Kepribadian Manusia Berdasarkan Jenis Hewan Peliharaan

Karakter Berdasarkan Hewan Peliharaan – Sebagian orang mempunyai hobi atau kesukaan untuk memelihara jenis hewan tertentu di rumahnya. Hewan tersebut dirawat sedemikian rupa dan dijadikan teman sepanjang hidup bahkan. Dari interaksi keduanya lalu terjalin suatu ikatan yang kemudian mewakili karakter si pemelihara tersebut.

Kita bisa mengetahui karakter seseorang tersebut dengan memperhatikan jenis hewan apa yang ia jadikan sebagai peliharaan saat itu. Ada berbagai studi yang telah dilakukan oleh segelintir peneliti yang kemudian menghasilkan pernyataan-pernyataan seperti yang akan kita bahas di bawah ini. Selamat membaca!

Sifat Pecinta Kucing

pixabay.com
pixabay.com

Bagi orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaannya, kemungkinan besar dapat dipastikan ia memiliki semua atau salah satu dari sifat berikut: suka berpetualang, kreatif, dan memiliki kepribadian yang labil.

Walaupun memiliki kepribadian yang tidak stabil, mereka memilki nilai tambah yaitu kecerdasan. Berdasarkan hasil studi Carroll University di Winconsin, pemilik kucing akan cenderung introvert dan non-konformis, namun memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

Peneliti dalam studi tersebut, Denise Guastello berpendapat bahwa manusia cenderung memilih jenis peliharaan berdasarkan karakter atau kepribadian mereka masing-masing. Sebagai contoh, seorang pemelihara kucing dianggap sebagai orang yang cenderung suka menutup diri, sangat berhati-hati terhadap orang lain, dan mandiri.

Para pecinta kucing senang dimanja dan juga senang memanjakan terutama pria. Mereka juga lebih suka bermalas-malasan di rumah, tak bertanggung jawab dan sulit mengambil keputusan.

Sifat Pecinta Anjing

pixabay.com
pixabay.com

Seorang pemilik anjing pada umumnya mempunyai tubuh yang sehat dan mudah beradaptasi jika sedang dalam tekanan. Mereka juga jarang didiagnosis mengalami depresi terutama yang masih belum berpasangan. .

Para peneliti mencoba berpendapat bahwa dengan adanya anjing di sampingnya dapat mengurangi rasa kesendirian serta mampu menciptakan perasaan yang hangat.

Berdasarkan data pada riset di tahun 2010, pemilik anjing cenderung menganggap diri mereka sebagai seorang yang ekstrovert, teliti, dan mudah setuju.

Sifat Pecinta Burung

pixabay.com
pixabay.com

Orang yang menjadikan burung sebagai hewan peliharaan menganggap dirinya sendiri sebagai orang yang supel dan penuh ekspresi melebihi pemilik anjing bahkan. Sifat ekstrovert yang ada pada diri mereka membuatnya mudah jatuh hati akan pekerjaannya.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Harris Interactive mendapati bahwa seorang pemilik burung biasanya bekerja di bidang periklanan, konstruksi, sales, atau administrasi.

Studi lain pada tahun 1983 menemukan bahwa seseorang yang memilki burung sebagai hewan peliharaannya menunjukkan suatu level dominasi yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat untuk berbagai jenis profesi.

 

Baca juga: 10 Jenis Reptil Unik Ini Bisa Kamu Jadikan Hewan Peliharaan Anti Mainstream

 

Sifat Pecinta Ikan

pixabay.com
pixabay.com

Tipe pemilik ikan merupakan cenderung memiliki sifat yang introvert namun mudah memikat hati orang lain. Selain itu, mereka juga memiliki gaya hidup dan nilai diri yang sangat beragam, sangat disiplin dan menyukai keteraturan.

Temuan yang didapat dari sebuah studi di University of Oregan menemukan bahwa kebanyakan pemelihara ikan memiliki sifat optimis, ramah serta memiliki harapan yang tinggi.

Pada dasarnya, pemelihara ikan merupakan seseorang yang berjiwa muda dan suka terhadap ragamnya budaya. Namun sisi negatifnya, mereka cenderung tertarik akan hal-hal materialistis mewah dan berjiwa agak liar.

Sifat Pecinta Serangga

pixabay.com
pixabay.com

Mereka yang memelihara serangga termasuk orang yang penuh dengan misteri. Sifatnya cenderung pesimis dan lebih suka menyendiri untuk menghabiskan waktunya bersama serangga kesayangannya.

Orang yang menjadikan serangga sebagai peliharaannya juga kadang terlihat membosankan dan suka mengeluhkan kehidupannya.

Sifat Pecinta Exotic Animal

pixabay.com
pixabay.com

Contoh hewan eksotis adalah ular, berang-berang, sugar glider, dan lain-lain. Hewan eksotis bisa dibilang merupakan satwa liar yang kemudian dijadikan hewan peliharaan secara ‘paksa’.

Oleh sebab itu, mereka yang suka memelihara hewan eksotis adalah orang yang mempunyai sifat pemberontak dalam dirinya. Bisa dibilang mereka juga orang yang sangat suka mencoba hal-hal yang baru sehingga memiliki banyak pengalaman.

Ditambah dengan sifat yang supel menjadikan mereka memilki banyak teman selama hidupnya. Tentu mereka juga memiliki sifat kehati-hatian yang tinggi dan perhatian yang besar sebagai nilai positif.


Adakah kecocokan pernyataan-pernyataan di atas mengenai karakter dirimu? Jika ada dan itu positif, pertahankan agar karakter tersebut mampu merubah hidup kita ke arah yang lebih baik. Namun jika itu negatif, rubahlah karakter tersebut sekarang juga dan ganti dengan kebiasaan yang baru.

One Reply to “Kepribadian Manusia Berdasarkan Jenis Hewan Peliharaan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.