Manfaat Pohon Kelapa: Dari Akar, Batang, Daun, Hingga Buahnya

Manfaat Pohon Kelapa – Pohon kelapa di perkirakan berasal dari pesisir samudra Hindia namun saat ini telah menyebar luas di seluruh pantai dunia dibawa gelombang laut dan sudah tumbuh berkembang biak di negara-negara tropis, layaknya Indonesia.

Tak seperti penjual buah tin segar, pohon kelapa dan buahnya bisa didapatkan dengan sangat mudah. Begitupun dengan penjual kurma Ajwa yang mana kurma tersebut merupakan salah satu jenis kurma favorit.

Sudah sejak zaman nenek moyang, pohon kelapa dapat dimanfaatkan dengan baik. Tanaman ini seringkali disebut dengan pohon sejuta manfaat. Bahkan akarnya pun menginspirasi Soedijatmo untuk teknologi pondasi / penyangga bangunan pada bandara Internasional Soekarno Hatta – Jakarta.

Manfaat Pohon Kelapa

Pohon kelapa merupakan pohon yang kaya akan manfaat, dari mulai ujung akar, batang, buah sampai ujung daun semuanya dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa lambang Pramuka Indonesia adalah tunas kelapa, semua itu dimaksudkan agar ketika tumbuh dewasa kita akan menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain.

Akar Kelapa

pixabay.com

Akar pohon kelapa mempunyai sifat piretik yang berfungsi menurunkan gejala panas dan demam tubuh. Yakni dengan cara mengambil akar kering kemudian ditumbuk dan direbus. Kemudian air rebusan diminumkan pada orang yang demam / panas.

Rebusan akar pohon ini juga berguna untuk mengobati penyakit ambien / wasir dan meredakan gatal kulit pada area lipatan tubuh. Banyak wilayah pesisir indonesia yang menjadikan meminum air rebusan akar kelapa ini sebagai tradisi turun temurun.

Kayu dan Batang Kelapa

pixabay.com

Di Indonesia kayu kelapa sangat banyak permintaan pasarnya, karena memang menawarkan harga relatif murah dengan kualitas menengah. Orang biasa menyebutnya kayu glugu, kayu ini memiliki mutu menengah.

Banyak dipakai orang untuk alternatif bahan bangunan. Sudah semenjak dahulu orang Indonesia menggunakan kayu kelapa untuk membuat rangka, tiang maupun pilar pada bangunan rumah.

Kayu kelapa terbilang kuat dan awet, kayu ini umumnya panjang dan lurus tanpa ada bengkokan. Dewasa ini kayu kelapa banyak dipakai untuk bahan pembuatan aneka furniture, handycraft dan mebel.

Jika menyentuhnya dengan perlakuan khusus dan sedikit seni, kayu kelapa bisa menghasilkan produk bernilai jual tinggi. Kayu ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan lantai kayu (parket) dan gazebo.

Diantara kelebihan kayu ini adalah mudah dalam perawatan, tekstur yang bermacam-macam, seratnya sangat indah dan sangat keras, dan juga kayu ini termasuk ramah lingkungan.

Daun Kelapa

pixabay.com

Di pelosok indonesia sering dijumpai daun kelapa kering digunakan sebagai atap rumah. Daun muda kelapa atau biasa dikenal janur biasa dipakai untuk berbagai hiasan yang menarik seperti janur untuk pernikahan, yang sering kali dipakai masyarakat Bali dan Jawa dalam berbagai upacara.

Daun ketupat muda juga dipakai untuk membuat ketupat ketika lebaran. Tangkai daun kelapa yang sudah dikeringkan disebut lidi, dan dijadikan sebagai sapu.

Buah Kelapa

pixabay.com

Buah kelapa mempunyai serabut kelapa yang kebanyakan orang tidak tahu bahwa serabut in bisa diolah dan dijadikan barang komersil, sering kita jumpai keset bertuliskan ‘welcome’ berwarna coklat dimana-mana, bahkan mungkin dirumahpun ada.

Bahan utama keset tersebut adalah serabut kelapa. Bahkan jika diolah lebih lanjut serabut kelapa bisa digunakan sebagai isi jok atau isi kasur juga media tanam anggrek.

Untuk tempurung kelapa atau batok bisa dipakai untuk wadah minuman bernilai seni, pengganti gayung, wadah minuman dan beraneka ragam kerajinan tangan. Cairan atau endosperma dalam kelapa bisa dijadikan minuman segar dan jika diolah menjadi nata de coco yang lezat, kecap juga cuka dapur.

Sama halnya dengan manfaat kacang mete, air kelapa juga bisa menjaga stamina orang yang mengonsumsinya. Jika dikonsumsi dengan rutin tentu akan sangat bagus sebagai penjaga stamina untuk menjalan aktivitas keseharian.

Buah kepala ketika muda bisa dijadikan es kelapa muda yang dipadukan dengan cairannya. Jika diolah bisa menjadi kosmetik, juga minyak kelapa, gula jawa, dan menjadi campuran kuliner lezat di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.