Ciri-ciri Tanah Humus dan Manfaatnya Untuk Tanaman

Ciri-ciri Tanah Humus – Tanah humus banyak digunakan untuk menanam karena kesuburannya. Jenis tanah ini berasal dari daun, ranting, dan pembusukan bagian tumbuhan yang lapuk membentuk tanah yang subur.

Zat-zat yang terkandung di dalam tanah humus seperti fenol, hidroksia, alifatik, dan asam karboksilat sangat bermanfaat bagi tanaman.

Dari sumber lain, disebutkan bahwa tanah humus terbentuk dari membusuknya bahan-bahan organik dalam jangka waktu tertentu.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Biasanya, di tanah ini terkandung sisa-sia tumbuhan dan kotoran hewan. Lalu, bahan organik tersebut mengurai dan terbentuklah partikel-partikel kecil yang memiliki muatan negatif dari humus tanah.

Ternyata, muatan negatif tersebut dapat menyerap nutrisi yang mempunyai muatan positif, seperti kalsium dan magnesium. Selain itu, kandungan tersebut dapat menyuburkan tanah.

Karakteristik Tanah Humus

Ciri-ciri Tanah Humus dan Manfaatnya Untuk Tanaman 1
pixabay.com

Ciri-ciri tanah humus adalah memiliki warna gelap, yaitu antara cokelat tua sampai hitam dan ada bintik-bintik putih di dalamnya.

Proses pempentukan tanah humus disebut dengan humifikasi. Proses humifikasi ini terjadi dengan alamiah atau sendirinya, yaitu dengan cara pengomposan.

Sebagai contoh, dengan mencampurkan tanah dengan bagian tanaman yang sudah busuk agar kesuburan tanah bertambah, atau dengan mencampurkan tanah dengan kotoran hewan.

Ciri-ciri Tanah Humus

Ciri-ciri Tanah Humus dan Manfaatnya Untuk Tanaman 2
pixabay.com

Berikut ini adalah ciri-ciri tanah humus:

  • Warna lapisan tanah gelap
  • Daya serapnya tinggi, bagus untuk pertumbuhan tanaman
  • Diproses dari daun, ranting, atau bagian tumbuhan lain yang membusuk dan lapuk
  • Sering ditemui di daerah yang beriklim tropis
  • Sangat subur dan gembur
  • Berada di lapisan teratas tanah

Manfaat Tanah Humus

Ciri-ciri Tanah Humus dan Manfaatnya Untuk Tanaman 3
pixabay.com

Tanah humus memiliki banyak sekali manfaat baik untuk makhluk hidup maupun tidak. Berikut manfaat diantaranya:

  • Makanan yang baik bagi tumbuh-tumbuhan
  • Sumber energi dari jasad mikro
  • Dapat meningkatkan kandungan unsur hara (Ca, Mg, K)
  • Struktur tanah terjaga
  • Mengikat toksik ke air dan juga tanah
  • Menambah kandungan air tanah
  • Membentengi tanah supaya tidak tergerus
  • Aerasi tanah meningkat
  • Pengganti pupuk sintesis

Jenis-jenis Tanah dan Ciri-cirinya

Ciri-ciri Tanah Humus dan Manfaatnya Untuk Tanaman 4
pixabay.com

Selain tanah humus, ada beberapa jenis jenis tanah lainnya yang mungkin kita belum tahu.

a. Tanah pasir

Ciri-cirinya : humusnya sedikit, baik untuk bangunan, tidak bagus untuk lahan pertanian, banyak kerikilnya.

b. Tanah liat

Ciri-cirinya : tanahnya seperti mengandung lilin jadi susah untuk masuknya air dan sudah jelas tidak subur, tidak cocok untuk menanam, banyak dipakai membuat gerabah dan aneka kerajinan karena sifat tanahnya mudah dibentuk dan tak gampang pecah-pecah.

c. Tanah kapur

Ciri-cirinya : Pohon jati sangat bagus tumbuh di daerah dengan tanah kapur, kurang subur, gampang masuk air, tanah yang pembentukannya karena batuan kapur yang lapuk.

d. Tanah endapan (aluvial)

Ciri-cirinya : tanah aluvial ini mempunyai warna yang cenderung gelap dan subur, sehingga cocok untuk tanam menanam, pembentukan tanah karena lumpur dari sungai yang akhirnya mengendap di wilayah dataran rendah.

e. Tanah vulkanik

Ciri-cirinya : kandungan unsur haranya tinggi sehingga baik dipakai untuk lahan pertanian, terbentuknya dari pelapukan materi letusan gunung berapi, dan biasanya tanah vulkanik dapat dijumpai di sekitar lereng gunung api.

f. Tanah laterit

Ciri-cirinya : tanah ini biasa berada pada lapisan bawah dan tak subur, dengan warna kemerahan, miskin kandungan humus bahkan tak ada. Dan tak cocok untuk bertanam.

g. Tanah podzolik

Ciri-cirinya : kuarsa yang terdapat dalam tanah podzolik mempengaruhi warna tanah yang kecokelatan, banyak dijumpai di pegunungan yang suhunya rendah dan memiliki curah hujan dengan intensitas tinggi, kurang subur, kandungan mineral tanah banyak hilang akibat terbawa oleh air hujan.


Itulah tadi pembahasan mengenai ciri-ciri tanah humus dan manfaatnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuanmu, selalu ikuti update terbaru dari Ciriciri.ID ya, Kakak 😀

One comment

  1. 100% remahan-remahan organik,Humus yang kami tawarkan adalah Hasil Tambang Humus Hutan gunung sawal Asli. Berbentuk butiran granule, Sebagai Pupuk Hayati yang mengandung unsur Hara Lengkap untuk tanaman Kesayangan Anda. Humus bukan kompos rekayasa.(bukan pupuk buatan) Humus yang kami jual adalah Humus yang tidak berbau dan sudah matang. dan Benar Benar tidak Berbau, dan Produk ini sudah Melalui uji coba untuk Pemupukan berbagai macam jenis tanaman antara lain tanaman jenis Karnivora-Anggrek-Anturium-Aglonema-Sanseveria- dengan cara ditaburkan dan berfungsi sebagai pupuk slow reales berbentuk granule remahan remahan Kayu dan butiran Organik yang siap di gunakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.