Manfaat Mengkonsumsi Madu Bagi Ibu Hamil

Perempuan yang sedang hamil biasanya akan semakin menjaga dan merasa khawatir dengan apa saja makanan yang mereka konsumsi. Hal ini sebenarnya wajar dan masuk akal.

Kesalahan dalam memilih jenis makanan tertentu dapat berdampak buruk terhadap kehamilan dan janin. Seperti mengkonsumsi soda, seafood mentah atau setengah matang, buah-buahan tertentu makanan lain yang tidak baik untuk kesehatan ibu hamil.

Lalu bagaimanakah dengan madu, apakah madu aman untuk kehamilan?

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Manfaat Mengkonsumsi Madu Bagi Ibu Hamil 1
http://blog.poppysoap.com

Madu adalah salah satu jenis minuman yang secara turun temurun dikenal sebagai penunjang kesehatan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Seorang wanita yang sedang hamil tentunya menginginkan untuk selalu dalam kondisi yang prima dan sehat, karena kesehatan dari sang ibu juga akan mempengaruhi kesehatan dari calon bayinya.

Madu mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan. Seperti zat gula glukosa, fruktosa, asam amino, thiamin, riboflavin, vitamin, asam askorbat, piridoksin, kalium, magnesium, phosphor, zat besi, sulfur, mangan, niasin, natrium dan zat penting lainnya.

Selain itu, madu juga mengandung zat antibiotik. Hal inilah yang mambuat madu jadi salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai sumber energi.

Madu punya banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Berikut penjelasan selengkapnya.

Meringankan Rasa Mulas pada Ibu Hamil

Salah satu gangguan kehamilan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah rasa mulas.  Hormon yang dilepas selama proses kehamilan dapat menyebabkan sphincter diantara lambung dan kerongkongan menjadi lebih lunak.

Saat kondisi ini terjadi, maka akan menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan seperti ada rasa terbakar. Kondisi seperti ini biasa terjadi hingga bulan-bulan terakhir kehamilan.

Efek rasa mulas juga disebabkan karena bayi mendorong semua organ ke atas. Rasa mulas ini bisa diredakan dengan mengkonsumsi minuman susu yang dicampur dengan madu.

Percampuran kedua bahan tersebut dapat menetralisir kelebihan asam lambung dalam tubuh. Minuman ini sangat baik jika dikonsumsi secara teratur, yaitu setiap malam sebelum tidur.

Mengatasi Morning Sickness

Manfaat Mengkonsumsi Madu Bagi Ibu Hamil 2
http://www.bq-magazine.com

Morning sickness merupakan gejala-gejala yang sering dialami oleh ibu hamil ketika pagi hari, seperti muntah, pusing, dan rasa mual. Terkadang morning sickness tidak hanya terjadi di pagi hari tapi juga di malam hari.

Setidaknya 70% ibu hamil di dunia mengalami gejala morning sickness. Dalam kasus yang parah, gejala morning sickness ini bisa menyebabkan penurunan berat badan, komplikasi kesehatan yang parah atau malnutrisi yang dapat mempengaruhi perkembangan si calon bayi atau janin.

Mengonsumsi minuman jahe yang dicampur  dengan madu dapat digunakan untuk meredakan morning sickness.

Meningkatkan Hemoglobin pada Ibu Hamil

Seseorang yang sedang hamil akan sering mengalami anemia (kekurangan darah). Madu mengandung zat besi (Fe) yang mempunyai kemampuan untuk meningkatkan jumlah eritrosit pada ibu hamil. Dengan meningkatnya sel darah merah, maka kadar hemoglobin juga akan meningkat.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Pada masa kehamilan, ibu yang sedang mengandung lebih retan sistem kekebalan tubuhnya, sehingga akan mudah untuk terserang penyakit seperti batuk dan pilek.

Di dalam madu terkandung banyak sekali zat yang berguna, seperti mineral, asam amino, vitamin dan lain-lain. Selain itu juga terdapat zat yang bersifat antibakteri dan antioksidan.

Oleh karenanya, mengkonsumsi madu sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Selain untuk ibu hamil, madu juga bisa menyuburkan kandungan. Jadi bagi Anda yang kesulitan mendapat momongan, bisa dicoba minum madu penyubur kandungan secara teratur dan untuk memperlancar ASI bagi bumil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.