Pengertian HAM Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian HAM – Secara umum, hak asasi manusia merupakan hak yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa pada tiap diri manusia. Hak tersebut telah melekat sejak manusia dilahirkan hingga kemudian ia meninggal dunia.

Hak asasi manusia merupakan hak terpenting di atas hak-hak yang lain. Sebab hak asasi manusia telah melekat dan menjadi satu bagian tak terpisahkan dalam diri tiap individu.

Memisahkan atau mencoba mencederai hak asasi seseorang sam saja dengan mencederai manusia itu sendiri. Artinya, ia juga mencederai hak yang telah diberikan oleh Sang Pencipta kepada seseorang tersebut.

Lalu, apakah pengertian HAM secara umum dan menurut para ahli dibidang ini? Berikut adalah ulasannya. Selamat membaca.

[toc]

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Pengertian HAM Secara Umum

Pengertian HAM Secara Umum dan Menurut Para Ahli 1
pixabay.com

Hak Asasi Manusia atau disingkat HAM ialah hak-hal yang telah dimiliki oleh seseorang semenjak ia masih berada di dalam kandungan. Hak asasi manusia dapat berlaku secara universal.

Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan negara Amerika Serikat atau Declaration of Independence of USA. Di Indonesia sendiri dasar HAM tercantum dalam UUD 1945 seperti yang terdapat pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 31 ayat 1, serta pasal 30 ayat 1.

Dalam terori perjanjian bernegara, terdapat Pactum Unionis dan Pactum Subjectionis. Pactum Unionis ialah suatu perjanjian antar individu untuk membentuk sebuah negara, sedangkan Pactum Subjectionis ialah suatu perjanjian antar individu serta negara yang dibentuk.

John Locke mengakui keberadaan keduanya, Thomas Hobbes hanya mengakui Pactum Subjectionis sedangkan JJ Roessaeu hanya mengakui Pactum Unionis.

Ketiga ahli tersebut berpendapat sedemikian rupa. Namun, pada dasarnya teori perjanjian tersebut mengindikasikan bahwa adanya perlindungan terhadap hak warga negara.

Perlindungan tersebut wajib dilakukan oleh penguasa berbentuk sebuah jaminan yang tercantun di dalam konstitusi negara.

Berkaitan dengan hal tersebut, HAM merupakan hak fundamental yang tak dapat dicabut sebab ia merupakan bagian yang menyatu pada seorang manusia.

HAM yang sekarang dirujuk merupakan seperangkat hak yang dikembangkan oleh PPB sejak awal berakhirnya Perang Dunia II. Oleh sebab itu, negara tertentu tak dapat berkelit untuk tidak melindungi hak asasi manusia seseorang yang bukan warga negaranya.

Jika masih menyangkut HAM di negara manapun, tanpa terkecuali, pada tataran tertentu memiliki tanggung jawab terkhusus pada pemenuhan hak asasi pribadi, termasuk orang asing.

Oleh sebab itu, pada hal tertentu merupakan kesalahan bahwa menyamakan antara hak asasi manusia dengan hak-hak lain yang dipunyai oleh seorang warga negara. Hak asasi manusia dipunyai oleh siapa saja.

Selain itu, alasan di atas menjadikan hak asasi manusia sebagai bagian integral dalam tiap kajian mengenai disiplin ilmu hukum internasional.

Bukan sesuatu yang aneh atau kontroversial jika terdapat komunitas global yang memiliki kepedulian tinggi, serius, dan bersifat nyata terhadap berbagai isu yang menyangkut kasus pelanggaran HAM tingkat domestik.

Peran komunitas internasional menjaid sangat penting sebagai perlindungan HAM. Hal ini disebabkan watak serta sifat dari HAM itu sendiri merupakan sebuah mekanisme pertahanan dan perlindungan tiap individu terhadap kekuasaan negara yang sangat rentan disalahgunakan.

Sejarah manusia telah membuktikan bahwa begitu banyak kasus pelanggaran hak asasi manusia semenjak manusia pertama dilahirkan hingga sekarang ini.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian HAM Secara Umum dan Menurut Para Ahli 2
pixabay.com

Pengertian HAM di bawah ini diambil dari beberapa ahli yang di bidangnya. Sebagian dari mereka ada yang berasal dari luar negeri dan ada dari tanah air.

UU No. 39 Tahun 1999

Pengertian HAM menurut UU No. 39 Tahun 1999 ialah seperangkat hak yang melekat pada hakikat setiap keberadaan manusia yang merupakan makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Hak merupakan anugerah-Nya yang haruslah untuk dihormati, dijunjung tinggi, serta dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang untuk kehormatan serta perlindungan harkat martabat manusia.

Komnas HAM

Pengertian HAM menurut Komnas HAM ialah hak yang meliputi berbagai lini kehidupan manusia, baik itu sosial, politik, sipil, kebudayaan, maupun ekonomi. Semua lini tersebut tak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Hak asasi sipil dan politik tak akan memiliki makna jika rakyat masih saja bergelut dalam kemiskinan serta penderitaan tak berujung.

Namun, di pihak lain persoalan kemiskinan, keamanan ataupun alasan lainnya tak dapat dijadikan untuk melanggar hak asasi manusia serta kebebasan berpolitik dan sosial masyarakat.

HAM tak mendukung adanya individualisme, namun justru melindungi serta membendung individu, kelompok, maupun golongan, di tengah kerasnya kehidupan modern saat ini. HAM juga menjadi tanda solidaritas yang sifatnya nyata dari suatu bangsa dengan warga negaranya yang lemah.

Mahfudz M.D.

HAM merupakan hak yang sudah melekat pada martabat setiap manusia dan hak tersebut sudah dibawa pada saat sejak lahir ke dunia dan pada hakikatnya hak tersebut memiliki sifat kodrati.

Muladi

Hak asasi manusia adalah segala hak pokok atau mendasar yang melekat pada diri setiap manusia dalam kehidupannya.

Miriam Budiarjo

Pengertian HAM ialah ialah hak yang harus dimiliki pada setiap orang yang dibawa sejak lahir ke dunia dan menurut yang sifatnya universal, hal ini karena dimiliki tanpa adanya perbedaan ras suku, budaya, agama, kelamin, dan sebagainya.

Oemar Seno Adji

Menurutnya pengertian HAM adalah hak yang melekat pada setiap martabat manusia sebagai insan dari ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki sifat tak boleh dilanggar oleh siapapun itu.

John Locke

Menurut John Locke, pengertian HAM ialah suatu hak yang diberikan langsung oleh Tuhan yang bersifat kodrati. Maksudnya ialah hak yang dipunyai oleh tiap-tiap manusia menurut kodratnya dan tak dapat dipisahkan hakikatnya, sehingga sifatnya adalah suci.

David Beetham dan Kevin Boyle

Pengertian HAM menurut keduanya ialah adalah hak-hak individual dan berasal dari berbagai kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia.

Haar Tilar

Pengertian HAM ialah hak yang melekat pada diri tiap insan, apabila tiap insan tidak memiliki hak-hak tersebut maka insan tersebut tak bisa hidup seperti layaknya manusia. Hak tersebut sudah didapatkan pada saat sejak lahir ke dunia.

Peter R. Baehr

Hak asasi manusia adalah hak dasar yang bersifat mutlak dan harus dimiliki oleh setiap insan di dunia guna perkembangan dirinya.

Contoh Pelanggaran HAM

Pengertian HAM Secara Umum dan Menurut Para Ahli 3
pixabay.com

Contoh berikut hanyalah sebagian kecil dari contoh pelanggaran HAM yang sering kita dapati atau kita dengar dari berbagai media massa:

  • Perampasan serta penindasan hak rakyat dan oposisi secara sewenang-wenang.
  • Hukum yang diberlakukan secara tak adil dan tak manusiawi.
  • Menghambat serta membatasi kebebasan pers, berpendapat, serta berkumpul bagi rakyat dan oposisi.
  • Penegak hukum ataupun petugas keamanan melakukan kekerasan kepada rakyat.
  • Diskriminasi terhadap rakyat dan oposisi.
  • Manipulatif dan membuat regulasi yang hanya menguntungkan sisi penguasa dan partai

Itulah pengertian HAM secara umum dan menurut beberapa ahli dibidangnya. Silakan tambahkan jika masih terdapat kekurangan dalam pendapat ahli mengenai pengertian HAM pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan semakin menambah ilmu pengetahuan umum kita. Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.