4 Macam-Macam Genre Musik dan Ciri-Cirinya Berdasarkan Peminatnya di Indonesia

4 Macam-Macam Genre Musik dan Ciri-Cirinya Berdasarkan Peminatnya di Indonesia

MACAM-MACAM GENRE MUSIK – Tidak semua macam-macam genre musik di dunia masuk ke Indonesia. Dengan mempertimbangkan kearifan lokal, maka musik seperti shoegaze, steampunk, lo-fi, hi-NRG, regstep, dan liquid dub hampir-hampir tidak terdengar di telinga pecinta musik Tanah Air. Berdasarkan popularitasnya, ada 4 jenis musik yang selalu disambut hangat. Apa saja?

[toc]

Macam-macam Genre Musik

Ada banyak macam genre musik yang terdapat di seluruh dunia. Masing-masing dari genre musik tersebut juga memiliki banyak peminatnya tersendiri. Bahkan beberapa genre musik juga memiliki fans fanatik yang tak kalah garang dari tim sepakbola.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Berikut ada macam-macam genre musik berikut ciri-ciri dan juga penjelasan singkatnya. Selamat membaca!

Genre Musik Dangdut

macam-macam genre musik
pixabay.com

Musik dangdut tidak hanya digemari oleh kaum tua. Anak-anak hingga remaja pun banyak sekali yang antusias menyanyikan lirik lagu dangdut.

Bila bicara dangdut, maka tidak lengkap rasanya kalau tidak mengingat nama Rhoma Irama, Mansyur S, Meggy Zakaria, atau Rita Sugiarto. Mereka adalah ikon musik dangdut Tanah Air yang tidak tergantikan.

Semula, musik dangdut ini merupakan hasil kawin antara musik india dengan melayu. Kedua musik tersebut memiliki cengkok yang khas. Bahkan tidak bisa dimasuki oleh jenis musik lainnya.

Musik melayu pangkal nada tinggi dan panjang. Sementara musik india khas dengan cengkoknya. Keduanya dikawinkan sehingga melahirkan musik dangdut yang khas dengan suara kendangnya.

Salah satu dari macam-macam genre musik ini sangat familiar. Umumnya diminati kalangan menengah-bawah. Oleh karena itu, musik ini dikenal dengan musik yang merakyat.

Coba sekali-kali singgah ke desa. Begitu ada acara besar, hampir selalu musik dangdut yang diputar. Kemudian sebagian penonton akan naik panggung dan bergoyang bersama biduan.

Genre Musik Pop

macam-macam genre musik
pixabay.com

Siapa anak muda yang tidak kenal dengan jenis musik ini? Ciri khas musik ini terdapat pada alur lagu dan nada yang mudah diikuti. Maka tak heran kalau mayoritas lirik yang menyertainya kelihatan sepele dan diulang-ulang. Soalnya, mereka menyasar pada kalangan anak muda yang baru tumbuh dewasa. Hanya sebagian musik pop yang berlirik berat; Iwan Fals, misalnya.

Dalam perkembangannya, genre musik pop kini telah melebur dengan aroma lain. Tema yang dibawakan turut mempengaruhi inovasi musik pop Indonesia. Sebut saja musik religi. Meski isinya memuat kultur islami, tetapi masih menggunakan pakem musik pop yang ada. Kolaborasi itu pun terjadi antara pop dan dangdut yang kian marak akhir-akhir ini.

Genre Musik Klasik

macam-macam genre musik
pixabay.com

Mungkin pada beberapa dekade sebelumnya, saat macam-macam genre musik semakin bervariasi, musik ini kurang mendapat simpati atau minat.

Tetapi, seiring perkembangan kultur di Indonesia, musik klasik mendapatkan banyak tempat di hati pendengarnya. Banyak di antara mereka yang penasaran dan bertanya-tanya, “Bagaimana sih rasa musik tempo dulu?”

Nyaris semua penikmat musik yang baru mencicipi musik klasik bakal melongo. Rupanya rasa musik klasik di luar bayangan.

Kebanyakan hanya berupa instrumen musik saja dan minim vokal. Beberapa komposer yang cukup terkenal antara lain Mozart, Sebastian Bach, Antonin Dvorak, Beethoven, hingga Gioacchino Rossini.

Kalangan yang sukanya hidup serba praktis hampir tidak bisa menikmati betul-betul musik klasik ini. Namun, bagi kalangan terpelajar hingga masyarakat kelas atas justru gandrung.

Pasalnya, musik klasik sangat manjur untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Di Indonesia, penerapan musik ini sering dikondisikan pada anak-anak sekolah.

Genre Musik Tradisional

macam-macam genre musik
pixabay.com

Musik ini hampir Selalu ada di setiap daerah. Di mana pun berada. Sebab, musik ini ada karena tradisi turun-temurun.

Bisa jadi musik ini diciptakan puluhan tahun lalu, ratusan tahun, bahkan mungkin ribuan tahun yang lalu. Asalkan masih dipopulerkan oleh warga setempat, keberadaannya tidak akan hilang. Mayoritas, nyaris tidak diketahui siapa pengarangnya.

Di Indonesia ada yang cukup terkenal. Namanya musik gamelan. Asalnya dari Jawa. Musik ini merupakan keterpaduan antara bunyi bonang, kenong, gong, hingga angklung.

Selain jadi sarana untuk hiburan, musik ini menyimpan daya magis yang jarang dimiliki musik lain. Jadi, hampir seperti musik klasik, musik ini sanggup membawa pendengarnya ke dalam fase trance.

Cintailah musik, maka kehidupan akan turut mencintai. Dengan musik, jiwa akan terstimulasi dengan baik. Apa pun macam-macam genre musik yang diputar, asalkan pas dan cocok, sangat mampu jadi sumber energi tambahan untuk berbagai proses kreatif. Dengan musik, jiwa yang semula kendur bisa berubah jadi penuh semangat seiring kenikmatan atas musik itu.


Itulah macam-macam genre musik yang ada di dunia. Jika kamu ingin lebih tahu tentang seni musik bisa baca artikel TekoNeko sebelumnya ya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.