Jenis Makanan Burung Kicau

Jenis Makanan Burung Kicau – Burung kicau akan memiliki suara indah sesuai dengan apa yang ia makan. Jadi sangat penting untuk memerhatikan jenis makanan yang dimakan oleh burung kicau apabila kamu mau mendapatkan suara yang indah.

Jenis makanan burung kicau di bagi menjadi 2, yaitu makanan burung dari hewani dan makanan burung dari nabati.

Makanan Burung Dari Hewani

Kroto

bebeja.com

Kroto adalah semut atau larva yang sangat disukai oleh burung-burung pemakan serangga seperti, burung jalak, burung kutilang, dan burung beo. Kroto pun mempunyai berbagai jenis yang berbeda.

Berikut ini adalah berbagai jenis kroto :

1. Kroto Basah

Kroto basah adalah semut larva yang masih baru, jadi masih mempunyai kadar air yang sangat besar, yaitu 78,72%. Dan kroto jenis ini sangat mudah busuk, apabila tidak di awetkan kroto basah hanya kuat disimpan selama 1 hari.

Kroto basah adalah jenis kroto yang paling disukai oleh burung pemakan serangga. Kroto ini bisa di awetkan dengan cara membungkusnya menggunakan kertas agar airnya masuk ke dalam kertas, lalu kroto dimasukan ke dalam pendingin. Dengan pengawetan ini kroto akan tahan selama 3 hari.

2. Kroto Halus

Kroto halus adalah makanan yang terdiri dari semut-semut pekerja yang ukurannya kecil dan besar. Kroto Halus bisa tahan hingga 1 minggu, tetapi jenis kroto ini adalah jenis yang paling tidak disukai oleh burung.

3. Kroto Kasar

Kroto kasar adalah makanan burung kicau yang berupa induk semut, dan semut-semut jantan. Kroto jenis ini pun bisa di simpan hingga 1 minggu.

4. Kroto kacang

Kroto kacang adalah campuran dari ke-3 jenis kroto di jadikan satu dan dicampurkan dengan makanan lainnya seperti kacang, jagung, atau beras klaten. Tetapi, dibandingkan dengan kroto lainnya, kroto kacang mempunyai kadar lemak paling tinggi yaitu 17,07%.

Serangga dan Ulat

sogantara.blogspot.com

Sebagian besar jenis burung kicau adalah burung pemakan serangga. Jadi lebih banyak orang yang menjual makanan burung berupa serangga dari pada makanan lainnya. Jenis serangga yang biasanya di jual adalah jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, dan ulat bambu.

Telur Ayam

youtube.com

Selain serangga burung kicau juga bisa memakan telur ayam. Telur ayam yang direbus bisa diberikan ke burung kicau terutama burung kicau anakan.

Cacing

jijihans.com

Selain itu, burung kicau sama dengan burung yang lainnya. Mereka tetap suka memakan cacing. Cacing yang bisa diberikan ke burung kicau adalah :

  • Cacing kristal atau cacing merah
  • Cacing fosfor
  • Cacing tanah
  • Cacing Bayam

Makanan Burung Kicau Dari Nabati

warna-warni-lovebird.blogspot.com

Buah – Buahan

Untuk buah-buahan yang akan dijadikan untuk makanan burung kicau sebaiknya buah yang matang pohon dan bukan yang matang karena di karbit. Biasanya Burung Kicau suka dengan buah pepaya dan pisang kepok.

Tetapi selain itu kamu juga bisa memberikannya buah buni, kersen, salam, palem dan beringin.

Sayuran

Burung-burung seperti kakak tua dan kenari biasanya menyukai makanan yang terbuat dari sayur. Dan biasanya sayuran yang diberikan adalah wortel, sawi putih, kangkung, toge dan oyong.

Biji-Bijian

Makanan biji-bijian terbagi menjadi 2, yaitu :

  • Biji Halus terdiri dari Milet, jewawut, kenari biji, beras ketan hitam. Biasanya burung yang menyukai jenis makanan ini adalah perkutut dan juga lovebird.
  • Biji Kasar terdiri dari Jagung kering, gabah, kacang hijau dan beras merah. Dan untuk makanan jenis ini yang menyukainya adalah Burung puter, burung tekukur dan juga ayam hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.