Pengertian Improvisasi dalam Drama, Musik, dan Tari

Pengertian Improvisasi dalam Drama, Musik, dan Tari

PENGERTIAN IMPROVISASI – Apakah Anda pernah mendengar kata improvisasi? Ya, improvasasi secara umum dapat diartikan sebagai sebuah tindakan atau aksi yang dilakukan oleh seseorang secara spontan.

[toc]

Pengertian Improvisasi dalam Drama, Musik dan Tari

Jika ditinjau secara umum, semua orang mungkin paham dengan apa yanng dimaksud dengan improvisasi. Tapi, bagaimana dengan pengertian improvisasi dalam bidang seni yakni dalam drama, musik, dan tari?

Pengertian Improvisasi dalam Drama

pengertian improvisasi
pixabay.com

Menurut Wiyanto (2002), improvisasi dalam drama dapat diartikan sebagai suatu ucapan atau gerakan penyeimbang yang mampu menghidupkan kondisi suatu pemeranan. Dengan kata lain, improvisasi dalam drama sangat diperlukan agar penonton bisa melihat suatu perbedaan.

Sedangkan menurut Rendra (1993), improvisasi dapat disebut sebagai suatu karya atau hasil ciptaan seseorang atau sekelompok orang yang dilakukan secara spontan ketika mereka sedang bermain peran. Biasanya, orang tersebut merupakan seorang ahli dalam bidang drama.

Hampir sama dengan Rendra (1993), Sudjiman (1990) juga mengatakan bahwa improvisasi dalam drama merupakan sebuah penciptaan cepat atau dengan seketika tanpa adanya persiapan atau rencana yang mendahuluinya.

Selain itu, penggunaan teknik improvisasi dalam drama juga menuntut seseorang untuk memiliki kemampuan berpikir cepat dengan tujuan untuk menyambung cerita dan membangun suasana cerita, terutama ketika melakukan suatu percakapan  atau dialog.

Pengertian Improvisasi dalam Musik

pengertian improvisasi
pixabay.com

Improvisasi dalam musik bisa bermakna sebuah proses mengubah lagu, lirik, cara bernyanyi, atau cara bermain musik yang dilakukan tanpa persiapan atau secara spontan. Seseorang yang melakukan improvisasi bisa disebut sebagai improvisator.

Dalam bermusik, seseorang yang melakukan improvisasi haruslah seorang profesional (ahli) dalam bidangnya karena pada dasarnya sebuah improvisasi membutuhkan ketangkasan, kecepatan, dan kecerdasan ketika melakukannya.

Jika Anda ingin melihat dan mencari tahu mana musisi yang berpengalaman dan amatir, maka itu semua bisa dilihat dari improvisasi yang mereka lakukan. Biasanya, seorang musisi profesional mampu melakukan improvisasi dengan mengubah musik menjadi lebih bernilai.

Jika menelik lebih jauh, Anda bisa melihat improvisasi yang dilakukan oleh Glenn Fredly. Sebagai contoh, lagu anak-anak yang dinyanyikan secara standar, mampu ia lakukan dengan memberikan efek jazz pada lagu tersebut sehingga membuat lagu menjadi lebih menarik.

Pengertian Improvisasi dalam Tari

pengertian improvisasi
pixabay.com

Tidak jauh berbeda dengan pengertian improvisasi dalam drama dan musik, improvisasi dalam tari juga bisa disebut sebagai sebuah penunjang agar seni tari mampu menampilkan berbagai macam gerakan yang menarik. Semua itu tetap dilakukan secara spontan.

Namun di lain hal, improvisasi dalam tari juga bisa disebut sebagai suatu bentuk kegiatan yang mencari-cari jenis gerakan yang akan ditampilkan ketika pementasan. Hal ini memiliki arti bahwa improvisasi dalam tari bisa dilakukan secara sengaja ataupun secara spontan.

Sedangkan tujuan improvisasi dalam tari yaitu untuk lebih mengeksplor beragam ide atau imajinasi dan mengembangkan variasi dalam gerakan tarian. Improvisasi ini dilakukan agar penonton tidak merasa bosan terhadap gerakan yang ditampilkan.

Pernahkah Anda melihat Michael Jackson melakukan improvisasi dalam tari? Ya, ia termasuk yang paling sering melakukannya. Lihatlah bagaimana gerakannya, seolah-olah semua itu dilakukan dengan persiapan, padahal itu adalah spontanitas darinya.

Dari penjelasan di atas mengenai pengertian improvisasi dalam drama, musik, dan tari, maka bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa improvisasi adalah suatu aksi yang dilakukan oleh orang-orang secara spontan dengan tujuan memberikan warna baru pada aksi tersebut.

Dengan kata lain, meskipun improvisasi dilakukan secara spontan, namun itu tidak bisa dilakuakan secara asalan karena pada dasarnya improvisasi diciptakan untuk memberikan suatu hal yang berbeda agar orang yang melihat atau mendengarnya merasa lebih tertarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.