Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Internet, Makalah, Ensiklopedi, dll

Contoh Daftar Pustaka – Artikel berikut ini akan berisi panduan lengkap mengenai tata cara pembuatan daftar pustaka yang baik dan benar. Pembahasan ini nantinya akan sangat penting karena di luar sana masih banyak yang belum paham betul mengenai bagaimana penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.

Faktanya, memang terdapat aturan tertentu yang menjadi acuan umum dalam penulisan sebuah daftar pustaka. Aturan tersebutlah yang lalu akan dijelaskan dalam bentuk berbagai macan contoh daftar pustaka dalam artikel ini.

Pembahasannya akan dibagi dalam beberapa bagian, yaitu penjelasan tentang apa itu sebenarnya daftar pustaka, apa fungsi daftar pustaka, aturan penulisan daftar pustaka, dan contoh penulisan daftar pustaka.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

[toc]

Apa itu Daftar Pustaka?

Contoh Daftar Pustaka
pixabay com

Merangkum dari Wikipedia, daftar pustaka atau disebut juga sebagai bibliografi, sumber acuan, sumber rujukan, atau referensi. Daftar pustaka adalah daftar dari segala sumber bahan bacaan yang digunakan dalam penyusunan suatu karya ilmiah.

Berdasarkan kaidah penulisan, apabila kita mengutip beberapa kalimat atau paragraf dari sumber bacaaan lain atau referensi lain ke dalam karya yang kita tulis, maka mau tak mau harus kita selalu pengutip harus mencantumkan sumbernya,

Bentuk sumber bacaan itu sendiri bisa bermacam-macam, contohnya surat kabar, majalah, jurnal buletin, ensiklopedi, terbitan berkala, hasil penelitian, dan lain sebagainya.

Semua sumber bacaan tersebut sangat erat kaitannya dengan karya ilmiah yang ditulis. Dalam sebuah karya ilmiah, daftar pustaka ditempatkan sesudah isi karangan dan ditulis di dalam halaman khusus tersendiri.

Fungsi Daftar Pustaka

Contoh Daftar Pustaka
pixabay com

Lalu, mengapa daftar pustaka mesti dicantumkan? Apa alasannya? Nah, setidaknya ada empat fungsi dari pencantuman suatu daftar pustaka diantara ialah sebagai berikut:

  1. Menunjukkan kejujuran penulis bahwasanya tulisan yang ada di karya ilmiah buatannya bukan merupakan hasil pemikirannya sendiri, namun terdapat sebagian mengambil dari sumber lain;
  2. Memberikan penghargaan dan pengakuan kepada penulis yang buah pemikirannya dalam bentuk tulisan diambil sebagai bahan referensi;
  3. Membantu pembaca yang berniat mengetahui lebih jauh, yakni dengan membaca buku-buku/sumber referensi yang dituliskan;
  4. Memenuhi kelaziman penulisan karya ilmiah.

Aturan Penulisan Daftar Pustaka

Contoh Daftar Pustaka
pixabay com

Penulisan sebuah daftar pustaka tak boleh dilakukan sembarangan, namun harus mengikuti kaidah yang telah dilazimkan. Aturan tersebut dijelaskan sebagai berikut:

  1. Nama pengarang yang terdiri dari dua unsur atau lebih, penulisannya dibalik dan antara unsur pertama dan unsur kedua diberi tanda koma.
    Contohnya nama pengarang bukunya ialah Zaenuddin Kabai maka di daftar pustaka ditulis: Kabai, Zaenuddin.
  2. Jika pengarangnya ada dua orang, maka yang dibalik hanya nama pengarang yang pertama, lalu antara nama pengarang pertama dan kedua diberi kata ‘dan’.
  3. Jika pengarangnya ada tiga orang atau bahkan lebih, maka yang dicantunmkan hanya nama pengarang pertama (namun tetap dibalik jika namanya dua unsur atau lebih) diikuti kata ‘dkk’ (dan kawan-kawan).
    Contohnya sebuah buku dikarang oleh empat orang, yakni Niko Febrianur, Habiburrahman, Ahmad Akbar, dan Dian Hariyadi. Maka dalam penulisan daftar pustaka ditulis: Febrianur, Niko dkk.
  4. Gelar akademis, gelar kebangsawanan, dan gelar keagamaan tak dicantumkan. Contohnya Dian Hariyadi, M. Pd cukup ditulis: Hariyadi, Dian.
  5. Urutan penulisan ke samping kanan yaitu: nama pengarang (dibalik, diakhiri tanda titik), tahun terbit (jika tak ada, tulis ‘Tanpa Tahun’, diakhiri titik), nama kota tempat terbit (diakhiri titik dua), dan terakhir nama penerbit (diakhiri tanda titik).
    Contohnya sebuah buku yang berjudul Cinta dan Keabadian yang dikarang oleh Ahmad Akbar, M. Pd diterbitkan oleh Gema Ilmu, Banjarmasin, pada tahun 2016 maka di daftar pustaka ditulis:
    Akbar, Ahmad. 2016. Cinta dan Keabadian. Banjarmasin: Gema Ilmu.
  6. Urutan penulisan ke samping kanan adalah nama pengarang (dibalik, diakhiri tanda titik), tahun terbit (jika tidak ada, ditulis Tanpa Tahun, diakhiri titik), nama kota tempat terbit (diakhiri titik dua), dan terkahir nama penerbit (diakhiri tanda titik).
  7. Urutan ke bawah berdasarkan abjad nama pengarang (yang sudah dibalik) dan tidak memakai nomor.

Contoh Daftar Pustaka

Contoh Daftar Pustaka
pixabay com

Berikut ini adalah beberapa contoh daftar pustaka yang penulisannya sudah disesuaikan dengan sumber bacaan yang digunakan sebagai rujukan pembuatan karya ilmiah.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Jika rujukan dikutip dari buku, maka penulisan daftar pustakanya ditulis:

Akbar, Ahmad. 2016. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Banjarbaru: Zein Publishing.
Febrianur, Niko. 2015. Tips Blogger Pemula Mendapatkan Dolar. Banjarmasin: Penerbit SatuKata
Hariyadi, Dian. 2015. Jurus Closing Terampuh Abad Milenium. Jakarta: Penerbit Gema Cahaya

Contoh Daftar Pustaka dari Koran

Kutipan yang berasal dari surat kabar atau koran, maka contoh daftar pustakanya ditulis:

Habiburrahman 11 Januari, 2017. Tahura Mandiangin: Sebuah Tinjauan Sejarah. Tribun Timur, hlm 7 & 8.

Contoh Daftar Pustaka dari Website Internet

Contoh daftar pustaka yang diambil dari situs website internet ditulis:

Febrianur, Niko. 2017. Contoh Penulisan Daftar Pustaka, tekoneko.net/contoh-daftar-pustaka/

Contoh Daftar Pustaka dari Ensiklopedia/Kamus

Kutipan yang berasal dari ensiklopedia atau kamus, maka daftar pustakanya ditulis:

John-Clark, D. 2015. The Truth About Men dan Women. The New Encyclopedia Britannica. Encyclopedia Britannica. 30: 556-567.

Contoh Daftar Pustaka dari UU atau Kepres

Republik Indonesia, 2015. Undang-undang Lalu Lintas Nasional Indonesia, Jakarta: Sekretariat Negara.

Contoh Daftar Pustaka dari Presentasi Makalah Seminar

Jika kutipan dari makalah yang dipresentasikan dalam sebuah seminar, maka daftar pustakanya ditulis:

Habiburrahman. 2015. Konsep Matematika dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. Makalah dipresentasikan pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia, Februari 16-18, Jakarta.

(Makalah oleh Habiburrahman berjudul Konsep Matematika dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup, dipresentasikan di Jakarta, Indonesia, pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia.)

Untuk memudahkan, kamu bisa melihat gambar di bawah ini sebagai contoh dalam penulisan daftar pustaka:

Contoh Daftar Pustaka
penting id

Demikian pembahasan tentang penulisan dan contoh daftar pustaka yang baik dan benar untuk buku, jurnal, makalah, internet, ensiklopedi dan lain-lain. Teknik menyampaikan materi tentang contoh daftar pustaka ini perlu dipilih dari berbagai macam metode pembelajaran yang ada agar bisa diserap dengan baik oleh siswa.

Daftar pustaka yang baik dan benar tentu akan menjadikan karya ilmiah yang kamu buat semakin sempurna dan menjadi layak diterima keabsahannya.

Semoga bisa bermanfaat untukmu dan silakan dibagikan. Terima kasih. Salam dari TekoNeko.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.