Manfaat Ulat Hongkong Kering dan Cara Membuatnya

Manfaat Ulat Hongkong Kering –¬†Bagi para pecinta burung peliharaan, ulat hongkong atau mealworm mungkin sudah tidak asing lagi. Manfaat ulat hongkong kering salah satunya adalah sebagai pakan tambahan (extra fooding) bagi burung.

Kandungan gizinya yang tinggi terutama protein menjadikan ulat hongkong menjadi pakan favorit bagi burung kicau selain kroto dan jangkrik.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Dikarenakan memiliki lapisan kulit tebal (exoskeleton), biasanya jenis ulat yang dijadikan pakan burung adalah dalam kondisi berganti kulit.

Ketika itu lapisan kulit ulat akan berubah menjadi tipis sehingga mudah dicerna semua burung pemakan serangga. Kandungan nutrisi dalam ulat hongkong adalah 48 % protein kasar, 40 % kadar abu dan lemak kasar, 57 % kadar air dan 8 % ekstrak non nitrogen.

Manfaat Ulat Hongkong Kering

Manfaat Ulat Hongkong Kering dan Cara Membuatnya 1

Dalam praktiknya, ulat hongkong ini bisa dikonsumsi burung dalam bentuk hidup ataupun kering (tepung atau sudah dikeringkan). Nah untuk manfaat ulat hongkong kering ini memiliki banyak manfaat diantaranya:

  • Tahan lama dalam penyimpannya karena tak membutuhkan perawatan seperti layaknya ulat hongkong hidup.
  • Memiliki kandungan air dan lemak yang tidak terlalu banyak.
  • Tidak perlu khawatir akan kulitnya yang keras juga tak perlu menunggu waktu hingga ulat hongkong berubah warna menjadi putih.

Cara Membuat Ulat Hongkong Kering

Manfaat Ulat Hongkong Kering dan Cara Membuatnya 2

Untuk dapat membuat ulat hongkong kering bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  1. Sebelum dikeringkan, pastikan ulat hongkong tersebut dimatikan/dihibernasi dengan cara menyimpannya selama kurang lebih 15 menit dalam freezer atau lemari es. Jika dalam 15 menit masih ada ulat yang hidup, simpan kembali lebih lama sampai semua ulat benar-benar mati.
  2. Panaskan oven dengan kompor api sedang.
  3. Siapkan loyang berbentuk datar untuk menyimpan ulat, ratakan dalam loyang tersebut agar ulat tidak menempel pada permukaan loyang. Tipsnya agar tidak lengket adalah mengoleskan tepung jagung atau mentega.
  4. Sediakan kembali oven untuk memanggang selama lebih dari 30 menit. Setiap 10 menit sekali pantaulah agar tidak gosong atau terlalu kering.
  5. Setelah sudah kering, keluarkan ulat-ulat dan dinginkan dengan cara diangin-anginkan.
  6. Simpan ulat hongkong dalam tempat tertutup untuk digunakan nanti.

Jika kamu memerlukan ulat hongkong yang masih hidup bisa memesan atau mendatangi penjual ulat hongkong yang ada di daerah kamu.

Membuat Tepung Ulat Hongkong

Pada tahap pertama tadi anda sudah selesai membuat ulat hongkong kering dan bisa langsung dikonsumsi oleh burung peliharaan. Nah jika ingin membuat tepung ulat hongkong caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan blender untuk menggiling ulat hongkong kering hingga menjadi tepung atau serbuk.
  2. Simpan dalam wadah yang tertutup rapat.
  3. Tepung ulat hongkong sudah bisa digunakan dan disimpan untuk stok pakan burung Anda.

Efek Samping dari Ulat Hongkong

Manfaat Ulat Hongkong Kering dan Cara Membuatnya 3

Akhir-akhir ini banyak pro dan kontra tentang pemanfaatan ulat hongkong. Sebagian kalangan banyak yang percaya manfaat ulat hongkong, namun di satu sisi lainnya banyak yang mencemaskan burung peliharaan mereka jika diberi pakan ulat hongkong.

Dampak negatif dari ulat hongkong diantaranya:

  • Menyebabkan Burung Kegemukan
  • Menurut beberapa sumber, ulat hongkong memiliki banyak kandungan lemak yang tentu tidak baik bagi berat badan si burung.
  • Ulat ini masih bisa hidup selama beberapa detik jika bagian kepalanya tidak terkunyah ketik dimakan oleh burung. Jika hal itu terjadi, ada kemungkinan ulat akan menggerogoti organ dalam burung.

Saran Memberikan Ulat Hongkong Pada Burung

Jika melihat fakta di atas, tentunya anda harus berhati-hati ketika memberikan ulat hongkong kepada burung kesayangan anda. Untuk mencegahnya anda harus melakukan hal berikut ini:

  • Gunakan ulat hongkong berkualitas tinggi dan kebersihan yang baik.
  • Hendaknya diberikan dalam keadaan mati. Caranya bisa dengan mencelupkannya ke dalam air hangat hingga mati.
  • Jangan memberikan ulat burung secara berlebihan karena bisa mengakibatkan kelebihan berat badan pada burung.

Itulah beberapa hal yang bisa saya paparkan mengenai manfaat ulat hongkong kering dan juga fakta-fakta menarik lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.