Jenis dan Harga Vaksin Kucing Peliharaan Usia di Bawah 3 Bulan

HARGA VAKSIN KUCING – Anda memiliki kucing periharaan berusia kurang dari 3 bulan dari jenis Angora, Persia, atau kucing liar yang sudah dijinakkan? Jika punya, jangan lupa untuk memberinya vaksin. Harga vaksin kucing cukup terjangkau mengingat manfaat jangka panjang yang bisa diperoleh.

Sama halnya pada manusia, manfaat vaksin pada kucing yaitu agar kucing menjadi lebih kebal terhadap penyakit sehingga tidak mudah sakit. Dengan kata lain, membangun sistem imun yang didukung oleh asupan dari luar tubuh.

Ada beberapa jenis vaksin dengan variasi harga yang berbeda untuk bisa Anda berikan pada kucing peliharaan. Jika usianya masih di bawah 3 bulan, berikut jenis vaksin yang sangat dianjurkan untuk Anda berikan pada mereka.

Vaksin Tricat

Vaksin Tricat biasanya diberikan pada kucing peliharaan ketika usianya 7-10 pekan dan 12-14 pekan (pengulangan). Tapi, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menguji kelayakan kucing Anda mendapatkan vaksinasi ini.

Manfaat yang diberikan vaksin Tricat ini yaitu menghindarikan kucing Anda dari 3 penyakit yang sering menjangkiti kucing. Di antaranya yaitu, FPV (feline panleucopenia), FCV (feine calicivirus), dan FVR (feline viral rhinotracheitis).

Vaksin tricat bisa mencegah kucing Anda terkena ketiga penyakit yang bisa menyebabkan kucing mati mendadak ini. Gejala awalnya bisa dilihat dari demam tinggi yang menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf otaknya.

Harga vaksin Tricat bervariasi, yaitu mulai 85.000 sampai 150.000. Jadi, jika dihitung 2 kali pada tahun pertama, butuh biaya minimal 170.000. Sedangkan tahun-tahun berikutnya cukup sekali.

Vaksin Tetracat

Vaksin kedua yang penting untuk diberikan pada kucing Anda yaitu tetracat yang merupakan gabungan dari tricat dan chlamydia. Jadi, selain 3 penyakit yang disebabkan oleh bakteri, vaksin ini juga bisa mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus, yaitu chlamydia.

Jika 3 penyakit sebelumnya menyebabkan demam tinggi, maka chlamydia menyebabkan gangguan pernapasan pada kucing. Vaksin tetracat ini biasa diberikan pada kucing ketika memasuki usia 7-10 pekan.

Harga vaksin kucing yang satu ini mulai 150.000 sampai 200.000. Jadi, jika dihitung seperti vaksi tricat, yaitu 2 kali pada tahun pertama, butuh biaya minimal 300.000. Sedangkan tahun-tahun berikutnya cukup sekali dan butuh biaya minimal 150.000 saja.

Vaksin Rabies

Bukan hanya anjing dan monyet yang bisa terserang rabies dan harus mendapat vaksinasi untuk mencegah penyakit ini menjangkiti tubuh mereka. Sangat penting juga bagi kucing untuk melakukan vaksinasi rabies.

Rabies bisa menyerang sistem saraf, terutama otak dan saraf tulang belakang. Kemudian, jika hewan yang terkena rabies ini menggigit manusia, maka penyakit ini bisa ditularkannya melalui air liur yang masuk dalm luka gigitan yang dibuatnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal di daerah rawan rabies, penting bagi Anda untuk memberikan vaksin rabies ini pada kucing peliharaan Anda. Virus rabies biasa diberikan pada kucing berusia 20 pekan dan diulang kembali tahun depan.

Harga vaksin rabies lebih murah dari kedua vaksin lainnya, yaitu antara 30.000 sampai 100.000 (cukup sekali setahun). Setiap suntikan vaksinasi bisanya memberi efek terhadap tubuh kucing. Jadi, sangat penting bagi Anda memastikan tubuh kucing dalam keadaan fit.

Tujuannya yaitu agar kucing Anda bisa melewati efek yang ditimbulkan dari pemberian vaksin ini. Selain lebih galak atau sebaliknya, menjadi pendiam, kucing yang baru diberi vaksin juga akan mengalami gatal-gatal dan bengkak.

Semua harga vaksin kucing tersebut tentunya masih terjangkau untuk Anda bukan? Vaksin lainnya yang sangat disarankan untuk diberikan pada kucing Anda yaitu FeLV (feline leukemia virus). Segera vaksinasi kucing Anda sebelum kuman menjangkau mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.