47 Gambar Motif Henna Tangan Simple dan Cantik Untuk Pemula

47 Gambar Motif Henna Tangan Simple dan Cantik Untuk Pemula

Motif Henna Tangan Simple – Henna atau disebut juga Mehndi Henna adalah sejenis pacar yang diramu dari daun tanaman yang bernama Henna atau Lawsonia Inermis. Kata henna berasal dari bahasa Arab al-hana’a (الحناء). Sulit diprediksi darimana henna berasal sebab seni ini diperkirakan telah berkembang hampir 5000 tahun lamanya.

Beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa kesenian ini berasal dari bangsa Mogul yang kemudian membawanya ke India. Namun, sebagian ada yang mengatakan bahwa dari India lah henna berasal dan yang lain mengatakan mehndi henna berasal dari Timur Tengah atau Afrika Utara.

Tanaman henna tumbuh dan berkembang dengan baik di lingkungan beriklim panas. Tinggi tanaman henna bisa mencapai 4 hingga 6 kaki dan bisa ditemukan di negara-negara seperti Afghanistan, Pakistan, Yaman, India, Mesir, Suriah, Senegal, Iran, Kenya, Maroko, Uganda, dan Palestina.

Penggunaan Henna dari Masa ke Masa

pixabay.com

Henna merupakan salah satu tanaman tertua yang dimanfaatkan sebagai kosmetik dan tentu sangat aman digunakan. Jarang sekali ditemukan permasalahan yang timbul akibat dari pemakaian henna yang benar-benar alami tanpa tambahan bahan apapun.

Baca juga:10 Cara Menghilangkan Henna di Tangan, Kaki, dan Kuku dengan Cepat dan Mudah

Selain untuk kosmetik dan untuk terapi penyembuhan, zaman dahulu henna juga digunakan untuk menyehatkan rambut supaya terlihat lebih berkilau serta berfungsi sebagai kondisioner dan baik untuk kulit kepala.

Sejarah juga mencatat bahwa henna pernah digunakan sebagai penangkal kejahatan dan pembawa nasib baik bagi pemakainya. Oleh karenanya, henna sering digunakan sebelum melahirkan/ketika hamil dan sebelum pernikahan untuk calon pengantin.

Perbedaan Henna dan Inai Indonesia

Di Indonesia sendiri, henna lebih dikenal dengan sebutan innai, paci, atau pacar yakni bahan pewarna alami dari daun tanaman Pacar.

Dalam tradisi dan adat budaya daerah Indonesia, penggunaan henna atau pacar merupakan bagian dari sebuah ritual sebelum dilaksanakannya prosesi pernikahan. Contohnya seperti yang lazim ditemui di daerah Aceh dan Padang saat malam bainai.

Adapun cara meracik henna atau pacar di Indonesia sangat berbeda dari negara lain. Di negara lain, henna berbentuk bubuk dicampur dengan oil messo, kayu putih murni, serta campuran essensial lainnya.

Sedangkan meracik pacar ala Indonesia yaitu dengan memetik beberapa daun pacar yang kemudian ditumbuk sampai halus, dicampur nasi putih dan arang lalu kemudian diuleni seperti adonan kue.

Begitupun dengan cara mengukirnya terdapat perbedaan. Di India atau Arab, setiap harinya wanita-wanita di sana menghiasi kulitnya dengan berbagai motif henna yang cantik dan unik, yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan mereka. Akan tetapi di tanah air, henna atau inai hanya dipakaikan saja tanpa memiliki motif yang cantik, biasanya diaplikasikan di kuku-kuku hingga telapak tangan/kaki saja.

Berikut adalah beberapa contoh motif henna tangan simple yang bisa ditiru bagi kamu yang pemula atau sudah terbiasa mengaplikasikan henna di tangan maupun area tubuh lainnya. Gambar motif henna berikut diambil dari beberapa sumber.

 

Bagaimana tertarik mengukir motif henna tangan simple seperti contoh-contoh gambar di atas? Selamat mencoba, girls!


Sponsored by:

MURAKATA HENNA ART

Jasa Lukis Henna Pengantin

Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.