

Pengertian teater menurutnya adalah sebuah kisah yang diceritakan lewat kata-kata dan gerakan.

Balthazar Vallhagen

Menurutnya pengertian teater ialah sebuah kesenian yang melukiskan sifat dan watak manusia dengan gerakan.

Budianta, dkk

Pengertian teater ialah genre sastra dimana penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya percakapan atau dialog diantara para tokoh yang ada.

Ferdinand Brunetierre

Menurutnya teater harus melahirkan sebuah kehendak dengan action atau gerak.

Moulton

Menurutnya, pengertian teater adalah kisah hidup yang dilukiskan dalam bentuk gerakan (life presented in action).

Seni Handayani & Wildan

Menurutnya keduanya, pengertian teater adalah bentuk karangan yang berpijak pada dua cabang kesenian, yakni seni sastra dan seni pentas sehingga drama dibagi dua, yaitu drama dalam bentuk naskah tertulis dan drama yang dipentaskan.

Tim Matrix Media Literata

Menurut mereka, pengertian teater ialah bentuk kisahan yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.

Perbedaan Teater dan Drama

Pengertian Teater
pixabay.com

Dalam perkembangananya, kata teater kerap kali dihubungkan dengan kata drama. Sebenarnya kedua kata tersebut memiliki hubungan yang erat sekali namun dalam prinsipnya kedua kata tersebut adalah istilah yang sama sekali berbeda.

Drama ialah istilah yang diambil dari bahasa Yunani Kuno “draomai” yang bermakna berbuat atau bertindak atau dalam bahasa Peranci “drame” yang bermakna menjelaskan tingkah laku kehidupan kelas menengah.

Oleh sebab itu, dapat diambil kesimpulan bahwa istilah “teater” berkaitan langsung dengan pertunjukkan, sedangkan “drama” berhubungan dengan hal yang berkenaan dengan peran atau naskah cerita yang akan dipentaskan.

Jadi, teater merupakan visualisasi dari drama atau drama yang dipentaskan di atas panggung serta ditonton oleh banyak orang. Dengan arti lain, drama merupakan salah satu unsur dari teater itu sendiri.

Fungsi Teater

Seiring dengan berkembangnya teknologi, peranan seni teater kini sudah mengalami pergeseran. Saat ini, teater tidak hanya berperan sebagai sebuah hiburan ataupun sarana upacara, namun juga sebagai sarana pendidikan.

Sebagai seni, teater tak hanya menjadi konsumsi masyarakat umum semata, akan tetapi juga menjadi pemberi nilai afektif dalam masyarakat.

Adapun berikut adalah fungsi dari seni teater:

1. Sebagai Sarana Upacara

Pengertian Teater, Fungsi, dan Unsurnya
pixabay.com

Di awal muncul seni ini, teater hadir sebagai sarana upacara persembahan kepada dewa Dyonesos serta sebagai upacara pesta untuk dewa Apollo. Teater dalam fungsi upacara ini tak memerlukan penonton sebab penontonnya ialah menjadi bagian dari upacara itu sendiri.

2. Sebagai Media Ekspresi

Pengertian Teater, Fungsi, dan Unsurnya
pixabay.com

Teater merupakan salah satu bentuk seni yang berfokus utama ada pada dialog dan laku. Sangat berbeda dengan seni musik yang lebih mengedepankan suara atau vokal ataupun seni tari yang lebih menekankan pada selarasnya gerak tubuh dengan irama lagu pengiring.

Dalam prakteknya, seorang seniman yang sedang berteater akan mengekspresikan seninya dalam bentuk gerakan tubuh, berikut vokal, bahkan kadang sambil diiringi dengan irama tertentu.

3. Sebagai Media Hiburan

Pengertian Teater, Fungsi, dan Unsur-unsur di Dalamnya 1
pixabay.com

Sebuah pementasan teater dalam fungsi ini sebelumnya telah dipersiapkan sedemikian rupa oleh sang seniman dengan usaha yang maksimal. Tujuannya ialah tentu dengan harapan penonton akan terbawa suasana sehingga menikmati pertunjukkan teater dengan senang hati.

4. Sebagai Media Pendidikan

Pengertian Teater, Fungsi, dan Unsurnya
pixabay.com

Teater bukan seni individual, namun seni kolektif yang harus dikerjakan oleh banyak orang sekaligus. Diperlukan kerja tim yang dinamis serta harmonis agar sebuah pementasan dapat ber-ending sukses.

Selain itu, pesan-pesan di dalam pertunjukkan pun harus diusahakan tersampaikan dengan baik kepada para penonton. Umumnya, orang akan lebih mudah mengerti nilai baik dan buruk dalam kehidupan melalui pertunjukkan secara langsung daripada hanya lewat sebuah cerita saja.

Unsur-unsur Teater

Unsur-unsur teater dapat digolongkan menjadi dua bagian yakni:

1. Unsur Internal

Pengertian Teater, Fungsi, dan Unsurnya
pixabay.com

Unsur internal ialah unsur yang berkaitan dengan bagaimana keberlangsungan sebuah pementasan teater. Tanpa unsur ini tentu tidak akan ada pula pementasan teater. Oleh sebab itu, unsur internal ini dikatakan sebagai jantungnya dari sebuah pertunjukkan teater.

Unsur internal teater ini meliputi:

1. Naskah atau Skenario

Unsur ini berisikan nama-nama tokoh beserta dialog yang kelak akan dipentaskan. Dari naskah inilah yang kemudian menjadi penunjang dalam penyatuan unsur-unsur teater lain seperti, pemain, kostum, dan sutradara.

2. Pemain

Salah satu unsur penting dalam sebuah pementasan teater. Pemain memiliki peran dalam menghasilkan unsur lainnya seperti suara dan gerak. Ada tiga jenis pemain, yakni peran utama (bisa protagonis/baik dan antagonis/jahat), peran pembantu, serta pemain tambahan/figuran.

3. Sutradara

Merupakan unsur sentral dalam sebuah teater, sebab sutradara ialah orang yang memimpin serta mengatur teknik-teknik dari pembuatan atau pementasan teater. Otak dari jalan sebuah cerita naskah ialah sutradara, ialah yang mengarahkan para aktor dan aktris, membedah naskah, menciptakan ide-ide mengenai pementasan, dll.

4. Pentas

Unsur ini hadir untuk memberikan nilai estetika dalam sebuah pementasan. Selain itu, pentas juga sebagai sarana penunjang dalam pertunjukkan di dalamnya terdapat berbagai macam properti, tata lampu, serta dekorasi lain berkaitan dengan pementasan.

5. Properti

Ialah perlengkapan yang dibutuhkan dalam sebuah pementasan teater, seperti contohnya meja, kursi, hiasan, robot, dekorasi, hiasan ruang, dll.

6. Penataan

Seluruh pekerja yang berhubungan dengan pementasan teatar, yaitu:

  • Tata rias: teknik mendandani pemain agar sesuai dengan karakter yang diperankan.
  • Tata busana: teknik pengaturan pakaian pemain agar mendukung kondisi peran yang diinginkan.
  • Tata lampu: teknik pencahayaan selama pementasa berlangsung.
  • Tata suara: teknik pengaturan pengeras suara.

2. Unsur Eksternal

Pengertian Teater, Fungsi, dan Unsurnya
pixabay.com

Unsur eksternal ialah unsur yang berhubungan dengan hal-hal yang diperlukan dalam sebuah pementasan diluar dari unsur internal. Unsur ini terdiri dari:

Staf Produksi

Ialah sekelompok tim atau individual yang berkaitan dengan pimpinan produksi hingga semua bagian yang ada di bawahnya. Adapun mereka beserta tugas mereka ialah sebagai berikut

  • Produser: bertugas sebagai pimpinan produksi, mengurus semua hal yang berkaitan tentang produksi, menetapkan petugas, anggaran biaya, program kerja, fasilitas dsb.
  • Sutradara/director: pengarah jalannya naskah, mencasting aktor, menyiapkan make up, men-setting segala hal yang dipegang desainer dan kru, dan koordinator pementasan.
  • Stage manager: pemimpin sekaligus penanggung jawab bagian panggung sekaligus membantu sutradara.
  • Desainer: menyiapkan segala aspek visual berkaitan dengan setting suasana atau tempat, properti pentas, tata lampu, kostum, pencahayaan, dan perlengkapan lain.
  • Crew: pemegang divisi dari tiapt-tiap sub yang dipegang oleh desainer, antara lain (a) bagian pentas/tempat; (b) bagian tata lampu/lighting; (c) bagian properti dan tata musik.

Itulah artikel mengenai pengertian teater, fungsi, serta unsur-unsur yang ada di dalamnya. Ada banyak sekali jenis seni yang bisa kamu kuasai sesuai dengan kehendak kamu, seperti seni musik yang harus kamu ketahui juga pengertian seni musik itu apa.

Demikian. Semoga bermanfaat dan jangan lupakan tinggalkan jejak komentar di kolom bawah, ya.

Perkenalkan dirimu dan juga nama teatermu. Salam seni! Salam teater! 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.