7 Cara Mudah Memberikan Makanan Anak Kucing Umur 1 Bulan

7 Cara Mudah Memberikan Makanan Anak Kucing Umur 1 Bulan

Makanan Anak Kucing Umur 1 Bulan – Kucing yang baru dilahirkan biasanya masih memperoleh makanan berupa air susu sang induk. Nutrisi yang terdapat di air susu tersebut sudah mampu memenuhi gizi anak kucing selama rentang waktu beberapa minggu.

Dalam masa rentang empat minggu awal setelah dilahirkan, anak kucing masih belum memiliki kemampuan yang mumpuni untuk bisa hidup secara mandiri. Oleh karenanya, peran sang induk sangat berarti di masa-masa tersebut.

Sebagai seorang pemilik atau pemelihara anak kucing, kita juga dituntut untuk tahu apa yang harus dilakukan ketika kucing betina kita melahirkan beberapa ekor anak kucing kecil.

Tentu saja, momen ini adalah momen yang disukai oleh kita, para pecinta kucing. Bagaimana tidak? Kita mendapatkan keluarga kecil baru yang akan ikut mewarnai kehidupan kita.

Perlakuan Untuk Anak Kucing Umur 1 Bulan

Bagi yang sudah tahu jelas bagaimana merawat kucing dari kecil hingga dewasa tentu hal di bawah ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Tapi bagi yang pemula atau bahkan tidak pernah merawat anak kucing kecil, sangat perlu memperhatikan hal-hal yang penting pada anak kucing di umur 1 bulan seperti yang akan dijabarkan di bawah ini.

Minggu pertama

Pada minggu pertama setelah dilahirkan, anak kucing masih dalam kondisi buta serta tuli. Induk sang anak kucing berperan penting dalam memberikan makanan, perlindungan serta kehangatan. Sebagai pemiliknya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga anak kucing tersebut menjadi lebih nyaman, yaitu sebagai berikut:

  • Usahakan untuk menempatkan anak kucing di ruangan yang hangat. Anak kucing pada usia ini masih tidak dapat menahan udara panas atau pun dingin. Bisa juga menambahkan bola pijar di kandang kucing untuk menjaga kehangatannya.
  • Berikan anak kucing air susu colostrum. Air susu ini merupakan susu yang dihasilkan sang induk 2 hari pasca melahirkan yang mengandung nutrisi lengkap untuk si ank kucing yaitu, protein, vitamin, dan antibodi.
  • Timbanglah berat badan anak kucing. Sebaiknya berat badannya terus bertambah setiap hari dengan ideal pertambahan 10gr/hari. Catatlah hasil penimbangan dan waspadalah jika terjadi penurunan atau tidak ada peningkatan sama sekali. Hal ini dilakukan sampai anak kucing berusia sekitar 2 bulan atau masuk usia sapih.
  • Cek kapan anak kucing buang air kecil atau besar. Biasanya induk kucing akan menjilat anus dan saluran kencing untuk merangsang buang air tapi jika anak kucing ditinggal oleh sang induk, kita bisa mengusap kedua tempat buang air anak kucing dengan menggunakan kapas atau tisu basah.
  • Jika ternyata sang induk tidak dapat menyusui bayinya, usahakan carikan induk tumpangan/pengganti yang juga sedang menyusui. Namun jika tidak memungkinkan, pilihan terakhir adalah dengan memberinya susu rendah laktosa.
  • Kadar pemberian susu kepada bayi kucing yang tak disusui induknya adalah sebanyak 7 kali dengan takaran 2-4 ml.

Minggu kedua

  • Indera pendengaran dan penglihatan bayi kucing pada usia sudah mulai terbuka. Selalu bersihkan area sekitar mata bayi kucing dengan menggunakan air hangat dan tisu atau kain yang lembut.
  • Untuk menghindari basahan kencing, perlak bisa digunakan untuk menjaga alas kandang tetap kering.
  • Di usia ini, bayi kucing sudah bisa mulai berdiri sendiri.
  • Kadar pemberian susu kepada bayi kucing yang tak disusui induknya adalah sebanyak 6 kali dengan takaran 5-10 ml.

Minggu ketiga

  • Gigi sudah mulai tumbuh di tahap usia ini dan anak kucing juga mulai bisa menjilat.
  • Anak kucing juga sudah mulai bisa buang air sendiri.
  • Karena anak kucing sudah mulai aktif bermain, nutrisi tambahan mulai diperlukan. Air susu dari sang induk sudah mulai berkurang dari segi kualitas dan kuantitasnya, oleh karena itu berikan anak kucing susu tambahan.
  • Kadar pemberian susu kepada anak kucing yang tak disusui induknya adalah sebanyak 5 kali dengan takaran 10-15 ml.

Minggu keempat

  • Anak kucing mulai memakan makanan yang biasa dimakan oleh sang induk.
  • Rasa ingin tahu anak kucing meningkat, ia mulai tahu tentang ketinggian dan mulai memanjat-manjat.
  • Indera pendengaran dan penglihatan berkembang sempurna di usia ini.
  • Kadar pemberian susu kepada anak kucing yang tak disusui induknya adalah sebanyak 5 kali dengan takaran 10-15 ml.

Cara Memberi Makanan Untuk Anak Kucing Umur 1 Bulan

makanan anak kucing umur 1 bulan
www.reference.com

Anak kucing yang masih berumur di bawah 1 bulan hanya perlu minum air susu langsung dari induknya, pemberian makanan apapun bentuknya masih belum terlalu direkomendasikan di tahapan usia tersebut. Namun, jika ternyata sang induk tidak mampu menyusui anaknya, maka kita bisa menggantikan peran tersebut dengan memberikan susu formula khusus langsung kepada anak kucing tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa langkah-langkah dalam memberikan makanan pada anak kucing umur 1 bulan atau kurang perlu dilakukan dengan cara yang tepat, yakni sebagai berikut:

1. Menyiapkan Peralatan

Usahakanlah menggunakan botol serta dot khusus untuk anak kucing. Botol khusus dengan bukaan di atasnya untuk mengatur aliran susu ke mulut anak kucing dari dot atau botol khusus kucing biasa seperti gambar di atas juga tidak masalah. Dotnya pun juga didesain tipis dan panjang, sangat pas untuk mulut anak kucing dan membuat anak kucing juga dapat mengisap seperti dari sang induk.

Namun jika ternyata alat tersebut tidak tersedia, pilihan lain bisa menggunakan alat suntik atau pipet. Kita bisa menggunakan keduanya untuk meneteskan air susu ke dalam mulut kucing. Kekurangan dari alat ini, yakni anak kucing tidak dapat menghisapnya.

2. Mensterilkan Peralatan

Ingatlah untuk selalu menjaga kesterilan peralatan makan anak kucing kita. Mencucinya saja tidaklah cukup, kita perlu menggunakan alat pensteril dengan uap atau merendam semua peralatan tersebut menggunakan cairan pensteril.

3. Membuat Susu Untuk Anak Kucing

Ada dua jenis bentuk susu formula kucing yang umum dijual di pasaran, yakni susu formula cair dan susu formula bubuk. Selalu ikuti takaran dan petunjuk penggunaan yang ada di kemasan susu formula tersebut agar didapatkan susu yang pas kekentalannya. Susu yang terlalu encer memiliki kandungan gizi yang terlalu rendah sedangkan susu yang terlalu pekat akan membuat perut anak kucing sakit.

Buatlah susu hanya setiap kali akan diberikan kepada anak kucing. Susu tidak mengandung bahan pengawet sehingga membuatnya tidak akan bertahan lama. Selain itu , anak kucing masih sangat rentan terhadap bakteri yang mungkin mengkontaminasi susu yang mengalami kontak langsung terlalu lama dengan udara.

Usahakan agar suhu susu formula yang kita buat masih dapat ditolerir oleh anak kucing kita, tidak panas dan juga tidak dingin. Indikatornya bisa dengan meneteskan sedikit di punggung tangan kita, jika pas maka suhunya akan terasa sama dengan suhu kulit kita.

4. Periksa Suhu Tubuh

makanan anak kucing umur 1 bulan
michellemariesmenagerie com

Pastikan suhu tubuh anak kucing hangat sebelum diberikan susu. Hal ini karena laju pencernaan anak kucing sangat bergantung pada suhu tubuhnya. Suhu tubuh yang dingin akan memperlambat laju pencernaan dan membuat susu mengalami fermentasi di dalam perut anak kucing dan ini akan berpengaruh pada kesehatannya nanti.

Secara alami, suhu tubuh anak kucing selalu terjaga hangat karena saat meminum susu dari induknya, anak kucing akan berbaring rapat dengan tubuh sang induk yang cenderung panas. Idealnya suhu tubuh anak kucing berada di kisaran 35,5 – 37,7 derajat Celcius.

5. Mulai Berikan Susu

Saat memberikan susu kepada anak kucing usahakan kita duduk di kursi yang nyaman dengan alas lembut berada di pangkuan. Buatlah posisi anak kucing sama seperti ketika ia menyusu dengan sang induk yakni: kepala tegak, perut bersandar, dan kaki berada di bawah.

Teteskan susu formula dari alat suntik atau ujung dot dan sodorkan ke mulut anak kucing. Kemungkinan besar, anak kucing akan mencium aroma susu dan akan mencoba meraih dot dengan mulutnya. Setelah anak kucing meraih dot, insting alaminya akan membuat ia mulai mengisap nantinya.

Jika alat yang digunakan adalah alat suntik, tekan pelan-pelan penyedotnya untuk meneteskan susu ke mulut anak kucing. Biarkan terlebih dahulu anak kucing untuk menelan tiap tetes susu yang masuk ke mulutnya, jangan terburu-buru hingga membuat mulutnya penuh.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah posisi anak kucing. Selalu pastikan anak kucing kita bersandar selama menyusu dan kepalanya tidak terangkat. Kepala yang terangkat beresiko membuat susu bisa terhirup ke paru-paru dan menimbulkan sakit parah bagi anak kucing atau bahkan kematian.

Takaran Susu yang Disarankan

  • Umur 1 – 3 hari: 2,5 ml per dua jam
  • Umur 4 – 7 hari: 5 ml 10 – 12 kali dalam hari
  • Umur 6 – 10 hari: 5 – 7,5 ml 10 kali dalam sehari
  • Umur 11 – 14 hari: 10 – 12,5 ml per tiga jam
  • Umur 15 – 21 hari : 10 ml 8 kali dalam sehari
  • Umur 21 hari dan seterusnya: 7,5 – 25 ml, 3 -4 kali dalam sehari, dan sudah bisa mulai mengenalkan makanan padat.

Selama proses pemberian susu, selalu perhatikan anak kucing kita dan pastikan tidak ada susu yang masuk lewat hidung dan lambung tidak membesar. Jika ternyata perutnya membesar dan terasa kencang, pemberian susu. Hal ini merupakan tanda bahwa anak kucing kita sudah kenyang, namun ia belum menyadarinya. Ingat, jangan terlalu banyak memberikan susu.

Jika terjadi sebaliknya, yakni anak kucing hanya meminum sedikit susu saja dari jumlah yang seharusnya disarankan maka jangan panik. Jangan memaksanya untuk meminum susu, hentikan dulu dan biarkan ia beristirahat sejenak. Cobalah lagi memberikannya susu setelah satu jam kemudian.

Bersabar dan tetaplah bersikap tenang ketika memberikan susu. Selalu ingat untuk membiarkan kucing minum secara perlahan-lahan dari botol untuk mencegahnya dari terlalu kenyang.

Secara alamiah, anak kucing biasanya akan diusap oleh sang induk untuk membantunya mengeluarkan kotoran atau sekedar angin. Dalam kondisi ini, kita bisa mendorong dan menstimulasi sendawa pada anak kucing dengan menyandarkan punggungnya ke tubuh kita dan kemudian mengusap perutnya secara lembut.

6. Bersihkan Pantat Kucing

Sang induk kucing biasanya akan menjilati anus dan alat kelamin anak kucing sesaat setelah selesai menyusui. Perlakuan ini dilakukan oleh sang induk untuk merangsang anak kucing untuk buang air kecil dan besar.

Tanpa adanya sang induk, maka kitalah yang harus melakukan hal tersebut. Caranya yakni dengan mengusapkan lap katun lembab ke anus anak kucing dengan gerakan layaknya menjilat. Akhiri dengan membersihkan pantatnya dengan lap katun yang bersih.

Berhasil atau tidaknya kita memberikan makanan berupa susu kepada anak kucing tergantung dari tahapan ini. Anak kucing akan menderita sakit jika kita tidak menirukan stimulasi tersebut layaknya sang induk pada proses pengeluaran kotoran ini.

7. Letakkan Kembali ke Kandangnya

Lakukan pemberian susu kepada anak kucing kita secara teratur selama beberapa minggu sampai ia bisa disapih dan diajari untuk memakan makanan yang padat. Berkonsultasilah dengan dokter hewan untuk mengetahui makanan yang tepat untuk anak kucing kita.

Proses pemberian makanan anak kucing umur 1 bulan berakhir di sini. Lakukan langkah-langkah di atas dengan tepat agar anak kucing kita tumbuh sehat dan aktif ketika dewasa nantinya dan juga kelak bisa menjadi hewan peliharaan kesayangan milik kita.


Jika kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu sesama pecinta kucing ya, agar kamu juga bisa memberi manfaat pada mereka serta mendapat amal jariyah. Terima kasih sudah berkunjung.

19 Comments

  1. saya nemu anak kucing ga ada induknya,kondisinya udah melek, gigi udah tumbuh tapi baru dikit banget, dan jalan masih ga teratur (sempoyongan). mau di buang kasian. itu kalau di berikan susu bubuk biasa bisa tidak ya..?
    makasih min

    1. Beli aja susu formula utk kitten di pet shop skalian pipet atw suntikannya, kasih makan pake makanan kucing yg kering itu diberi air spy jd empuk..Dicoba yaa

  2. Info yang sangat berguna pada saya, kerana saya telah terjumpa anak kucing tanpa induknya dan usia kitar 1bulan lebih.

  3. Terimakasih infonya, sangat membantu, saya punya anak kucing belum genap sebulan umurnya udah di pisah sama induknya T.T

  4. Mensterilkan peralatan dengan cairan pensteril seperti apa? Kalau nggk ada mesin steril uap, bisa pakai air panas nggak? Terimakasih

  5. Mau tanya. Saya baru menemukan anak kucing tanpa induk, umur sekitar 5 minggu. Pas sekitar 3 hari sebelumnya dia masih mau minum susu. Tapi di hari ke 4 ini, dia sulit untuk minum susu. Saya sudah memberi makan suwiran kecil2 daging ayam. Tapi setelahnya, si kucing malah jadi memuntahkan makanannya. Apa yang baiknya saya lakukan? Ini kali pertama saya coba merawat kucing. Minta pencerahannya. Terima kasih 🙂

    1. Saya pakai bubur sun/promina beras merah di campur prodiet kitten (wetfood). Untuk takarannya masing-masing setengah sendok teh. Di tambah air hangat sedikit. Buburnya di buat sedikit lebih encer krn kalau kental kali kasian kittennya.

      Setelah di mix, lalu di sedot pakai spuit 1cc/3cc (dibuang jarumnya).
      Dan di minumkan ke kittennya.
      Kitten saya umur 1 bulanan.

  6. Saya 2 hari yg lalu nemu anak kucing baru lahir lngkap dgn ari2nya, skrg saya urus tapi masih blum maksimal krena saya kerja, jdi cuma pagi sama sore saya ksih susu dan dia skrg masih bertahan sampe skrg, mohon doanya buat tmn2 smw wlwpun saya krg maksimal rawat dia, smoga dia ttp hidup. Amin karena gak ada lg yg mw adopsi kucingnya selain saya

  7. Ka kemren aku punya kucing umur 1 mingguan, di tinggal induknya. Disini petshop gk ada, jadi ku beli susu sgm soya 0-6 bln , tapi gk gemuk” kucingnya ka. Malah kurus trus ka karna udh habis susunya ku ganti sma susu agm ananda 0-6bln. Sekrang umur nya udh 1 bulanan, tiba” dia gk mau minum susu ka. Tidur nya pun gampang kali, biasanya tunggu di buat bantal anget baru mau tidur. Jadi aku panik ka,
    Kemaren pun ka aku ada makan ikan teri gitu dia kek kepancing tpi gk dimakannya,
    Jadi gimana ya ka?

  8. Aku ada anak kucing usia 25hr, udh bisa poop tapi cair apakah itu normal? Soalnya saya trauma anak kucing sy sblmnya mati karna mencret2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.