Hidrogel – Media Tanam Pengganti Tanah yang Unik, Menarik, dan Penuh Warna

Hidrogel – Media Tanam Pengganti Tanah yang Unik, Menarik, dan Penuh Warna

Hidrogel – Tanah merupakan media tanam yang umum kita kenal dari dulu hingga sekarang. Penggunaan tanah untuk pertanian atau perkebunan sendiri dilakukan di hamparan yang membentang luas di suatu daerah tertentu.

Jika tanah digunakan untuk keperluan penanaman di dalam ruangan, beberapa kendala biasanya akan timbul. Sebagai contoh, keperluan penyiraman air setiap hari atau pemupukan yang apabila dilakukan akan mengotori ruangan yang kita pakai tersebut.

Oleh karena itu, sebuah penemuan baru yang mempermudah urusan tersebut telah ditemukan, yaitu hidrogel. Benda bertekstur kenyal ini sekarang sudah dipakai untuk mempermudah sistem pertanian di beberapa negara, karena sifatnya yang mampu menyerap air dan menyimpannya selama beberapa waktu.

Namun, apa sebenarnya hidrogel, bagaimana bentuk, cara penggunaannya serta dampak pemanfaatannya kini? Artikel berikut akan menjelaskan tentang beberapa hal yang menyangkut hidrogel.

Apa Itu Hidrogel?

hidrogel
cucimatakalibata.blogspot.com

Hidrogel merupakan sejenis karet yang tingkat kekenyalannya hampir mendekati agar-agar. Selain itu, hidrogel juga memiliki kemampuan menyerap air hingga 100-200 kali ukurannya.

Menurut Wikipedia, hidrogel adalah suatu jaringan rantai-rantai polimer berbentuk kristal yang mudah menyerap air (superabsorbent polimer), sehingga di dalamnya mengandung air hingga 99%.

Kristal-kristal pada hidrogel tampak seperti butiran-butiran kecil kwarsa dan mirip seperti cabikan jeli jernih bila air ditambahkan.
Hidrogel terbentuk dari bahan-bahan berupa polyvinyl alcohol, natrium polyacrylate, polimer acrylate lain serta co-polymer dan kelompok hydrophilic (pengikat air) yang melimpah.

Benda ini ditemukan oleh ilmuwan Swiss pada tahun 1978 dan digunakan pertama kali di dunia kesehatan untuk operasi plastik, pengobatan luka bakar, lensa kontak, dan lain-lain.

Pada tahun 1990-an, negara Belgia dan Perancis mengembangkan penggunaan hidrogel untuk pertanian dan kultur jaringan. Di dunia pertanian, digunakan pertama kalinya lahan pertanian yang kering akibat jarang turun hujan.

Manfaat Penggunaan Hidrogel

hidrogel
hydrogel.info

Setelah ditemukan bahan ini, banyak orang yang telah memanfaatkannya untuk berbagai keperluan di dunia pertanian dan perkebunan karena memberikan dampak yang positif, yakni sebagai berikut:

  1. Dapat mengurangi frekuensi penyiraman pada tanaman
  2. Meningkatkan pertumbuhan tanaman karena selalu tersedianya air dan nutrisi
  3. Menekan angka kematian pada tanaman
  4. Tidak mencemari lingkungan, karena diuraikan secara alami oleh mikroba menjadi H2O, CO2, serta komponen Nitrogen
  5. Memastikan tersedianya air sepanjang tahun
  6. Menekan hilangnya air akibat dari evaporasi dan leaching
  7. Mengurangi pencemaran lingkungan dan tanah
  8. Mampu membentuk aerasi udara yang bagus

Penggunaan Hidrogel di Indonesia

hidrogel
oprekteknology.blogspot.com

Di negara kita sendiri, hidrogel juga sudah dimanfaatkan untuk keperluan sebagai berikut:

  1. Sebagai media tanam untuk tanaman hias, dan bunga potong.
  2. Untuk dekorasi acara ultah, seminar, pernikahan.
  3. Bisa digunakan untuk campuran media tanah sebagai cadangan air.
  4. Untuk pertanian sistem hidroponik.

Bentuk-bentuk Hidrogel

Tidak seperti tanah dan air yang bentuk cenderung mengikuti tempatnya, hidrogel termasuk media tanam yang memiliki bentuk yang dapat dibuat-buat menjadi seperti:

1. Bentuk Kristal

hidrogel
id.aliexpress.com

Hidrogel ini sewaktu kecil akan terlihat seperti gula pasir, namun setelah direndam maka akan berbentuk seperti kristal. Di pasaran, hidrogel ini dijual dalam ukuran M dan L.

2. Bentuk Bulat

hidrogel
unikdanmewah.blogspot.com

Terlihat seperti kacang hijau sebelum direndam, berukuran M dan L saat dijual di pasaran.

3. Bentuk Kotak

hidrogel
m.dhgate.com

Hanya terjadi penambahan volume ukuran sebelum dan sesudah direndam. Di pasaran hanya dijual dalam ukuran L.

4. Bentuk Hewan

hidrogel
www.aliexpress.com

Ini adalah bentuk yang paling unik, yakni berbentuk hewan. Bentuknya lebih variatif dan ukurannya pun beragam dari S, M, L, dan XL

Jenis Tanaman yang Bisa Ditanam di Media Hidrogel

hidrogel
teman-tanam.blogspot.com

Tidak semua tanaman cocok ditanam dengan menggunakan hidrogel, berikut adalah beberapa tanaman hias yang cocok bersanding dengan hidrogel dan bisa kita letakkan di dalam rumah kita.

1. Aglaonema sp.

2. Scindapsus sp.

3. Cripthantus sp.

4. Pilea cadieri

hidrogel
hidrogelcheppy.blogspot.com

5. Cyperus sp.

6. Anthurium sp.

7. Sanciviera

Cara Menggunakan Hidrogel

1. Ada baiknya air yang digunakan untuk merendam hidrogel dicampur dengan pupuk daun dan hormon pertumbuhan akar berbentuk cair, sehingga mudah dilarutkan. Dosisnya sesuai dengan anjuran pemakaian dan takaran pemakaian hidrogel.
2. Sebungkus hidrogel seberat 10 gr direndam dengan air sebanyak 1,5 liter/5 gelas air.
3. Diamkan hidrogel selama 1-2 jam. Jangan direndam lebih dari 6 jam karena akan mereduksi unsur hara dan warnanya.
4. Jika sudah jadi, tiriskan sampai benar-benar kering selama kurang lebih 1-2 jam.
5. Hidrogel siap dipindahkan ke dalam botol selai, pot kaca, gelas bening, atau vas bunga transparan atau untuk campuran media tanam.

Perawatan Hidrogel

1. Jika nanti hidrogel mulai tampak menyusut (sekitar 1 bulan), semprot dengan handsprayer secukupnya ke seluruh bagian hidrogel secara merata, jangan sampai membuat genangan pada gelas karena beresiko membuat akar busuk.
2. Untuk hasil yang lebih sempurna, kita bisa merendam kembali hidrogel dari awal seperti langkah di atas atau dengan menggunakan air hangat saja dan direndam selama 30 menit
3. Bila hidrogel yang kita pakai terdiri dari banyak warna, pisahkan terlebih dahulu dalam wadah yang berbeda sebelum direndam.
4. Jangan terlalu sering merendam atau memegang hidrogel. Untuk perendaman cukup lakukan 1 kali dalam kurun waktu 1-2 bulan agar tidak merusak daya kembang hidrogel.
5. Usia warna hidrogel dan unsur hara sekitar 2 bulan lebih, jika warna memudar bisa direndam dengan pewarna kue dan diberi tambahan pupuk sesuai dosis.
6. Bila hidrogel berlumut dan berbau, keluarkan hidrogel dan bilas menggunakan air hangat hingga lumut hilang.
7. Untuk membersihkan hidrogel yang kotor atau terkena debu, cukup rendam dalam air hangat kuku selama 30 menit, tiriskan selama 1 jam dan masukkan kembali ke tempat semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.