Ciri-ciri Resensi Buku yang Baik dan Benar

Ciri-ciri Resensi Buku yang Baik dan Benar

Ciri-ciri Resensi – Sebagian orang kadang lebih suka membaca sebuah resensi buku sebelum membeli atau menikmati buku aslinya. Hal tersebut dilakukan tentu dengan berbagai pertimbangan yang subjektif. Peresensi buku atau karya juga kadang memiliki kualitas dan kapasitas yang berbeda, namun tentu saja ada standar sebuah resensi dikatakan bagus. Resensi yang baik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Terdapat Judul Resensi

pixabay.com

Ciri-ciri resensi yang baik pertama ialah terdapat judul resensi. Pastikan judul resensi bukanlah berupa judul objek atau karya yang akan diresensi sebab judul resensi harus mencerminkan keunggulan karya tersebut. Hal ini agar pembaca tertarik untuk membaca resensi tersebut nantinya yang mana diharapkan pembaca akan membeli karya tersebut. Sebab, tujuan utama resensi dibuat salah satunya ialah untuk mempromosikan karya tersebut.

2. Identitas Buku

pixabay.com

Meliputi judul buku, pengarang, penerbit, kota penerbit, jumlah halaman, cetakan ke berapa, serta harga buku. Apabila buku tersebut merupakan terjemahan, maka disebutkan nama penerjemahnya serta editornya. Hal ini disebabkan buku terjemahan akan diterima oleh pembaca bergantung pada kualitas dan kapasitas penerjemahnya.

Nama pengarang sangat penting dicantumkan karena sebuah karya tentu tak akan lepas dari siapa yang melahirkan karya tersebut. Terkadang perbandingan dengan karya lain juga diperlukan jikalau penulis buku tersebut tergolong produktif. Kualitas serta kapasitas seorang penulis sangat perlu diungkapkan untuk membantu promosi dalam resensi selama tidak memihak tentunya.

3. Ada Sinopsis atau Ulasan Buku

pixabay.com

Ringkasan sebuah karya atau disebut sinopsis juga menjadikan sebuah resensi menjadi bagus. Sampaikan sinopsis sebuah karya secara sekilas kepada pembaca agar mereka mampu memahami isi buku atau karya yang sedang dibahas. Sedangkan dalam sebuah ulasan, penulis resensi mengungkapkan latar belakang serta tujuan penulis buku tersebut.

4. Kekurangan Buku

pixabay.com

Seorang penulis resensi dituntut untuk membahas suatu buku dengan apa adanya demi menjaga objektivitas. Maksudnya, ia haruslah berani untuk mengungkapkan buku atau karya tertentu baik dari segi kelebihan terlebih lagi segi kekurangannya. Hal ini sangat bermanfaat bagi sang penulis buku yang bersangkutan.

Manfaatnya tentu saja akan berguna untuk merevisi dan melakukan peningkatan terhadap buku atau karya terbitan penulis buku tersebut selanjutnya. Untuk pembaca, sebagai bahan pertimbangan apakah perlu atau tidak buku tersebut dinikmati.

5. Kelebihan Buku

pixabay.com

Tentu saja uraian mengenai kelebihan atau keunggulan buku akan menambah nilai jual buku tersebut. Dengan membaca kelebihan tersebut, pembaca resensi akan tergerak untuk kemudian membeli dan menikmati sendiri karya atau buku yang diresensi.

Jangan sampai pembaca lalu kecewa ketika membaca buku aslinya. Apabila hal tersebut terjadi, maka perlu dipertanyakan kualitas resensinya. Oleh sebab itu, perlu diketahui hal-hal yang harus peresensi sajikan berkaitan dengan keunggulan buku, yakni:

  • Kerangka buku
    Buku yang bagus tentu saja memiliki kerangka yang teratur sehingga membuat nyaman orang yang membacanya. Hal ini juga perlu diulas oleh peresensi.
  • Isi buku
    Penulisan isi buku yang teratur, jelas, teliti, dan rapi tentu akan mempengaruhi kesan pembaca. Kadang ada penulis yang sangat rapi dalam penulisan bukunya, teratur seolah-olah seperti abjad A-Z dan kadang ada penulis yang isi bukunya seperti melompat-lompat.
  • Penggunaan bahasa
    Isi buku yang berkerangka baik dan yang teratur, rapi, dan jelas isinya ternyata belum cukup menjadikan buku tersebut unggul. Perlu satu poin lagi yakni, penggunaan bahasa yang tepat. Maksudnya ialah karya nonfiksi tentu memerlukan bahasa yang denotatif, sedangkan karya fiksi perlu bahasa yang konotatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.