5 Fakta Unik Kucing Scottish Fold Berikut Ini Bikin Kamu Kebelet Pengen Piara

5 Fakta Unik Kucing Scottish Fold Berikut Ini Bikin Kamu Kebelet Pengen Piara

Kucing Scottish Fold – Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sering dijadikan manusia sebagai peliharaan. Interaksi antar manusia dan kucing sudah berlangsung sejak lama dan bahkan peradaban Mesir Kuno menganggap kucing sebagai dewa mereka.

Sekarang ini kucing merupakan hewan yang memiliki banyak jenis. Mulai dari kucing yang memang cocok dijadikan sebagai peliharaan atau bahkan kucing yang tidak layak dijadikan sebagai teman bermain seperti kucing hutan yang sebagian besar masih buas.

Salah satu jenis kucing yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah jenis Scottish Fold. Kucing kecil dan imut ini dikenal karena memiliki fakta unik tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis kucing lainnya di dunia.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Nah, apa saja fakta tersebut? Berikut adalah 5 fakta unik tentang kucing Scottish Fold yang akan membuatmu kebelet pengen memeliharanya walau cuma seekor di rumah.

1. Namanya berasal dari ciri khasnya

kucing scottish fold
www.pets4homes.co.uk

Kata Scottish berarti kucing ini berasal dari negara Skotlandia yang ada di Britania Raya, sedangkan Fold merujuk pada bentuk telinga kucing ini yang terlipat/fold dan tampak sangat menggemaskan. Bentuk wajahnya yang bulat, dengan tubuh yang gempal, serta telinga yang terlipat membuat kucing Scottish Fold terlihat sangat lucu.

2. Terlahir dengan telinga lurus

kucing scottish fold
wallpaperfolder.com

Tahukah kamu bahwa semua kucing jenis ini terlahir dengan telinga yang normal tak terlipat sama sekali. Persis seperti kucing yang lain, telinga Scottish Fold berbentuk lurus sejak lahir.

Akan tetapi, setelah anak kucing tersebut berusia 3-4 minggu, suatu kelainan atau disebut mutasi genetik terjadi pada kucing ini. Voila! Jadilah telinga kucing ini terlipat sendiri dan selamanya.

3. Berganti nama jika telinganya lurus

kucing scottish fold
www.pets4homes.co.uk

Bagi kucing biasa, adalah suatu kelainan dan dianggap tak normal jika telinganya terlipat. Namun sebaliknya, jika anak Fold telinganya tetap lurus hingga 3-4 minggu maka ia akan dianggap tidak normal.

Anak kucing tersebut akan menyandang nama Straights/lurus akibat ‘kelainan’ dari ‘kelainan’ tersebut. Kemungkinan kejadian seperti ini memang sangat kecil terjadi, namun dari beberapa kelahiran mungkin saja terjadi.

4. Posisi tidur dan duduk yang unik

kucing scottish fold
oktavianiputri7.blogspot.co.id

Salah satu keunikan dari kucing jenis ini adalah posisinya saat tidur yakni dalam keadaan terlentang. Selain itu, gaya duduk kucing ini pun sangat terkenal di kalangan para pecinta kucing.

Saat duduk, posisi kaki belakang kucing ini terentang serta kaki depannya tepat berada di depan perut mereka. Posisi duduk Scottish Fold tersebut terkenal dengan sebutan “Posisi Buddha”.

5. Memiliki sifat yang sangat bersahabat dan aktif

Selain ramah terhadap pemiliknya, kucing Scottish Fold juga memiliki perhatian dan kasih sayang yang lebih terhadap hewan peliharaan lain. Jika kebetulan kamu punya peliharaan lain, cobalah lihat kemungkinan besar ia akan sangat mudah bersahabat dengannya.

Kucing Scottish Fold juga sangat aktif bermain berbeda dengan kucing lain yang lebih suka diam, damai, dan tenang di dalam rumah. Ajak ia bermain di luar ruangan dan ia pasti sangat aktif bergerak kesana kemari. Hal ini mungkin disebabkan karena tingkat intelegensinya yang tinggi dan membuat rasa ingin tahunya juga tinggi.


Masih banyak jenis kucing lucu lainnya yang bisa kamu pelihara di rumah. Jangan lupa untuk memberikan kasih sayang kepada kucing peliharaan kita agar ia bahagia. Selain memberikan kasih sayang kita juga harus memperhatikan hal-hal eksternal seperti keadaan kandang yang nyaman.

Desain kandang kucing buatan sendiri yang sesuai akan mempengaruhi mood dari kucing kita nantinya. Usahakan selalu memberikan yang terbaik untuk kucing kesayangan kita, ya.

See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.