Kenali 15 Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Non Medis dan Penanganannya

CIRI-CIRI ORANG HAMIL – Buah hati merupakan impian setiap pasangan yang telah mengikat janji pernikahan. Kehadiran buah hati dalam keluarga dapat melanjutkan garis keturunan dari orang tuanya.

Dengan demikian, kabar mengenai kehamilan merupakan suatu kebahagiaan. Setiap wanita pasti senang apabila ia mengetahui dirinya sedang mengandung calon buah hatinya.

Agar nantinya buah hati dapat lahir sehat dan tak kurang suatu apapun, maka sebaiknya Anda perlu memperhatikan kesehatan kandungan.

Menyadari kehamilan sejak dini merupakan hal yang sangat penting agar kondisi kandungan terjaga sejak awal. Untuk itu, Anda dapat mendeteksinya dengan segera.

Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin dari si calon bayi dengan mengetahui berbagai ciri-ciri tertentu, sebab ciri-ciri hamil anak laki-laki akan berbeda dengan ciri-ciri hamil anak perempuan.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Ciri-ciri orang hamil 1 minggu
pexels.com

Ada berbagai ciri-ciri orang hamil yang dapat dikenali secara non medis, sehingga dapat digunakan sebagai perhatian awal Anda.

Apabila ciri-ciri tersebut sudah mulai Anda sadari, maka segera tangani keluhannya. Setelah itu, pastikan kebenarannya dengan periksa ke dokter kandungan.

15 Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Non Medis yang Mudah Dikenali

Apa sajakah ciri-ciri kehamilan tersebut? Berikut ini adalah penjelasan dari 15 ciri-ciri kehamilan yang bisa dideteksi secara non media beserta cara penanganannya.

1. Mual dan Muntah

Ciri-ciri orang hamil minggu pertama
ummi-online.com

Mual dan muntah merupakan ciri-ciri kehamilan yang paling sering dialami. Rasa mual muncul akibat perubahan hormonal saat proses kehamilan.

Kadar hormon estrogen mengalami penurunan dan menyebabkan otot pencernaan melemah. Kadar asam lambung juga meningkat. Akibatnya, suasana di dalam lambung menjadi asam dan menimbulkan rasa mual.

Dalam beberapa kasus, rasa mual tersebut dapat bertambah dan mengakibatkan muntah. Akan tetapi, ada juga yang tidak sampai mengalami muntah.

Saat Anda mengalami rasa mual, sebaiknya segera oleskan minyak hangat ke bagian perut dan minum minuman hangat, seperti teh, jahe, atau susu.

Hal ini akan menjadi penanganan pertama saat rasa mual melanda. Jika rasa mual tersebut semakin menjadi dan ingin muntah, maka segeralah menuju kamar mandi hingga keadaan membaik.

2. Pusing

Ciri-ciri orang hamil 2 bulan
hipwee.com

Wanita hamil akan merasakan pusing saat awal kehamilannya. Pusing juga merupakan gejala morning sickness. Apabila Anda merasa pusing, terutama di pagi hari, maka bisa jadi Anda sedang berbadan dua.

Tindakan pertama apabila pusing menyerang adalah dengan minum air hangat dan mengoleskan minyak ke kepala. Anda dapat berbaring beberapa saat untuk meredakan pusing dan pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi tubuh Anda.

3. Mulut Terasa Asam

Ciri-ciri orang hamil 2 bulan
pixabay.com

Mulut yang terasa asam merupakan salah satu ciri-ciri orang hamil, yang disebabkan oleh penurunan kadar hormon estrogen. Hal tersebut menyebabkan penurunan pada kepekaan dan fungsi lidah sebagai indera pengecap.

Cara penanganannya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak cairan dan mempunyai rasa manis, seperti melon dan semangka.

4. Nafsu Makan Hilang

Ciri-ciri orang hamil minggu pertama
jakartavenue.com

Menurunnya fungsi dan kepekaan lidah dapat menyebabkan munculnya efek lain, yaitu hilangnya nafsu makan. Rasa mual yang menghampiri, juga menjadi faktor lain pemicu hilangnya nafsu makan. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan dan berdampak pada kesehatan ibu dan calon buah hati.

Untuk mengatasinya, periksakan ke dokter dan atasi dengan mengonsumsi makanan dan minuman favorit yang aman untuk kehamilan.

5. Nyeri Perut

Ciri-ciri orang hamil 1 minggu
hellosehat.com

Nyeri perut juga dirasakan oleh wanita hamil. Rasa nyeri tersebut disebabkan oleh sistem pencernaan yang tidak berjalan lancar serta akumulasi gas di dalam lambung yang menekan perut. Sebab lain adalah mengembangnya rahim yang mendesak otot perut dan menekan lambung.

Apabila rasa nyeri berkelanjutan, tangani dengan minum minuman hangat, oleskan minyak hangat, dan segera konsultasikan ke dokter untuk penyembuhannya.

6. Sering Bersendawa dan Buang Gas

Ciri-ciri orang hamil minggu pertama
lifeblogid.com

Sistem pencernaan wanita tidak dapat berfungsi baik saat proses kehamilan, sehingga menimbulkan produksi gas yang berlebih di lambung.

Gas yang dihasilkan dari sisa pencernaan umumnya akan dikeluarkan lewat rongga mulut ataupun anus, sehingga seseorang menjadi sering bersendawa dan membuang gas.

Apabila Anda mengalaminya, oleskan minyak aroma terapi pada bagian perut, sehingga perut menjadi lebih baik.

7. Terasa Panas di Dada

Ciri-ciri orang hamil 2 bulan
tricsehat.blogspot.com

Dada yang terasa panas merupakan ciri-ciri orang hamil selanjutnya. Hal ini juga disebabkan oleh penurunan kadar hormo estrogen yang mengakibatkan terbukanya otot valve atau katup batas antara lambung dan kerongkongan.

Akibatnya, asam lambung mengalir keluar dan mencapai kerongkongan. Tingginya kadar asam lambung dapat menekan dan menimbulkan rasa panas di dada.

Upaya penanganannya adalah dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan teratur. Hindari mengonsumsi makanan sesaat sebelum tidur dan tinggalkan makanan pedas, berminyak, serta asam, yang memicu produksi asam lambung. Tidur dengan bantal yang cukup tebal serta memakai pakaian yang nyaman merupakan solusi dalam beristirahat.

8. Perubahan Pada Payudara

Wanita yang tengah berbadan dua pasti mengalami hal ini. Payudara menjadi membesar dan mengencang dengan sendirinya. Hal tersebut terjadi karena payudara dipersiapkan untuk menampung ASI (Air Susu Ibu) yang kelak akan diberikan pada si buah hati.

9. Pegal-Pegal

Ciri-ciri orang hamil 1 minggu
pixabay.com

Badan yang pegal-pegal merupakan salah satu ciri-ciri orang hamil yang dapat dideteksi pada awal kehamilan. Tubuh menjadi mudah lelah ketika menjalankan aktivitas. Anggota gerak, seperti tangan dan kaki juga merasakan pegal.

Hal itu terjadi karena tingginya kadar hormon progesteron yang menghambat proses metabolisme tubuh dan mengurangi energi yang dihasilkan. Kadar asam laktat juga meningkat karenanya.

10. Perut Buncit

Perut yang tampak buncit merupakan ciri-ciri kehamilan selanjutnya. Akumulasi gas sisa pencernaan di dalam perut wanita hamil menyebabkan perut menjadi buncit, bahkan bisa menimbulkan bunyi keroncongan. Adanya gas tersebut juga mengganggu kenyamanan.

Untuk mengurangi gejala ini, hindarilah makanan yang memicu bertambahnya gas di lambung, seperti minuman bersoda, kubis, dan kopi. Selain itu, kopi dan soda tidak baik bagi kesehatan janin.

11. Konstipasi

Ciri-ciri orang hamil 1 minggu
pkumuhsampang.or.id

Salah satu ciri-ciri orang hamil adalah mengalami konstipasi (sembelit). Perubahan hormonal juga dapat mengakibatkan sistem pencernaan menjadi tidak lancar akibat feses yang terlambat diproses.

Penyerapan air terlalu banyak akibat perubahan hormonal  juga dapat menjadi faktornya. Konsumsilah makanan berserat dan jus buah untuk melancarkan sistem pencernaan.

12. Diare

Ciri-ciri orang hamil 2 bulan
pixabay.com

Mengalami diare merupakan salah satu tanda kehamilan yang disebabkan oleh perubahan hormonal, sehingga otot saluran pencernaan pada usus besar kehilangan kemampuan menyerap cairan. Apabila dibiarkan, diare akan mengakibatkan dehidrasi. Oleh karena itu, makanlah makanan berserat dan banyak mengonsumsi air minum agar terhindar dari diare.

13. Sering Buang Air Kecil

Ciri-ciri orang hamil 2 bulan
pixabay.com

Sering buang air kecil dapat dialami oleh wanita hamil. Hal tersebut disebabkan oleh mengembangnya rahim yang menekan kandung kemih (tempat terakumulasinya urin). Kandung kemih yang tertekan tersebut tidak akan mampu menampung urin dengan volume seperti biasanya. Oleh karena itu, wanita hamil sering buang air kecil.

14. Sensitif

Ciri-ciri orang hamil yang cukup sering dialami adalah sensitif. Peningkatan kepekaan tersebut dapat berdampak negatif bagi wanita hamil dan orang di sekitarnya. Mood yang sering berubah dan sulit dalam mengontrolnya, menyebabkan emosi kurang terkendali.

Dengan demikian, ibu hamil menjadi lebih sering marah dan mudah tersinggung. Anda dapat berjalan-jalan santai ataupun melakukan olahraga yoga untuk mengontrol emosi.

15. Rasa Gatal

Ciri-ciri orang hamil 2 bulan
detikkesehatan.com

Rasa gatal dapat muncul saat proses kehamilan. Meskipun demikian, tidak setiap wanita hamil mengalaminya. Gatal tersebut sangat mengganggu aktivitas dan terkadang dapat membuat jengkel akibat rasa gatal yang berlebih. Rasa gatal ini disebabkan oleh melebarnya sel-sel kulit pada bagian perut akibat membesarnya ruang rahim.

Apabila mengalaminya, usapkan bedak untuk mengurangi rasa gatal. Jangan menggaruknya agar permukaan kulit tetap halus, tanpa ada stretch mark.


Terdapat berbagai ciri-ciri hamil muda yang dapat Anda pahami dan gunakan untuk mendeteksi kehamilan sejak dini. Mengetahui kehamilan sejak dini akan berpengaruh positif, di mana kesehatan kandungan dapat terjaga dari awal kehamilan.

Apabila Anda mengalami beberapa kondisi atau keluhan seperti yang dipaparkan di atas, maka segera tangani dan periksakan kondisi yang sebenarnya ke dokter kandungan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.