Ketahui 8 Jenis Kucing Persia Berikut Ini Sebelum Memilihnya Jadi Hewan Peliharaan Lucu Milikmu

Ketahui 8 Jenis Kucing Persia Berikut Ini Sebelum Memilihnya Jadi Hewan Peliharaan Lucu Milikmu

Jenis Kucing Persia – Merawat hewan peliharaan tentu hampir dilakukan oleh semua orang di dunia. Sebagian orang ada yang merawat jenis hewan peliharaan yang mudah dan berukuran kecil seperti ikan hias, ada juga yang lebih suka merawat hewan yang bisa membuat mereka senang saat diajak bermain bersama seperti kucing Persia.

Dikutip dari Wikipedia, kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki bulu/rambut yang panjang dengan bentuk wajah bulat dan bermoncong pendek. Namanya merujuk pada sebuah daerah bernama Persia yang merupakan nama lama dari Iran, negeri asal kucing serupa ditemukan.

Berikut akan dibahas 8 jenis kucing Persia yang patut kamu ketahui sebelum menjadikan sebagai hewan peliharaan tersayangmu nantinya. Selamat membaca.


1. Kucing Persia Tradisional/Persian Doll-Face


jenis kucing persia
pinterest.com

Jenis kucing ini adalah keturunan dari kucing Persia yang asli, yang berarti hasil perkawinanan antara dua kucing Persia yang original atau murni. Namun karena perkawinan kedua, maka keturunan kucing tersebut tidak disebut original melainkan tradisional.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Ciri khas utama dari kucing Persia ini adalah wajahnya yang tampak seperti wajah boneka/doll-face. Terlihat datar dan terkesan tanpa ekspresi sedikitpun layaknya boneka kucing. Bentuk hidungnya tidak pesek namun cenderung normal seperti kucing pada umumnya. Bulunya agak panjang dan cukup lebat. Kucing Persia jenis ini terbilang lebih lincah dan lebih suka diajak bermain dibanding jenis lain.


2. Kucing Persia Himalayan


jenis kucing persia
binatangpeliharaan.org

Jenis ini merupakan hasil perkawinan silang kucing Persia original dengan kucing Siam. Memiliki bentuk badan yang sama dengan kucing Persia original akan tetapi tampak sedikit lebih tegap karena ada gen dari badan kucing Siam.

Dalam ekspresi wajahnya, kucing Persia Himalayan ini ada perubahan, tampak lebih garang daripada kucing Persia original. Warna bulunya pun sangat unik, mirip kucing Siam dengan kombinasi cokelat dan putih.

Biasanya aksen coklat terdapat di bagian muka, telinga, ekor serta kaki bagian bawah. Bulunya tergolong masih panjang, begitupun kumisnya yang berwarna putih. Kucing Persia ini sedikit pemalas, kurang suka beraktivitas dan agak manja.


3. Kucing Persia Mini/Persian Tea-Cup Size


jenis kucing persia
zoonarea.com

Disebut juga kucing Persia “pocket” atau “pixie“. Penamaan mini dan tea-cup size tentu tidak lepas dari bentuk serta ukuran tubuh kucing ini yang sangat kecil. Ukuran badannya hanya sebesar sebuah cangkir teh berbahan porselen. Serius, bahkan ada yang lebih kecil dari itu.

Kejanggalan ukuran kucing jenis ini dikarenakan faktor persilangan turunan yang lebih dari lima kali. Hal tersebut mengakibatkan ukuran tubuh kucing Persia ini menjadi tidak wajar akibat dari mutasi genetik, layaknya kucing Scottish Fold yang telinganya terlipat.

Walaupun begitu, kucing Persia mini sangat terkenal di kalangan pecinta kucing. Ukurannya yang sangat kecil justru menjadi daya tarik karena membuatnya terlihat sangat imut dan menggemaskan. Bahkan kadang ekspresinya terlihat memelas dan tentu sangat mewakili kepribadian pemeliharanya.

Walhasil, ekspresi-ekspresi kucing Persia imut nan super kecil tersebut tak pernah disia-siakan oleh fotografer baik untuk sekedar mengisi album pribadi atau digunakan untuk proyek komersial.


4. Kucing Persia Hidung Pesek/Persian Flat Nose


jenis kucing persia
ahyarulmuslihin.blogspot.co.id

Kucing ini juga merupakan hasil perkawinan silang kucing Persia di atas lima generasi. Ukuran bentuk dan tubuhnya persis sama dengan kucing Persia lainnya.

Bedanya hanya terdapat pada bagian muka, berbentuk bulat dan terkesan chubby. Hidung kucing berukuran mungil dan pesek seperti namanya. Ekspresi wajahnya pun juga tampak menggemaskan.

Kucing ini sangat aktif bergerak dan cukup lincah. Rasa ingin tahunya sangat tinggi sehingga terkadang ia suka pergi bertualang kesana kemari. Akan tetapi, sifatnya agak pendiam dan cenderung malas berinteraksi dengan orang lain.


5. Kucing Persia Medium


jenis kucing persia
kaskus.co.id

Sebutan lainnya adalah kucing Persia modern. Jenis ini berasal dari peranakan kucing Persia yang telah mengalami beberapa kali persilangan.

Badannya tanggung dan bulunya tidak terlalu lebat layaknya kucing Persia lain. Warna bulunya kebanyakan berwarna putih bersih atau terkadang cokelat.

Kucing Persia medium tergolong kucing yang lincah, tapi juga kadang malas beraktivitas. Jika moodnya sedang bagus, ia malah cenderung jadi pendiam. Jenis kucing Persia ini termasuk yang cukup populer dijadikan hewan peliharaan.


6. Kucing Persia Chinchilla Longhair


jenis kucing persia
youtube.com

Ciri khas kucing Persia ini terdapat pada bulunya yang panjang. Warnanya dominan emas atau perak. Bentuk hidung bisa dibilang mancung dengan kumis yang panjang. Pada kasus tertentu, mata kucing Chinchilla berwarna biru atau hijau.

Kucing ini merupakan hasil persilangan sterling antara jenis kucing Persia yang berbeda. Cara perkawinan sterling tersebut hanya bekerja pada keturunan kucing Persia yang kelima.

Jenis kucing ini tidak diakui keberadaan oleh asosiasi kucing Persia internasional akan tetapi hanya diakui oleh asosiasi kucing Persia Afrika.


7. Kucing Exotic Shorthair/Persian American Shorthair


jenis kucing persia
petful.com

Corak dan bulunya yang pendek adalah hasil dari persilangan kucing Persia dengan kucing lokal/biasa. Walaupun begitu, kucing Persia Exotic Shorthair masih memiliki bentuk tubuh seekor kucing Persia, pendek dan agak berisi.

Ekspresi kucing ini tampak agak tempramental. Tampak bengal karena ukuran mata yang besar. Selain itu, kumisnya yang panjang dan jarang serta hidung yang tak mancung semakin menambah ‘kaku’ wajah kucing ini.

Namun, ciri-ciri unik tersebut justru membuatnya diminati untuk dijadikan hewan peliharaan dan menjadikan berada di urutan kedua menurut data asosiasi kucing Persia Internasional.


8. Kucing Persia Muka Rata/Persian Peke-Face


jenis kucing persia
www.pets4homes.co.uk

Kucing Persia satu ini memang agak kontroversial karena keberadaannya yang diragukan oleh asosiasi kucing Persia dunia. Alasannya karena letak tinggi hidung kucing ini tidak berada persis tepat di depan bawah mata.

Hidung kucing ini bentuknya normal hanya saja bentuk mukanya yang rata. Jika dilihat dari samping hidung dan mulut kucing ini tampak rata. Posisi hidungnya tepat berada di bawah mata, bahkan hampir berhimpitan.

Untuk ekspresi, kucing Peke-Face cenderung agak unik dan nyeleneh. Namun jika soal pergerakan, kucing ini termasuk aktif dan sangat suka diajak bermain.


Dari 8 jenis kucing Persia di atas, manakah yang menjadi favorit kamu jika nanti akan dijadikan sebagai hewan peliharaan. Masih banyak jenis-jenis hewan yang bisa kamu jadikan peliharaan, referensinya bisa kamu baca ada di sini. Pikirkan baik-baik yang mana jenis hewan kesukaanmu dan yang sesuai dengan kepribadianmu.

Terimakasih sudah berkunjung dan membagikan artikel di TekoNeko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.