5 Hal tentang Klasifikasi Kucing dari Kingdom sampai Spesies

KLASIFIKASI KUCING – Sudah berapa lama Anda mengenal kucing? Sejak kecil? Tapi sudahkah Anda tahu klasifikasi kucing mulai dari kingdom hingga spesiesnya? Untuk itu, mulai sekarang selamilah dunia kucing lebih dalam kalau Anda memang pecinta kucing.

Hampir sama dengan binatang lainnya, kucing juga punya sisi historisnya sendiri. Kucing memiliki evolusi reproduksi yang panjang untuk bisa bertahan hingga sekarang. Selengkapnya, inilah 5 hal tentang kucing dari kingdom hingga spesies.

1. Kucing Berasal dari Kingdom Animalia

Nama lain dari kingdom animalia adalah sebutan “hewan”. Ciri utama untuk membedakan antar kingdom salah satunya adalah dari caranya makan. Binatang yang tergabung dalam kingdom animalia tidak bisa menghasilkan makanan sendiri.

Tidak seperti tumbuhan yang memiliki kemampuan fotosintesis ketika pagi hingga sore hari. Namun keduanya sama-sama membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Ciri lainnya bisa dilihat dari struktur tubuh utamanya.

Dalam kingdom animalia hanya ada 2 perbedaan berdasarkan struktur tubuhnya, yakni hewan bertulang belakang dan hewan tak bertulang belakang. Pada pembedaan ini, kucing tentu menempati ciri yang kedua alias vertebrata.

2. Kucing Berasal dari Filum Chordata

Filum memiliki makna sebagai golongan besar klasifikasi hewan menurut sifat dasar tertentu. Filum chordata memiliki 4 klasifikasi utama. Pertama, hemichordata. Ciri kelompok ini memiliki tubuh yang memanjang, punya insang, dan lainnya. Contohnya cacing laut.

Kedua, urochordata. Ciri kelompok filum ini memiliki tubuh pendek dan tebal layaknya kulit. Sifatnya hermafrodit atau berkelamin ganda. Contohnya molgula sp. Ketiga, cephalochordata. Cirinya berbentuk kecil, pipih memanjang, dan mirip ikan.

Terakhir, vertebrata. Inilah kelompok yang ditempati oleh kucing dan golongannya. Cirinya memiliki ruas tulang belakang, hidup di darat, air tawar, dan juga laut. Klasifikasi kucing vertebrata juga bisa bernapas dengan paru-paru, insang, maupun kulit.

3. Kucing Berasal dari Kelas Mamalia

Pasti sudah tidak asing lagi dengan kelas ini. Mamalia adalah kelas binatang yang menyusui anaknya. Ciri-cirinya mobilitas tubuhnya bisa berjalan, berenang, maupun memegang sesuatu. Mamalia memiliki sifat khusus seperti adanya kelenjar susu.

Pada bagian jarinya memiliki cakar maupun kuku. Alat pernapasan utamanya adalah paru-paru. Sementara kucing kalau digolongkan secara ordonya, maka dia masuk ordo karnivora atau pemakan daging. Tapi kadang-kadang mau makan tumbuhan untuk camilan.

4. Kucing Berasal dari Genus Felis

Genus ini hanya diisi oleh kucing saja, dengan keluarga felidae. Sebarannya terdiri dari kucing domestik dan juga kucing liar. Baik di wilayah benua Asia, Afrika, maupun Eropa. Genus felis didominasi oleh kucing kecil.

Genus ini masih digolongkan menjadi beberapa felis, yakni felis chaus (kucing hutan), margarita (kucing pasir), nigripes (kucing berkaki hitam), silvestris (kucing liar), catus (kucing domestik), dan bieti (kucing gunung China).

5. Kucing Berasal dari Spesies Felis SilvestrisCatus

Berdasarkan klasifikasi sebelumnya, felis silvestris adalah kucing liar. Sementara felis catus merupakan kucing domestik. Jadi kucing yang selama ini berada di sekeliling Anda adalah perpaduan antara keduanya. Tidak heran kalau mereka jinak, tetapi juga punya naluri ganas.

Spesies ini sama sekali tidak berbahaya asalkan tidak pernah menyinggung perasaannya. Berdasarkan populasinya, felis silvestris-catus memiliki persebaran terbanyak di dunia. Soalnya masa reproduksinya cenderung singkat dan bisa beranak dalam jumlah banyak.

Tidak mengherankan ketika Anda jalan-jalan ke mana pun akan menemui spesies ini. Tak jarang pula ada yang telantar atau tidak ada yang merawatnya. Ketika kucing dibiarkan berkeliaran sesuka hati, nalurinya sebagai kucing liar bangkit saat itu juga.

Maka, sayangilah kucing Anda di rumah. Perjalanan untuk mencapai ukuran tubuh dan sifat yang familiar seperti sekarang berjalan sangat lama. Setelah mengetahui klasifikasi kucing tersebut, mudah-mudahan bisa memberi pengetahuan baru pada Anda tentang dunia kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.