4 Aneka Contoh Seni Rupa Terapan 3 Dimensi yang Mudah Dibuat

CONTOH SENI RUPA TERAPAN – Seni rupa adalah cabang dari seni yang mempelajari nilai estetika dari suatu karya. Banyak hasil karya seni rupa yang bisa dinikmati keindahannya.

Seni rupa terapan adalah cabang dari seni rupa karena hasil karyanya berupa benda fungsional. Contoh seni rupa terapan yang 3 dimensi bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia, tanpa menghilangkan nilai seni.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Contoh Seni Rupa Terapan 3 Dimensi yang Fungsional

Dari sekian banyak hasil karya seni rupa terapan 3 dimensi, terdapat benda-benda yang sering dijumpai dan berguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penasaran? Inilah beberapa hasil karya seni rupa terapan.

Anyaman

contoh seni rupa terapan
pixabay.com

Pada zaman dahulu, banyak peralatan memasak yang terbuat dari anyaman, misalnya tempat nasi, tudung saji, alat mengayak, dan sebagainya. Ternyata, beberapa benda tersebut memang sebuah karya seni. Benda dari anyaman tersebut semakin berinovasi, baik dari segi bahan dasarnya ataupun varian bentuknya.

Selain adanya perabotan memasak dari anyaman, banyak kerajinan anyaman lain yang saat ini tersedia. Dalam dunia fashion, beragam tas anyaman sudah diproduksi dalam beragam ukuran, corak, dan warna. Gelang dan gantungan kunci juga sudah diproduksi untuk memenuhi kebutuhan aksesoris pada zaman modern ini.

Sentuhan lain dari produk seni rupa terapan berupa anyaman ini adalah produk miniatur dari beragam perabotan memasak. Banyak miniatur perabotan tersebut sengaja dibuat untuk menjadi produk kerajinan yang penuh estetika. Bahan dasar yang digunakan dalam beragam kerajinan tersebut meliputi rotan, bambu, dan sebagainya.

Kerajinan Keramik

contoh seni rupa terapan
pixabay.com

Kerajinan keramik merupakan salah satu jenis karya seni rupa terapan 3 dimensi. Banyak produk berbahan keramik yang sudah tersedia di pasaran dengan variannya yang menarik, dari segi tampilan, ukuran, hingga harga. Selain keindahannya yang memukau, kerajinan keramik juga bermanfaat dari segi fungsinya.

Kerajinan keramik tersebut bisa berwujud pot, pajangan, gelas, piring, dan sebagainya yang tentunya mempunyai nilai tambah selain sebagai hiasan. Ragam coraknya juga berasal dari berbagai konsep, seperti model keramik China.

Furnitur Hias

contoh seni rupa terapan
pixabay.com

Furnitur merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi. Kebutuhan akan meja, kursi, rak, kitchen set, bisa dipenuhi dengan memilih furnitur berkualitas. Saat ini, desain furnitur tak lagi hanya mengutamakan fungsi. Kini, ada furnitur hias yang merupakan contoh seni rupa terapan yang berbentuk 3 dimensi.

Furnitur ini mempunyai fungsi yang sama dengan furnitur pada umumnya. Hanya saja, bentuknya dibuat lebih menarik dan bernilai seni. Produknya bisa berupa meja minimalis, kursi dengan ukiran unik, dan sebagainya. Hiasan berupa ukiran di furnitur akan mempercantik penampilannya.

Pengoptimalan tersebut bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan yang beragam, yaitu dari fungsi utama dan fungsi tambahannya sebagai dalam memenuhi nilai keindahan. Furnitur hias ini dapat dipilih sesuai dengan keinginan Anda, di mana terdapat model minimalis atau biasa. Corak dan warna yang beraneka ragam jura tersedia.

Kriya Logam

contoh seni rupa terapan
pixabay.com

Produk karya seni rupa selanjutnya adalah kriya logam. Apakah itu? Pastinya, bahan dasar pembuatnya berasal dari logam. Sejak zaman dahulu, kriya logam ini sudah banyak dipakai, misalnya senjata untuk berperang, cermin berbingkai logam, alat musik dari logam, dan peralatan rumah tangga.

Sebagai salah satu contoh dari karya seni rupa terapan 3 dimensi, kriya logam terdiri dari barang-barang yang fungsional seperti yang sudah disebutkan di atas. Saat ini, produknya semakin bertambah mengikuti tuntutan zaman, seperti gantungan kunci logam dalam berbagai bentuknya.


Kebutuhan manusia bisa terpenuhi dengan barang-barang yang berkualitas. dalam hal ini, di samping memberikan keindahan bernilai seni, beberapa contoh seni rupa terapan tersebut bisa menjawab kebutuhan konsumen.

Hal ini hanya akan ditemukan pada benda-benda yang fungsional. Anda bisa memulai langkah untuk menerapkan konsep fungsional tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.