15 Contoh Sketsa Gambar Pemandangan dengan Pensil

Sketsa Gambar Pemandangan dengan Pensil – Sketsa merupakan gambar hasil karya seseorang yang umumnya tidak atau belum dijadikan sebagai hasil karya akhir. Sketsa dibuat dengan tujuan tertentu seperti: untuk merekam hal-hal yang dilihat oleh seniman bersangkutan, mengembangkan gagasan yang nantinya akan digunakan, atau cara singkat melukiskan atau menggambarkan prinsip, gagasan, atau citra.

Media yang digunakan untuk membuat sketsa bisa bermacam-macam. Pada media kering, sketsa bisa dikerjakan dengan menggunakan silverpoint, pensil, arang, pastel, atau grafit. Selain itu juga bisa menggunakan tinta dan pena, pena bolpoin, cat minyak dan cat air.

Sketsa yang menggunakan cat air dan cat minyak umumnya dikenal dengan sebutan “sketsa cat air” atau “sketsa cat minyak”. Untuk karya tiga dimensi, seorang seniman atau pematung bisa membuat sketsa dati plastisin, wax, atau tanah liat.

Macam-macam Jenis Media Membuat Karya Seni Rupa

Yang dimaksud dengan media dalam seni rupa ialah bahan, alat, serta teknik yang dipakai untuk membuat sebuah karya seni rupa. Adapun media untuk menggambar sebuah bentuk ialah:

Media Kering

Maksudnya ialah peralatan yang dipakai pada bidang gambar dengan media warna yang kering. Cara penggunaannya ialah dengan digoreskan secara langsung pada permukaan bidang gambar. Peralatannya antara lain sebagai berikut:

1. Pensil

Salah satu alat tulis yang sangat penting dalam menggambar sketsa objek atau gambar. Dalam merancang sebuah gambar bentuk bisa memakai pensil keras (hard) seperti HB.

Goresan yang dihasilkan dari pensil HB tak terlalu terang sehingga sangat pas untuk menggambar sketsa awal sebelum tahap penyempurnaan (finishing).

Tahap selanjutnya bisa menggunakan pensil lunak seperti 2B, 3B, 4B, 5B, dan 6B). Pensil jenis ini bersifat lunak dan menghasilkan kepekatan yang cocok untuk teknik arsir, blok, atau dussel.

2. Krayon

Bersifat lunak sehingga sangat pas untuk membuat gambar blok dan gradasi (kesan semburan warna) pada sebuah sketsa.

3. Spidol

Memiliki banyak macam pilihan warna dan sangat cocok untuk menggambar dengan teknik blok dan arsir.

4. Konte

Sejenis pensil yang berbahan lunak dan memiliki warna hitam pekat. Biasanya digunakan untuk membuat gradasi atau gambar benda yang memiliki tekstur halus.

5. Drawing Pen

Alat gambar yang umumnya digunakan untuk teknik arsir dan blok.

Media Basah

Yakni peralatan yang dipakai pada bidang gambar dengan media warna basah. Bahan warna umumnya tersimpan dalam sebuah tube, kaleng, atau botol. Peralatan dalam media basah yakni:

1. Cat Air

Alat gambar yang bisa digunakan menggambar dengan atau tanpa campuran air.

2. Cat Poster (Cat Plakat)

Hampir mirip dengan cat air, namun memiliki kepadatan dan kepekatan yang lebih sehingga pas untuk teknik blok.

3. Tinta Bak

Umum dikenal dengan nama tinta Cina, dan terbuat dari bahan cair yang pekat. Cocok untuk menggambar teknik siluet dan blok.

4. Cat Minyak (Acrylic)

Sangat pas untuk menggamabr memakai bidang gambar berupa kain.

5. Ecolin

Alat gambar yang terbuat dari bahan cair dan terdiri dari banyak pilihan warna. Sangat pas dalam menggambar teknik arsir, blok, dan gradasi warna.

Contoh Sketsa Gambar Pemandangan

Berikut ini 15 contoh sketsa gambar pemandangan yang dibuat menggunakan pensil yang bisa dengan mudah ditirukan oleh pemula. Sebelum memulai menggambar pemandangan, terlebih dahulu siapkanlah peralatan yang akan digunakan.

Sketsa Pemandangan Pantai

whimsy-floof.deviantart.com
whimsy-floof deviantart com

Gambar pemandangan di atas cukup mudah ditirukan oleh pemuda karena tidak terlalu banyak detail yang diaplikasikan ke atas kertas.

pinterest.com
pinterest

Gambar pemandangan berupa sketsa mercusuar di atas layak dijadikan latihan bagi kamu yang masih pemula dalam hal menggambar.

Sketsa Pemandangan Desa

dohm.pw
dohm pw

Siapa bilang membuat sketsa pematang sawah dengan menggunakan pensil itu susah? Gambar pemandangan sawah di atas bisa kamu tirukan dengan mudahnya berbekal sebuah pensil dan selembar kertas kosong.

montellorotaryclub.com
montellorotaryclub com

Penuh dengan guratan-guratan membuat kertas yang awalnya kosong kini nampak sebuah gambar pemandangan rumah di pedesaan. Walaupun tidak begitu detail, tapi sketsa di atas sudah cukup membuatmu terkesima, bukan?

sketchite.com
sketchite com

Sketsa gambar pemandangan rumah yang satu ini terlihat lebih sederhana, ya? Dengan mengambil sudut pandang yang berbeda kamu bisa menghasilkan sketsa yang juga lain dari yang lain.

bisnismuslim.org
bisnismuslim org

Cobalah sekali-sekali menatap rumah di pedesaan dari ketinggian, sudah mirip seperti gambar pemandangannya seperti sketsa pensil atas?

Sketsa Pemandangan Kota

yipsf.leafbear.com
yipsf leafbear com

Sekali-kali cobalah menggambar pemandangan khalayak ramai seperti di kota. Bangunan panjang yang menjulang juga bisa dijadikan objek untuk melatih kemampuanmu menggambar, lho.

 

pekoeblaze.files.wordpress.com
pekoeblaze wordpress com

Untuk awal-awal, tentu hasil gambarmu tidak terlalu bagus. Tapi , setelah lama kelamaan tangan dan imajinasimu akan terlatih untuk menggambar bahkan dalam waktu yang singkat. Misalnya, seperti sketsa gambar pemandangan pojok perkotaan di atas.

pinterest.com
pinterest

Gambar pemandangan indah tidak hanya berupa hamparan sawah atau gunung yang menjulang tinggi. Kamu bisa mendapatkan inspirasi bahkan di gang-gang sempit untuk bisa menghasilkan sketsa seperti di atas. Inspirasi bisa datang dari arah mana saja, kawan!

Sketsa Pemandangan Sederhana

bisnismuslim.org
bisnismuslim org

Sketsa gambar pemandangan di atas seperti yang paling simpel dan sederhana. Sangat mudah ditiru oleh siapapun, bahkan mungkin anak kecil. Tinggal liarkan saja imajinasimu untuk mengembangkan lebih jauh.

t1mmmm.deviantart.com
deviantart com

Agak rumit, ya? Namun, kamu harus yakin bisa meniru sketsa gambar pemandangan sungai di atas. Cobalah untuk menggambar pola seperti gambar sebelumnnya dan kemudian ayunkan pensilmu untuk mengaplikasikan guratan-guratan detailnya.

uk.pinterest.com
pinterest

Sketsa gambar pemandangan di atas juga terlihat mudah dan sederhana. Latar belakang yang diambil ialah jembatan yang dibawahnya mengalir sungai dengan bebatuan kecil di tengah dan pinggirnya.

jgloverfineart.files.wordpress.com
jgloverfineart wordpress com

Tambahkan objek utama ditengahnya dan poles dengan sedikit objek di kiri kanannya, fokuskan, dan jadilah sketsa gambar pemandangan jembatan seperti di atas.

desipainters.com
desipainters com

Jika kamu bosan dengan gambar pemandangan suatu objek yang sudah biasa, maka sketsa di atas bisa jadi referensi untukmu sebagai salah satu khazanah inspirasi di kemudian hari. Objek lukisan berupa pemandangan ditambah kapal seperti di atas tentu akan menambah koleksi sketsa latihanmu.

devianart.com
devianart com

Tidak terlalu banyak mengambil objek, namun gambar pemandangan tebing di atas sudah bisa memanjakan mata orang yang melihatnya. Tegaskan guratan-guratannya, maka jadilah sketsa indah sederhana tiada tara.


Itulah 15 contoh sketsa gambar pemandangan dari pensil yang bisa ditiru dengan mudah bagi pemula. Teruslah berlatih menggambar sketsa sebagai awal langkah menjadi seorang pelukis yang handal. Kamu bisa menjadikan sketsa di atas sebagai contoh awal untuk membuat lukisan naturalisme.

Teruslah mengeksplorasi kemampuanmu dengan cara melihat-lihat gambar pemandangan secara langsung atau tidak langsung. Ingatselalu prinsip berikut: “Practice makes perfect”. Semakin banyak berlatih, maka semakin terlatih.

Terimakasih sudah berkunjung.