[MURAH & LEZAT] Pancake Durian Area Banjarmasin/Banjarbaru

Pancake Durian Banjarmasin – Para pecinta buah durian tentu tidak asing dengan panganan yang sangat menggugah selera ini. Berbahan dasar durian pilihan dengan campuran bahan yang tepat menjadikan kue ini mampu menerbitkan air liur kamu.

Pancake Durian?

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Panekuk durian atau sering disebut pancake durian merupakan salah satu jenis makanan ringan berupa campuran daging durian dan krim kocok atau vla yang kemudian dibalut dengan dadar gulung atau kulit crepes. Daerah pelopor makanan ini berasal dari kota Medan yang dijual oleh pedagang-pedagang rumahan.

Hingga sekarang, pancake durian tidak hanya dijual di kota asalnya namun sudah merambah jauh ke kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Jambi, Semarang, Banjarmasin dan lain sebagainya.

Awalnya pancake durian hanya menggunakan bahan dasar durian Medan. Namun, seiring berjalan waktu banyak swalayan yang kemudian menjual pancake durian montong. Para pedagangnya pun juga membuat sebuah inovasi denagan membuat banyak variasi rasa krim.

Umumnya, pancake durian hanya menggunakan krim kocok berwarna putih polos, namun sekarang banyak penjual yang memodifikasinya menjadi bercitarasa lain, seperti coklat, stroberi, keju, dan lain sebagainya.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

pancake-durian-murah

Bayangkan saja, pancake dengan warna yang cerah ceria yang di dalamnya berisi daging durian yang manis dan siap dilahap. Apakah kamu tahan dengan godaannya?

Sepertinya tidak, hehehe. Lalu, mengapa tak mencobanya langsung dan penuhi rasa penasaran kamu?

Eits, tunggu dulu… sebelum kamu mencicipi langsung pancake durian ini ada baiknya mengetahui apa saja kandungan gizi yang terdapat di dalam pancake durian ini.

Kandungan Gizi dalam Pancake Durian

manfaat-pancake-durian

Selain cita rasanya yang lezat, pancake durian juga mengandung banyak zat gizi yang bagus untuk tubuh manusia. Tentu saja hal ini disebabkan daging buah durian yang menjadi bahan dasar dari pancake ini.

Berikut adalah kandungan gizi serta manfaat dari buah durian untuk kesehatan tubuhmu.
1. Boleh percaya atau tidak karena fakta pertama ini bertentangan dengan kepercayaan umum yang populer, yakni durian justru dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Bagi yang menderita insomnia atau susah tidur, durian mengandung banyak asam animo triptofan yang bermanfaat untuk mengurangi perasaan gelisah dan susah tidur. Hormon serotonin yang diproduksi Vitamin B6 di dalam buah durian juga mampu menangkal depresi yang tiba-tiba menyerangmu.

3. Kamu suka olahraga? Faktanya, durian mengandung banyak protein lembut yang bagus dikonsumsi untuk membentuk otot tubuh. Selain itu, dalam 100 gram buah durian mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh sebesar 21 persen yang membuat tubuh tidak mudah capek.

4. Bagi yang kurang darah, durian kaya akan asam folat, zat besi, serta tembagay yang membantu penderita untuk ‘menambah’ darah.

5. Pengen awet muda? Vitamin C sebagai antioksidan alami yang terkandung dalam durian terbukti mampu menghambat penuaan diri dengan menangkal berbagai radikal bebas.

6. Pencernaan menjadi lebih sehat karena kadar serat yang tinggi pada buah durian. Dengan mengonsumsi durian, kamu tak perlu khawatir akan terkena sembelit atau susah buang air besar.

7. Menutrisi tulang dan gigi berkat kandungan kalsium, kalium, vitamin B1 dan B2 yang berperan menyuplai nutrisi untuk kesehatan tulang dan gigimu.

Cara Membuat Pancake Durian

cara-membuat-pancake-durian

Ada sebagian orang yang tidak suka dengan buah durian dengan berbagai alasan seperti baunya yang menyengat. Namun, ada kata-kata mutiara yang menyebutkan bahwa: “Jika seseorang tak pernah makan durian, maka pasti ia tidak bahagia”. Itu hanya sebuah perumpamaan bahwa saking enaknya daging durian hingga mampu membuat penikmat menjadi tergila-gila.

Nah, jika kamu termasuk penggila durian dan juga ermasuk orang yang suka masak, berikut adalah resep cara membuat pancake durian yang mudah dan bisa dipraktekkan di dapur. Bahannya cukup mudah didapatkan dan kamu juga bisa mengganti rasa krim sesuai dengan selera kamu.

Bahan

2 biji buah durian, ambil dagingnya dan haluskan
550 ml santan kental
250 gr tepung terigu
250 ml krim kocok/whipped cream, kocok sampai kaku
2 butir telur ayam
1/4 sdt pasta pandan
Garam secukupnya

Cara membuat

1. Campurkan bahan berupa tepung terigu, telur, dan garam ke dalam satu wadah bersih dan aduk hingga tercampur rata.
2. Tambahkan santan secara perlahan ke dalamnya sambil di aduk-aduk agar adonan tadi tidak menggumpal. Lalu, masukkan pasta pandan, aduk lagi hingga rata.
3. Siapkan teflon yang sudah diolesi dengan mentega, kemudian buat dadar tipis dengan adonan yang sudah dibuat tadi. Tunggu hingga matang dan angkat.
4. Isi dadar tipis dengan krim kocok/whipped cream beserta daging durian, kemudian tutup dengan cara dilipat.
5. Simpan dalam freezer, tunggu hingga dingin karena akan lebih enak disantap dalam keadaan dingin.

Itulah resep cara membuat pancake durian yang mudah, kamu bisa mengkreasikan rasa krim pancake sesuai dengan rasa yang kamu suka atau favoritkan. Selamat mencoba!

Cara Menyimpan Pancake Durian

pancake-durian-beku

Pancake durian yang disimpan ke dalam lemari es bertujuan untuk menjaga cita rasa asli dari durian itu sendiri. Sangat penting diperhatikan karena jika salah dalam menyimpan dikuatirkan akan mempengaruhi cita rasa dan ketahanan pancake tersebut.

Oleh sebab itu, berikut ini dijelaskan secara singkat bagaimana cara menyimpan pancake durian yang benar agar lebih awet.

Caranya sangat simpel yaitu dengan menyimpan pancake durian tersebut ke dalam freezer, bukan di bagian lemari es yang lain. Dengan melakukan cara tersebut, maka pancake durian bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya.

Akan tetapi, jika disimpan di bagian lain atau bahkan tidak dalam lemari es, maka besar kemungkinan pancake durian akan kehilangan aroma khasnya dan menjadikannya cepat basi serta tak layak konsumsi.


Nah, sekarang saatnya kamu menyicipi lezatnya dan enaknya pancake durian yang selalu mengundang terbit air liur para pecinta durian di Indonesia umumnya ataupun pecinta durian di Banjarmasin khususnya.

Tapi, emang ada yang jual Pancake Durian di Banjarmasin?

Tentu saja ada!

Sekarang khusus kamu yang berada di kota Banjarmasin dapat dengan mudah melakukan pemesanan pancake durian murah dan juga lezat ini. Yup, kamu bisa dapatkan pancake durian Banjarmasin dengan cara lebih mudah.

Bagaimana caranya?

Cukup pesan melalui nomor di bawah ini.

SMS/Telp: 0887-511-4286

WA: 0896-91-664-694

Berhubung banyaknya orang yang memesan pancake durian di Banjarmasin, maka terkadang jumlah stok pancake keduluan habis.

Jadi, siapa cepat dia dapat!

Buruan! Sebelum kehabisan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.