7 Contoh Lukisan Romantisme dan Keterangannya

7 Contoh Lukisan Romantisme dan Keterangannya

Lukisan Romantisme – Terdapat banyak aliran dalam seni rupa yang masing-masingnya memiliki ciri khas dan keunikan sendiri. Sebelumnya sudah dibahas mengenai contoh lukisan naturalisme yang menarik perhatian para penikmatnya. Sekarang saatnya kita beralih untuk mengetahui lebih banyak tentang aliran seni lukis lainnya, yaitu aliran romantisme.

Mengutip dari Wikipedia, yang disebut dengan Romantisisme merupakan sebuah gerakan dalam seni, sastra, dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat di abad ke-18 pada saat Revolusi Industri terjadi. Gerakan atau aliran ini sebagiannya merupakan sebuah revolusi untuk melawan norma-norma kebangsawanan, sosial, serta politik dari periode Pencerahan dan juga reaksi dari rasionalisasi dalam seni dan sastra terhadap alam.

Pengertian Aliran Romantisme dalam Seni Rupa

Romantisme merupakan aliran seni rupa yang menyajikan nilai-nilai fantastis, irasional, indah, dan absurd. Biasanya lukisan beraliran ini mengisahkan cerita romantis atau dramatis. Ciri-cirinya karya seni beraliran romantisme ialah permainan warna yang nampak lebih meriah, sedikit objek, dan terdapat objek berupa pria yang gagah atau wanita yang lembut. Tokoh-tokoh yang menganut aliran romantisme antara lain Raden Saleh, Theobore, dan Gerriwult.

Aliran romantisme juga merupakan aliran yang tertua dalam sejarah dunia seni lukis. Awal kemunculan seni lukis beraliran ini ialah pada akhir abad ke-18, dimana saat itu konsepnya berupa penekanan pada kedalaman sebuah emosi atau perasaan yang dimiliki manusia pada umumnya dan pada pelukis khususnya.

Umumnya seniman atau pelukis yang beraliran ini memiliki kedalaman sebuah pemikiran yang sama sekali tak bisa diduga. Sebabnya karena ia memiliki kemampuan untuk mengedepankan emosi dalam hasil akhir dari setiap karyanya.

Seni lukis beraliran romantisme berkembang pesat di Perancis yang merupakan negara asal dari kata romantisme itu sendiri. Untuk sejarah seni rupa modern, Indonesia memiliki seorang pelukis yang namanya terkenal dalam aliran ini, yakni Raden Saleh.

Penjelasan Tentang Aliran Romantisme

Sebuah karya seni beraliran romantisme memiliki ciri khusus yang menjadi keunikannya tersendiri dibanding aliran yang lain. Ciri tersebut ialah lukisan beraliran romantisme memiliki komposisi yang tak statis yang mana komposisi terbesarnya ialah kesan dramatis. Kesan dramatis terangkat jelas akibat dari perpaduan warna yang didominasi warna gelap dan terang.

Nama pelukis yang cukup terkenal dalam aliran ini seperti Theodore Gericault yang merupakan seniman terkenal dari Perancis. Selain itu ada juga tokoh bernama Eugene Delacroix yang emosinya begitu nampak terluapkan di dalam hasil karyanya. Masing-masing dari mereka memiliki ciri khas sehingga membuat mereka terkenal di mata dunia.

Sudah umum diketahui bahwa dunia seni merupakan dunia imajinasi yang kadang tak memiliki aturan pasti untuk kemudian menjadi garis batasan di dalamnya. Dunia seni penuh dengan kebebasan bagi seseorang yang ingin menuangkan hasil karyanya. Oleh sebab itu dibanding dengan aliran lainnya, romantisme bisa dibilang merupakan yang paling mudah untuk dipahami oleh khalayak umum.

Lukisan Romantisme Karya Raden Saleh

Berikut adalah 7 buah lukisan beraliran romantisme karya pelukis terkenal asal Indonesia, yaitu Raden Saleh.

galeri-nasional.or.id
galeri-nasional.or.id

Kapal Dilanda Badai (Raden Saleh – 1837)

lelang-lukisanmaestro.blogpsot.com
lelang-lukisanmaestro.blogpsot.com
coboyjadoel.blogpsot.com
coboyjadoel.blogpsot.com
lelang-lukisanmaestro.blogpsot.com
lelang-lukisanmaestro.blogpsot.com

“Lion, Horse and Snake” by Raden Saleh, Year: 1811 – 1880. ”

lelang-lukisanmaestro.blogpsot.com
lelang-lukisanmaestro.blogpsot.com

“Arab attacked by Lion” by Raden Saleh, Year: 1811 – 1880. ”

mengenangradensaleh.wordpress.com.
mengenangradensaleh.wordpress.com.

“Penangkapan Pangeran Diponegoro” karya Raden Saleh (1857).

lelang-lukisanmaestro.blogpsot.com
lelang-lukisanmaestro.blogpsot.com

Salah satu lukisan karya Raden Saleh berjudul ” Berburu (Hunt), 1811-1880″ media lukisan cat minyak diatas canvas, dikoleksi oleh Museum Mesdag, Belanda.


Itulah beberapa contoh lukisan romantisme yang bisa dijadikan sebagai referensi kamu dalam kegiatan melukis. Kamu perlu tahu beberapa aliran lukisan lain seperti lukisan abstrak atau lukisan naturalisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.