33 Sketsa Untuk Menggambar Pemandangan Pantai dan Gunung dengan Pensil

Menggambar Sketsa Pemandangan

Menggambar Pemandangan – Menatap keindahan suatu pemandangan bagi sebagian orang masih belum cukup memenuhi rasa keingintahuan terhadapnya. Mereka kadang memilih untuk mengabadikannya dengan menorehkan tinta-tinta kesempurnaan ke atas lembaran suci kosong lagi murni.

Walaupun tidak sesempurna apa yang mereka lihat, menggambar sebuah pemandangan bisa memberikan efek puas tersendiri bagi yang melakukannya. Ada banyak cara bagaimana mereka melakukannya, bisa dengan melukis sebuah pemandangan sesuai dengan apa yang mata kepala mereka lihat seperti lukisan naturalisme. Ada pula yang hanya ingin merekam secara sekilas dengan membuat goresan sketsa gambar pemandangan dengan media pensil saja.

Tips Menggambar Sketsa

Mengetahui teknik dasar menggambar dengan menggunakan pensil sangat penting diketahui oleh para pemula yang masih awam melakukannya. Namun, jika kita tarik dari pengalaman atau ilmu tentang menggambar yang pernah kita dapatkan selama ini kemungkinan besar semua teknik dasar tersebut sudah kita ketahui.

Akan tetapi, kita saja yang kurang tertarik untuk mengembangkan lebih jauh teknik dasar tersebut. Padahal jika kita lihat, ada banyak sekali hasil karya mengagumkan yang dihasilkan hanya berbekal sebatang pensil saja.

Oleh sebab itu, ada baiknya kita mengulang kembali sedikit pelajaran mengenai teknik dasar menggambar dengan pensil tersebut.

Pencahayaan yang Tepat

Usahakan ketika menggambar sebuah sketsa, kamu berada di tempat yang memiliki pencahayaan yang memadai. Artinya, tempat kamu berada tidak terlalu terang dan tidak pula terlalu gelap.

Pencahayaan yang kurang nantinya akan membuat kamu tidak bisa melihat dengan jelas detail-detail yang kurang pada goresan pensilmu. Pun sebaliknya, jika pencahayaan terlalu berlebihan maka akan menimbulkan efek mengkilat pada goresan pensilmu dan tidak bisa mengamati gradasi warna yang sudah dibentuk.

Alasi Tanganmu dengan Kertas dan Tisu

Saat mencoba pertama kali menggambar, kebanyakan orang akan merasa grogi dan terus merasa tidak yakin saat mulai menggores-goreskan garis di kertas pertamanya.

Nah, jika kamu memang benar-benar masih pertama kali menggambar cobalah untuk memberi alas pada sisi tangan kita yang bersentuhan langsung dengan kertas gambar. Hal ini untuk mengurangi resiko kertas rusak akibat keteledoran kita.

Gunakanlah Jenis Pensil yang Tepat

Sebagian pemula biasanya menggambar dengan menggunakan pensil apapun yang terdapat di rumahnya. Tapi, jika kamu ingin menjadi pemula yang baik maka seharusnya harus memulainya dari dasar yang baik juga.

Kamu harus mengetahui segala jenis pensil beserta fungsinya dalam menggambar. Sebagai contoh, pensil 2B yang bersifat tipis hanya diperuntukkan untuk membuat garis bantu atau bayangan saja.

Sementara itu, untuk membuat garis atau gambar yang lebih tajam kamu seharusnya menggunakan pensil 2H. Jika ingin membuat sebuah sketsa yang menjadi obrolan dunia, maka dunia perpensilan memiliki pensil HB yang memberikan performa terbaik.

Cara Memilih Pensil Untuk Menggambar Sketsa

Hal yang perlu diperhatikan bagi pemula yang ingin menggambar sketsa dengan pensil yaitu harus tahu cara memilih pensil yang bagus untuk membuat sketsa. Untuk membuat sketsa yang bagus diperlukan pensil yang juga berkualitas bagus. Berikut 4 tips sederhana bagi kamu yang ingin memilih pensil untul menggambar.

Batang Kayu Pensil Bagus

Poin pertama yang harus diperhatikan ialah batang kayu dari pensil tersebut. Beberapa jenis pensil sangat mudah patah dan lapuk karena kualitas kayunya juga rendah. Pilihlah pensil dengan batang kayu yang keras dan bertekstur padat sehingga tak mudah patah ketika digunakan dan tidak membuang waktumu untuk merautnya ulang.

Panjang dan Diameter Wajar

Panjang serta diameter dari pensil yang normal dan wajar akan mempengaruhi kenyamanan kamu saat memegangnya nanti. Pilihlah pensil yang pas ketika dipegang sehingga tidak membuat tanganmu lelah saat memegangnya.

Isi Pensil Hitam Legam

Secara khusuu, pensil digolongkan dalam beberapa jenis jika dilihat dari ketebalan isinya ketika digunakan. Semakin tinggi kualitasnya, maka akan semakin hitam dan legam isinya. Pilihlah pensil yang sesuai dengan kebutuhanmu, selalu sediakan beberapa pensil dengan tingkat kehitaman yang berbeda untuk tujuan yang juga berbeda saat menggambar sketsa.

Bentuk Pensil Simetris

Maksudnya ialah pensil tidak berlekuk-lekuk atau lurus karena pensil yang berlekuk pada batangnya walau sedikit tentu akan mudah patah saat digunakan. Selain itu, bentuk pensil yang berlekuk akan membuat tanganmu tak nyama dan mudah lelah sehingga gambar yang kamu hasilnya tidak akan bisa maksimal nantinya.

Menggambar Pemandangan dengan Pensil

Untuk bisa menggambar pemandangan apapun, yang kamu harus lakukan terlebih dahulu adalah mengamati objek pemandangan tersebut dengan seksama dan fokus. Amati dengan jelas objek tersebut secara mendalam dengan mereka tiap lekukan dan tiap detail yang menonjol.

Langkah selanjutnya adalah ketika matamu sudah terbiasa dengan objek, maka kamu kemudian membuat garis sketsa pada kertas gambar. Banyak pemula yang melewatkan bagian ini karena dianggap tidak terlalu penting, padahal hal ini dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan.

Faktanya, garis merupakan acuan untukmu saat menggambar objek tersebut. Tanpanya kamu tidak bisa mengindentifikasi sampai mana harus memulai melakukan teknik menggambar yang lain seperti mengarsir objek dan lain sebagainya. Cobalah untuk membuat garis atau outline yang tipis terlebih dahulu.

Langkah terakhir ialah melakukan finishing, yakni dengan memperjelas sketsa dengan menggunakan pensil yang runcing seperti 2B. Berikan juga arsiran sesuai dengan pencahayaan pada objek untuk mempertajam sisi-sisi dari objek yang ingin ditonjolkan. Pada tahap ini, biasanya para pelukis membiarkan imajinasi mereka bermain untuk memperolah sketsa yang sempurna.

Berikut ini adalah 33 contoh sketsa bagi mereka yang ingin menggambar pemandangan berupa pantai atau gunung dengan menggunakan pensil. Selain sketsa yang rumit, ada juga beberapa sketsa yang bisa dicontoh untuk bahan pembelajaran bagi anak kecil sebagai awal masa pengenalan dalam kegiatan berkesenian.

warnagambar.com
warnagambar com

Mengambil setting panorama gunung yang tinggi dengan ujungnya yang tampak meruncing. Ketika seseorang menggambar pemandangan seperti ini, kita tak perlu tahu apa yang ada di pikirannya sebab masing-masing pelukis atau pencipta karya seni, tentu memiliki feel yang hanya mereka bisa rasakan sendiri.

warnagambar.com
warnagambar com

Bukankah sketsa di atas tampak begitu nyata? Penampakan bulan yang begitu besarnya menjadi pusat perhatian saat pertama kali mata melihatnya. Bersanding dengan pohon besar yang kecil, membuat orang yang menggambar pemandangan menakjubkan ini pantas diberikan apresiasi yang tak ternilai.

gambarku3.blogspot.com
gambarku3 blogspot com

Tampak sederhana namun menegaskan kesan yang kuat. Latar belakang gunung yang menjulang tinggi menjadikan rumah yang digambarkan kecil terlihat pantas jadi titik fokus penikmat sketsa ini. Tak banyak guratan detail seperti gambar sketsa sebelumnya.

Menggambar Pemandangan Sederhana
warnagambar com

Untuk gambar yang satu ini, kebanyakan orang mungkin bisa dengan mudah menirukannya. Jajaran gunung yang menjulang digambarkan seseorang dengan cara yang sederhana. Ini masih awalnya saja, masih ada jejak-jejak guratan lain yang menanti saat sketsa ini selesai dibuat.

asphalt.blogspot.com
asphalt blogspot com

Siapa bilang menggambar pemandangan itu hanya cukup berupa gunung atau pantai? Tengoklah sketsa pensil di atas, gedung opera Sydney pun bisa kamu jadikan objek pemuas keinginanmu jika itu diperlukan. Cobalah mencari gambar sketsa lain yang berhubungan dengan tempat-tempat eksklusif seperti di atas.

kellytriciaau.blogspot.com
kellytriciaau blogspot com

Kokoh tegak berdiri sebuah gunung berbentuk kerucut. Ia hanya digambar dengan sebuah pensil di atas kertas yang awalnya kosong. Sang pembuat sketsa mungkin terinspirasi menggambarnya saat berada dalam sebuah perjalanan wisata.

ashvilleart.org
ashvilleart org

Gambar sketsa di atas tentu tidak akan dihasilkan hanya dari latihan selama satu hari saja. Kamu perlu terus berlatih sehingga tanganmu terlatih dan terbiasa dengan objek apapun. Entah apa yang membuat gambar ini sangat menarik perhatian, tapi yang jelas lukisan dari pensil berupa deretan gunung di atas sangat indah. Kamu sepakat?

pinterest.com
pinterest com

Kesan pertama yang terlintas saat melihat sketsa di atas adalah sangat mendamaikan hati. Cahaya matahari di sketsa tersebut tampak menyinari gunung melewati celah-celah awan yang mengambang saling beriringan. Sungguh sangat indah!

pencildrawing.us
pencildrawing us

Sebuah rumah tepat berada di tengah tingginya gunung. Ada kemungkinan ini adalah sebuah pemandangan dari sebuah tempat yang memang terdapat di salah satu belahan bumi kita berada. Sang pencipta sketsa berhasil mengabadikannya melalui sebuah lukisan sketsa sederhana.

pinterest.com
pinterest com

Bosan mengambil setting musim-musim biasa? Ambillah tema musim dingin dan mulailah menggambar pemandangan gunung dengan menambahkan embel-embel salju di dalamnya seperti sketsa di atas. Buat senyata dan seindah mungkin sketsa hasil milikmu agar nantinya bisa kamu perlihatkan kepada teman-teman sekolahmu.

awesome-mountains.blogspot.com
awesome-mountains blogspot com

Hanya deretan gunung yang dilukiskan tegak berdiri bersama. Terlihat tampak ada outline yang menjadi batas arsiran pada bagian atas sketsa.

pinterest.com
pinterest com

Kamu bisa menjadikan gambar di atas sebagai referensi dan inspirasi untuk menggambar sketsa gunung. Ada berbagai bentuk gunung yang bisa ditiru olehmu. Kamu bisa mengambil satu contoh, tiru dan lanjutkan menggambar dengan menambahkan berbagai unsur alam lainnya.

ryankennedyart.com
ryankennedyart com

Gunung batu di atas juga nampak nyata dan terlihat seperti sebuah foto. Menggambar pemandangan seperti di atas butuh keuletan dan kesabaran yang tinggi. Selain itu, juga perlu jam terbang yang tidak sedikit.

craftsy.com
craftsy com

Terlihat komposisi gunung hanya sedikit dibanding dengan langit bersama awannya yang terlihat lebih dominan. Namun tetap saja teknik shading pada gambar di atas dihasilkan dari pemikiran dan pengalaman yang mumpuni. Sederhana namun tegas.

dragoart.com
dragoart com

Hanya sebuah outline sebelum arsiran mulai dilakukan. Kamu sebaiknya melakukan langkah awal dan dasar seperti di atas untuk menghasikan karya yang nantinya terlihat menakjubkan.

drawingimage.com
drawingimage com

Pantulan tinggi dan besarnya gunung sangat tampak diperlihatkan pada sketsa di atas. Arsiran demi arsiran terus diguratkan ke atas kertas mengikuti insting serta imajinasi yang ada di kepala.

flickr.com
flickr com

Outline sketsa gunung di atas digoreskan agak tebal sehingga terlihat tampak. Berbeda dari sketsa yang lain dimana outline hanya tampak karena perbedaan nilai ketebalan arsiran. Tirukan saja sketsa di atas jika kamu ingin merekam sebuah pemandangan indah tertentu saat sedang bepergian ke suatu tempat.

friv5games.com
friv5games com

Sketsa di atas sangat indah, ada gunung yang menjulang tinggi hingga menyentuh awan serta danau yang memantulkan kokohnya sang gunung di atas permukaannya. Terlihat sebuah kapal mengapung dan menambah nilai estetika gambar pemandangan tersebut.

wesharepics.info
wesharepics info

Gunung di atas terlihat sangat asli, bukan? Padahal itu cuma coretan pensil yang dihasilkan oleh seorang yang sangat berbakat dalam menggambar.

ssudhi.blogspot.com
ssudhi blogspot com

Sketsa gambar pemandangan berupa gunung di atas terlihat tandus, tidak ada pepohonan atau sungai yang ikut bersamanya.

pinterest.com
pinterest com

Tampak nyata ketika pertama kali melihat gambar sketsa di atas, sang pembuatnya sangat lihai mengguratkan pensilnya sedemikian rupa hingga mampu melukiskan objek mendekati apa yang terlihat oleh mata kepalanya. Sungguh luar biasa!

holly6669666.devianart.com
holly6669666 devianart com

Gambar di atas hanya coretan awal sebelum kemudian mulai memberikan arsiran demi arsiran di atasnya. Bisa dilihat garis-garis yang melintang dan membujur pada gunung membuatnya terlihat memiliki isi.

coloringpages24x7.com
coloringpages24x7 com

Kamu juga melukiskan aliran sungai yang meluncur dari gunung seperti pada sketsa di atas. Terlihat sungai di tengah dan di kiri kanan terdapat padang rumput serta gunung yang menjadi latar belakangnya.

Menggambar Pemandangan Gunung

Gambar-gambar di bawah ini sebenarnya hanya diperuntukkan bagi anak-anak yang baru mengenal bagaimana caranya menggambar pemandangan. Ajarkan mereka untuk mengikuti sketsa di bawah setelah ia mulai mengerti hal tersebut. Jika mereka mampu melakukannya, ada kemungkinan mereka memiliki bakat di bidang seni dan para orang tua bisa kemudian mengasah bakatnya menjadi lebih tajam dengan cara-cara yang baik dan benar.

warnagambar.com
warnagambar com
Menggambar Pemandangan Unik Gunung
blog fitb itb ac id
gambarmewarnai.com
gambarmewarnai com
buatgambar28.blogspot.com
buatgambar28 blogspot com
bonikids.blogpsot.com
bonikids blogpsot com

Menggambar Pemandangan Pantai

Sketsa pantai di bawah ada yang rumit dan ada yang bisa dianggap sederhana. Bagi kamu yang memiliki adik dan ingin mengenalkannya pada kegiatan menggambar dan mewarnai, bisa memberikan sketsa gambar hewan kosong yang sederhana terlebih sebelum mengajarkan membuat sketsa pensil yang rumit seperti di bawah ini.

antiqueryrose.blogspot.com
antiqueryrose blogspot com

Kalau hanya menampilkan hamparan pasir-pasir kecil di pantai sudah terlalu mainstream, maka cukup tambahkan unsur-unsur tak biasa di dalamnya dan jadilah sketsa yang tampak sangat berkelas seperti di atas. Jejak-jejak kaki yang membekas di atas pasir yang basah terlihat biasa, namun menjadikan gambar pemandangan tersebut menjadi luar biasa.

sketchite.com
sketchite com

Biarkan imajinasimu menjadi liar! Seperti itulah yang terjadi dengan sketsa di atas. Sebuah tenda di bangun di tengah pohon kelapa yang menjadi tiang penyangga. Tidak hanya itu, imajinasi sang pelukis sepertinya juga terlalu jauh berkeliaran sehingga ia kemudian menggambarkan ada tempat untuk menampak cakrawala di puncak pohon kelapa yang melambai. Tema? Sepertinya ini tentang seseorang yang terdampar di pulau terpencil.

drawingimage.com
drawingimage com

Tentukan sebuah tema dan biarkan jari-jari tanganmu melantunkan bait-bait kesukaannya ke atas kanvas murni nan suci. Sama halnya seperti lukisan sebelumnya, menentukan sebuah tema mungkin bisa membangkitkan inspirasi untuk menggambar pemandangan apapun. Cobalah!

fineartamerica.com
fineartamerica com

Sangat terasa nyatanya berkat detail yang dilukisan ke dalamnya. Gambar pemandangan pantai berupa sketsa pensil di atas bisa kamu jadikan sumber inspirasi untuk membuat karya nyata murni dari tanganmu sendiri.

bahasapedia.com
bahasapedia com

Oops, sketsa di atas hanya untuk anak-anak ya.


Itulah contoh sketsa bagaimana menggambar pemandangan sederhana sebagai awal untukmu membuat karya seni terindahmu. Kamu juga bisa mengajarkan adik atau anak-anak melukis dengan gambar pemandangan yang sederhana di atas. Teruslah berlatih dan yakin bahwa: “Semakin sering berlatih, maka kau akan semakin terlatih.”