10 Jenis Reptil Ini Bisa Kamu Jadikan Hewan Peliharaan Unik Anti Mainstream

hewan peliharaan unik

Hewan Peliharaan Unik – Bosan melihat hewan peliharaan yang biasa-biasa saja? Apakah kamu ingin merawat dan memelihara hewan yang berbeda dari yang lain? Jika kamu menyukai reptil dengan segala kelebihan dan kekurangannya, maka 10 jenis reptil di bawah ini layak kamu jadikan hewan peliharaanmu yang unik dan anti-mainstream. 

Selain itu, reptil-reptil unik ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu sahabat sejatimu layaknya hewan peliharaan lainnya. Lalu, apa sajakah reptil-reptil tersebut? Lanjutkan terus membacanya, ya.

1. Ball Phyton

hewan peliharaan unik
www.worldofballpythons.com

Walaupun memiliki nama phyton, namun ular ini tidak begitu mengerikan. Ular ini bisa dibilang berukuran sangat kecil dengan panjang tubuh antara 90-120 cm saja. Jika merasa terancam atau sedang mengalami tekanan, ular Ball Phyton ini akan meringkuk dan melingkarkan tubuhnya menjadi seperti bola.

Jika kamu ingin memelihara ular unik ini, sediakan tempat yang bersih serta hangat. Pakan Ball Phyton bisa berupa tikus yang diberikan satu kali dalam seminggu.

2. Monitor Lizard

hewan peliharaan unik
en.wikipedia.org

Menurut sebagian pecinta reptil, kadal yang satu ini merupakan reptil peliharaan yang paling indah. Jenis Monitor Savannah merupakan satu yang paling umum bisa kita temukan.

Kadal indah ini bisa kita pelihara dan kembangbiakkan di lingkungan rumah. Hewan peliharaan unik ini tergolong karnivora yang memangsa tikus yang bisa kita berikan dua kali dalam seminggu.

Reptil ini tergolong hewan yang cerdas, sehingga kita perlu membuatkan kandang yang sudah dibuat sedemikian rupa agar ia tidak melarikan diri.

3. Leopard Gecko

hewan peliharaan unik
www.leopardgeckocare.net

Kulitnya yang bergelombang membuat reptil unik ini menjadi salah satu hewan peliharaan unik dan favorit para penghobi reptil. Memelihara kadal ini pun terbilang sangat mudah karena ia bisa beradaptasi di situasi lingkungan apapun.

Leopard Gecko memiliki panjang tubuh antara 20-28 cm dan berat antara 45-65 gram. Makanan kesukaan kadal cantik ini adalah laba-laba dan jangkrik. Perlu kehatian-hatian saat memelihara seekor Gecko karena ekornya sangat mudah putus, walaupun nantinya akan tumbuh kembali.

4. Red Eared Slider

hewan peliharaan unik
turtleholic.com

Reptil bercangkang ini merupakan kura-kura yang hidup di air tawar dan sering disebut dengan kura-kura Brazil. Reptil ini memiliki ciri unik yang terdapat di samping kepalanya berupa tanda merah dan terlihat seperti telinga. Oleh sebab itulah, reptil ini disebut bertelinga merah/red-eared.

Merawat kura-kura ini tergolong sangat mudah jika kita tahu bagaimana caranya. Ada banyak persiapan yang perlu diperhatikan sebelum berkomitmen merawat seekor kura-kura Brazil. Untuk urusan makanan, kita cukup memberikan pakan berupa tumbuhan sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

5. Blue Tongue Skink

hewan peliharaan unik
pinterest.com

Mengapa dinamai Blue Tongue Skink? Tentu saja, karena lidah dari reptil unik ini berwarna biru. Fungsi lidah biru tersebut adalah untuk menakuti-nakuti pemangsa yang berniat menyerangnya.

Kadal omnivora ini tergolong hewan peliharaan yang easy going artinya mudah bergaul dan tidak takut terhadap manusia. Oleh sebab itu, memelihara hewan ini termasuk mudah untuk dilakukan karena mudahnya ia beradaptasi.

Reptil ini berasal dari benua Australia, dengan panjang tubuh sekitar 17-24 inci. Hal unik lain dari kadal ini adalah ia tidak berkembangbiak dengan cara bertelur tapi beranak. Seekor Blue Tongue Skink bisa bertahan hidup hingga 20 tahun.

Sangat cocok bukan untuk menemani hari-harimu?

 

6. African Sulcata Tortoise

hewan peliharaan unik
youtube.com

Reptil ini termasuk kura-kura darat terbesar di dunia. Kura-kura Sulcata juga tergolong hewan herbivora yang suka memakan buah-buahan.

Kura-kura ini memilki taji di kakinya yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Hewan peliharaan ini termasuk mudah dipelihara dan rata-rata beratnya bisa mencapai 80 kg.

Karena ukurannya yang cukup besar dibanding kura-kura jenis lain, maka sangat tidak cocok untuk memelihara reptil ini di dalam ruangan. Buatlah kandang untuk menangkar kura-kura Sulcata ini di luar rumah atau taman.

7. Russian Tortoise

hewan peliharaan unik
seattleturtleandtortoiseclub.com

Kura-kura ini agak sedikit berbeda dari reptil darat yang lain karena sifatnya yang pemalu. Panjang tubuh seekor kura-kura Rusia bisa mencapai 6-10 inci dengan bentuk tempurung yang bulat. Makanan hewan peliharaan ini ialah rumput dan gulma.

8. Chameleon

hewan peliharaan unik
weknowyourdreams.com

Jenis reptil yang bisa melakukan mimikri, yaitu mengubah warna tubuh sesuai lingkungannya ini sangat mudah sekali stres. Oleh sebab itu, hewan ini tergolong agak sulit untuk dipelihara di rumah.

Berbeda dengan reptil lain, bunglon tidak terlalu suka ada banyak campur tangan dari sang pemilik. Jenis bunglon yang layak dijadikan hewan peliharaan ialah Panther dan Veiled Jackson.

9. Corn Snake

hewan peliharaan unik
en.wikipedia.org

Ular Jagung termasuk hewan melata yang mudah dipelihara dan sama sekali tidak berbisa. Warna dan pola lurik pada ular ini terlihat sangat menarik dan menawan. Karena hal tersebutlah, ular ini bisa disebut sangat ‘eye catching’.

Saat diberi makan, ular ini sangat kalem dan tenang. Tubuhnya bisa mencapai panjang 1,2-1,8 meter. Makanan favorit ular ini adalah tikus sawah dan reptil ini mampu hidup hingga umur 23 tahun.

10. Bearded Dragon atau Pogona

hewan peliharaan unik
muezzblaz.blogpsot.com

Kadal ini berasal dari benua Australia dan biasanya dirawat dalam sebuah penangkaran. Reptil ini terbilang sangat ramah dan lembut. Panjang tubuh bisa mencapai 2 meter dengan warna kuning dan cokelat.

Lalu, mengapa kadal ini diberi nama Dragon Bearded/Naga Berjenggot? Karena jika merasa terancam, reptil ini akan me’mekar’kan lehernya sehingga tampak memiliki jenggot dan juga akan terlihat seperti naga.


Sudah menentukan pilihanmu? Apapun jenis reptil yang kamu pilih nanti, selalu berikan perawatan dan kasih sayang yang terbaik untuk mereka. Semoga kamu dan reptil unik kamu nantinya bisa menjadi sahabat sejati antar jenis makhluk hidup yang berbeda.

2 Replies to “10 Jenis Reptil Ini Bisa Kamu Jadikan Hewan Peliharaan…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.