Jenis-jenis Tanah Beserta Ciri-ciri dan Gambarnya [Lengkap]

Jenis-jenis Tanah – Jika didefinisikan, tanah ialah lapisan dari permukaan bumi yang secara fisik fungsinya untuk tumbuhnya tanaman/pohon yang memasok kebutuhan air dan udara.

Secara kimiawi tanah berguna sebagai cadangan dan penyuplai zat hara atau nutrisi (senyawa organik dan anorganik sederhana dan unsur-unsur esensial seperti: N, P, K, Ca, Mg, S, Cu, Zn, Fe, Mn, B, Cl).

Secara Biologi, tanah juga berperan sebagai habitat organisme (biota) yang aktif dalam penyediaan hara dan zat aditif bagi tanaman.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Ketiganya saling berkaitan secara integral dapat menunjang produktivitas tanah agar bisa menghasilkan biomas dan produksi tanaman pangan, obat-obatan, perkebunan, maupun kehutanan.

Jenis-jenis Tanah dan Ciri-cirinya

Jenis-jenis Tanah Beserta Ciri-ciri dan Gambarnya [Lengkap] 1
pixabay.com

Tanah mempunyai peran sangat vital bagi keberlangsungan hidup di bumi karena telah mendukung kehidupan tumbuhan.

Struktur tanah yang berongga juga bisa menjadi tempat baik bagi akar untuk bernafas. Makhluk-makhluk mikroorganisme juga hidup di dalam tanah.

Kali ini Ciriciri.ID akan membahas tema yang cukup menarik yaitu mengenai kumpulan jenis-jenis tanah dan ciri-cirinya lengkap. Langsung saja kita bahas secara rinci dan detail agar kamu mudah mempelajarinya.

Tanah Aluvial

Jenis-jenis Tanah Beserta Ciri-ciri dan Gambarnya [Lengkap] 2
pengertianilmu.com

Tanah ini berasal dari endapan lumpur di sungai dan banyak ditemukan di sekitar lembah, bantaran sungai, pertemuan sungai dan laut, kaki gunung, atau dataran yang sering dilanda bencana banjir (flood plains).

Tanah aluvial sangat subur juga cocok digunakan untuk menanam padi, palawija, tembakau, karet, tebu, kopi, dan kelapa. Ciri-cirinya adalah berwarna kelabu dan peka terhadap erosi.

Tanah Vulkanis (Andosol)

Jenis-jenis Tanah Beserta Ciri-ciri dan Gambarnya [Lengkap] 3
satujam.com

Tanah andosol (tuff) berasal dari pelapukan debu vulkanis letusan gunung merapi dan juga material lainnya. Tanah ini banyak ditemukan di daerah gunung merapi terutama yang pernah meletus. Ciri-cirinya adalah berwarna kelabu atau kuning juga peka terhadap erosi.

Tanah Humus

Jenis-jenis Tanah Beserta Ciri-ciri dan Gambarnya [Lengkap] 4
pixabay.com

Tanah jenis humus adalah sisa pelapukan tumbuhan yang sudah diuraikan oleh makhluk organisme kecil dalam tanah.

Humus dapat memulihkan zat kimia yang berguna bagi tanah sehingga tanah ini sangat subur dan cocok untuk pertanian.Cirinya adalah memiliki warna hitam, mengandung banyak organik dan juga mudah basah.

Tanah Kapur (Terraroza)

Jenis-jenis Tanah Beserta Ciri-ciri dan Gambarnya [Lengkap] 5
lu-nu.blogpsot.com

Jenis tanah berikutnya adalah tanah kapur yang berasal dari pelapukan batuan kapur yang banyak ditemukan di wilayah pegunungan kapur.

Bahan yang terkadung di dalam tanah ini mengakibatkan tanaman jati cocok ditanam di sana. Karakteristik dari tanah ini adalah berwarna putih kecoklatan, teksturnya keras dan tidak subur.

Tanah Laterit

Jenis-jenis Tanah Beserta Ciri-ciri dan Gambarnya [Lengkap] 6
fitriwow.blogpsot.com

Tanah laterit adalah tanah yang terbentuk karena terjadi pelarutan garam di dalam batuan sehingga terjadilah oksidasi besi dan alumunium.

Pelarutan air hujan terjadi di daerah dengan suhu tinggi lalu mineral yang larut dibawa air ke daerah yang lebih rendah.

Tanah laterit kurang cocok untuk tanaman karena kurang subur dan mengandung banyak zat besi serta alumunium. Namun untuk palawija, holtikultura dan karet masih bisa ditanam di sana.

Tanah Gambut (Organosol)

Jenis-jenis Tanah Beserta Ciri-ciri dan Gambarnya [Lengkap] 7
goalterzoko.blogpsot.com

Tanah gambut yaitu jenis tanah yang awalnya dari bahan organik (tumbuh-tumbuhan) yang habitatnya ada di rawa dan mengalami proses pembusukan tidak sempurna.

Ciri utama dari tanah ini adalah mempunyai tingkat keasaman yang tinggi, tidak subur, dan tidak baik untuk lahan pertanian.


Itulah beberapa jenis-jenis tanah dan ciri-cirinya yang bisa kamu pelajari dan gunakan untuk mengerjakan tugas sekolah. Jangan lupa untuk membaca artikel edukasi menarik lainnya di Ciriciri.ID. Terima kasih dan Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.