Danau Seran Banjarbaru – Destinasi Indah yang Cantik Membiru

Danau Seran – Penampakannya yang cantik dengan air yang kelewat jernih plus ada aksen kehijau-hijauan menjadi daya pikat dari danau yang baru-baru ini jadi primadona untuk tempat eksis sebagian warga Kalimantan Selatan.

Jika berada di pinggir danau cantik ini, kamu bahkan bisa melihat indahnya sunset. Siapa sangka kalau dulunya danau tersebut merupakan sisa dari aktivitas tambang yang tak terurus. Hmmm…

Danau Seran Guntung Manggis

twitter.com

Adalah Danau Seran, sebuah genangan air besar bekas area tambang yang kini jadi trending topic para pengejar eksis dan narsis. Berlokasi di kelurahan Guntung Manggis, kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, danau sudah menjadi destinasi wajib jika kamu tak mau dibilang kudet dan kuper.

Traveler dari luar daerah mungkin tak akan menyadari bahwa Danau Seran dulunya adalah sisa penambangan yang terbengkalai tanpa adanya proses reklamasi. 

Berdasarkan data yang diambil dari beberapa sumber oleh TekoNeko, Danau Seran dulunya merupakan sisa penambangan yang dilakukan oleh PT. Galuh Cempaka dan warga sekitar lokasi danau tersebut berada. Sumber lain menyebutkan jika itu dulunya bekas tambang pasir.

Tapi, mau tidak mau “sesuatu yang terbuang” tersebut kini berubah jadi cantik dan elegan. Cobalah berkunjung di sore hari, kamu bisa melihat anggunnya matahari dengan langit jingganya mulai beranjak ke tempat peraduan. Sebab itulah, banyak anak muda yang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Eits, jangan lupa pesona lain dari danau ini. Air danaunya yang sangat jernih. Ketika melihatnya sudah dipastikan hasrat berenangmu pasti akan membuncah. Tapi, ingat selalu untuk mengutamakan keselamatan.

Berenanglah hanya di tepian danau dan jangan terlalu ke tengah. Sebabnya karena Danau Seran yang dulunya area bekas tambang dipastikan memiliki permukaan dasar yang tidak rata sehingga kemungkinan beresiko masuk ke sebuah lubang seperti sumur.

Kamu masih bisa menikmati indahnya danau ini dengan bermain di pinggirannya saja. Cukup bersantai di bawah pepohonan dan mengambil beberapa jepret foto. Dengan angle yang tepat dapat dipastikan kamu bakalan jadi eksis maksimal di danau cantik membiru di Banjarbaru tersebut, seperti foto para netizen yang diambil dari beberapa sumber berikut ini:

banjarbaruklik.com
banjarbaruklik.com
sarabanya.com

Rute Menuju Danau Seran

Berikut adalah alamat dan rute menuju lokasi danau cantik ini, cukup gunakan Google Maps ya. Kalau kamu traveler yang berasal dari luar provinsi atau luar area Banjarbaru, mungkin bisa langsung menggunakan jasa sewa mobil online.

Pengen jalan-jalan ke sana, yuk ajak travelling teman-teman kamu dengan membagikan artikel ini. Siapa tahu ada yang kepincut dengan indah dan birunya danau di Banjarbaru ini. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.