5 Daftar Makanan Kucing yang Bagus untuk Kitten

MAKANAN KUCING YANG BAGUSKitten adalah nama populer yang diberikan untuk anak kucing yang baru lahir maupun berusia beberapa minggu. Salah satu hal yang bikin pemilik kucing ragu adalah cara memilih makanan kucing yang bagus. Tentunya juga aman untuk kesehatannya.

Tidak masalah ketika Anda mengikuti saran seorang teman gara-gara tertarik dengan merek tertentu. Tapi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan. Soalnya hanya mereka yang tahu baik-tidaknya makanan itu. Menurut para ahli, inilah daftar makanan yang bagus.

1. Daging

Tiada kucing yang tidak menyukai daging. Terutama daging ikan. Hal ini juga berlaku untuk anak kucing yang berada dalam masa pertumbuhan. Namun khusus anak kucing, pastikan asupan gizinya juga terjamin. Jangan asal memberi daging tanpa penyortiran.

Lalu, daging seperti apa yang bagus untuk kitten? Setidaknya, daging tersebut mengandung vitamin E, rendah kalori, dan juga rendah kandungan magnesiumnya. Ikan tuna termasuk salah satu daging yang paling disukai oleh kucing.

Namun cara memberikan daging ke kucing juga memerlukan teknik khusus. Biar kucing gampang mengunyahnya, berikan daging dengan cara diiris kecil-kecil terlebih dahulu. Dimasak dulu juga bagus. Singkirkan durinya kalau ada.

2. Makanan Khusus Anak Kucing

Beberapa makanan khusus anak kucing ramai dijual di pasaran. Baik dari harga murah, standar, hingga premium. Masing-masing mewakili kandungan gizi masing-masing. Namun tidak selalu makanan yang mahal itu berarti bagus. Tergantung kucing Anda juga.

Beberapa merek yang terkenal dan bisa Anda coba adalah Whiskas, Royal Canin, Me-O, dan Pro Plan. Harga keempat merek makanan kucing itu tergolong mudah dijangkau. Namun untuk rutin memberikan makanan bermerek itu, tentu Anda harus sediakan bujet khusus.

3. Tempe

Pernahkah Anda memberikan salah satu makanan kucing yang bagus ini? Tempe memiliki kadar protein yang cukup melimpah. Tentunya sangat cocok untuk kucing yang berada dalam masa pertumbuhan. Mungkin tidak secepat daging, tapi hasilnya sangat signifikan.

Bahkan tempe juga bisa digunakan sebagai makanan pengganti nasi. Kalau nasi terkenal dengan kandungan glukosa yang cukup tinggi, hal itu tidak berlaku untuk tempe. Lalu bagaimana cara memilih tempe yang baik untuk anak kucing?

Pastikan tempe yang Anda beli belum telalu lama atau lanas. Kemudian tempe itu Anda rebus terlebih dahulu. Haluskan bersama makanan lainnya. Boleh juga dengan lauk yang paling disukai oleh kucing Anda.

4. Bubur

Beberapa makanan bermerek juga tampil dalam bentuk bubur. Tetapi Anda juga bisa membuat bubur sendiri di rumah. Mengapa bubur cocok untuk anak kucing? Seperti yang banyak diketahui, sistem pencernaan anak kucing itu masih lemah.

Jadi mereka butuh makanan yang mudah dihaluskan di lambung. Oleh karena itu, meskipun mereka suka dengan daging ikan, bahan-bahannya harus dihaluskan lebih dulu. Cara ini dilakukan untuk membantu nutrisinya lekas tersebar ke seluruh tubuhnya.

Bubur yang bagus untuk kucing minimal harus mengandung vitamin E, vitamin C, vitamin A, Omega 3 dan 6, dan juga kalsium yang cukup. Khususnya kalsium ini berguna untuk memperkuat otot dan tulang si kucing kecil.

5. Nasi yang Dihaluskan

Meskipun nasi sudah memiliki tekstur yang lembut, akan lebih baik ketika dihaluskan lebih dulu sebelum diberikan ke anak kucing. Terutama bagi anak kucing yang memiliki umur beberapa minggu.

Kemudian padukan nasi tersebut dengan susu. Cara pemberian susu juga perlu diperhatikan. Seiring bertambah umur, biasanya para ahli akan mengurangi porsi susunya. Mereka akan menambahkan menu lain setelah sistem pencernaannya menguat.

Setelah pemberian makanan kucing yang bagus tersebut, sudah saatnya lengkapi dengan asupan kasih sayang. Lepaskan energi si kucing kecil dengan cara bermain-main. Ringan saja. Tujuannya agar anak kucing Anda selalu sehat setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.