Ciri-ciri Unta, Manfaat, dan Keunikannya dari Hewan Lain

Ciri-ciri Unta – Unta atau onta merupakan spesies hewan berkuku belah dari genus Camelus. Unta berpunuk tunggal memiliki nama Latin Camelus dromedarius dan unta berpunuk ganda bernama Latin Camelus bactrianus. Hewan ini hidup dan dapat ditemukan di wilayah kering atau gurun di benua Asia dan daerah Afrika Utara. Rata-rata umur unta bisa mencapai 30-50 tahun.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Domestikasi unta yang dilakukan manusia sudah dimulai sejak kurang lebih 5.000 tahun silam. Hingga kini unta masih dimanfaatkan untuk diambil susunya yang diyakini memiliki nilai gizi yang jauh lebih tinggi dari susu sapi. Selain itu, unta juga diambil dagingnya untuk konsumsi serta dijadikan hewan pekerja.

Ciri-ciri Khusus Unta

Ciri-ciri Unta, Manfaat, dan Keunikannya dari Hewan Lain 1
pixabay.com
  • berpunuk, berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan berbentuk lemak,
  • memiliki bulu mata yang panjang dan dua lapis kelopak, berfungsi sebagai pelindung mata dari debu,
  • banyak minum dan sangat sedikit sekali berkeringat, yang adalah cara mereka bertahan hidup,
  • memiliki kaki dan telapak kaki yang tebal, berfungsi agar kaki unta tak mudah terperosok di pasir serta melindungi dari panasnya pasir.

Manfaat Unta

Ciri-ciri Unta, Manfaat, dan Keunikannya dari Hewan Lain 2
pixabay.com

Unta tidak hanya dimanfaatkan untuk diambil tenaga sebagai hewan pekerja atau pengangkut, namun beberapa bagian tubuhnya bisa dikonsumsi oleh manusia yang mana banyak mengandung banyak nilai gizi. Daging unta sendiri selain lezat juga memiliki gizi dan lemak yang baik untuk tubuh serta tak mengandung kolesterol.

Susu unta pun menurut penelitian lebih banyak mengandung nilai gizi dibanding susu sapi. Hati unta juga mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti asma dan mampu menghitamkan dan melebatkan rambut pengkonsumsinya.

Keunikan Unta

Ciri-ciri Unta, Manfaat, dan Keunikannya dari Hewan Lain 3
pixabay.com
  • Unta sudah didesain sedemikian rupa secara khusus agar bisa hidup di padang pasir.
  • Kaki unta memiliki dua jari yang saling terkait dengan bantalan yang fleksibel. Sebab itulah kaki unta bisa bertahan dan berpijak dengan kuat di atas pasir.
  • Unta mampu bertahan hidup selama 3 minggu lamanya tanpa air, namun akan kehilangan 33% berat badannya.
  • Unta memiliki punuk sebagai tempat persediaan makanan. Punuk ini berisikan lemak yang menyediakan zat makanan secara teratur.
  • Bulu-bulu di tubuh unta terdiri dari rambut tebal dan bulu kempa yang melindungi tubuhnya dari sengatan panas serta mampu mencegah tubuh unta kehilangan banyak air.
  • Faktanya, unta mampu mengkonsumsi 130 liter air hanya dalam waktu 10 menit.
  • Bulu mata pada unta berbentuk seperti dua sisir terpisah yang juga saling melekat. Dengan bentuk itu, butir pasir sekecil apapun tidak akan dapat masuk ke mata unta.
  • Bibir unta sangatlah kuat layaknya karet bahkan mampu memakan duri dengan mudahnya.

Demikian pembahasan tentang ciri-ciri unta, manfaat, serta keunikannya. Jika kamu ada pertanyaan atau ingin mengetahui ciri-ciri hewan yang lain, silakan ketikan kata kunci di kolom pencarian ya. Terima kasih sudah berkunjung di Ciriciri.ID 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.