Ciri-ciri Novel, Jenis-jenis, Beserta Contoh dan Penjelasannya

Ciri-ciri Novel –¬†Tahukah kamu apa itu novel? Mungkin sebagaian dari kita sudah pada tahu tentang apa itu novel, dan beberapa orang juga memiliki pemahaman masing-masing tentang apa itu noevel. Akan tetapi semua pemahaman itu mengarah kepada satu pengertian.

Mengutip dari Wikipedia, novel adalah suatu karangan prosa panjang yang mengandung sebuah rangkain cerita kehidupan seseorag yang berada disekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat dari setiap pelaku.

[toc]

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Ciri-ciri Novel

Ciri-ciri Novel, Jenis-jenis, Beserta Contoh dan Penjelasannya 1
pixabay.com

Adapun ciri-ciri novel dan jenis-jenis novel adalah sebagai berikut :

  1. Ditulis menggunakan narasi atau penjelasan yang kemudian didukung dengan deskripsi berfungsi untuk menggambarkan suasana kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi.
  2. Alur ceritanya kompleks.
  3. Jumlah kata umumnya bisa mencapai di atas 10.000 kata.
  4. Minimal jumlah halaman sebanyak 100 halaman.
  5. Minimal waktu baca satu buah novel 2 jam.
  6. Skala novel lebih luas daripada cerpen.
  7. Sifat novel adalah realistis karena pengarang yang lebih tahu menahu dengan situasi yang digambarkan pada novel tersebut.

Jenis-Jenis Novel

Ciri-ciri Novel, Jenis-jenis, Beserta Contoh dan Penjelasannya 2
pixabay.com

Novel memiliki banyak jenis. Jika dilihat dari segi genrenya, novel terbagi menjadi lima jenis, yaitu:

1. Novel Romantis

Novel romantis merupakan novel yang ceritanya menggambarkan tentang kisah percintaan. Seperti contoh: Ayat-ayat Cinta, novel Dalam Mihrab Cinta, Cinta Suci Zahrana dan masih banyak lagi.

2. Novel Misteri

Novel misteri adalah novel yang ceritanya menggambarkan tentang kisah-kisah atau cerita penuh misteri yang biasanya dalam ceritanya menimbulkan teka-teki dan penasaran para pembacanya. Contohnya: Metropolis, Sherlock Holmes, Rebecca dan lain sebagainya.

3. Novel Horor

Novel horor adalah novel yang dalam ceritanya berisikan tentang suatu kisah yang menyeramkan, membuat para pembaca berdebar-debar dan membuat si pembaca merasa tegang. Biasanya cerita dalam novel horor ini berkaitan erat dengan alam-alam ghaib atau makhluk-makhluk ghaib. Contohnya: novel Dracula. novel Vampire dan lain sebagainya.

4. Novel Komedi

Novel komedi adalah novel yang isinya menceritakan tentang sebuah cerita yang mengandung unsur humoris atau kelucuan dan membuat si pembaca tertawa serta gaya pencitraannya lebih santai. Contohnya: Manusia Setengah Salmon, novel Marmut Merah Jambu, dan lain sebagainya.

5. Novel Inspiratif

Novel inspiratif adalah novel yang isisnya menceritakan tentang cerita yang memberikan inspirasi kepada para pembacanya. Tema yang disuguhkan yang membangun dan beraneka ragam seperti tentang pendidikan, ekonomi, kehidupan yang serba kekurangan, perjuangan, persahaban dan lain sebagainya. Contohnya: Negeri 5 Menara, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan lain sebagainya.

Jenis Novel Berdasarkan Kejadiannya

Ciri-ciri Novel, Jenis-jenis, Beserta Contoh dan Penjelasannya 3
pixabay.com

Sedangkan berdasar kejadiannya novel terbagi ke dalam dua jenis, yaitu:

1. Fiksi

Novel fiksi adalah novel yang tidak ada kejadiannya nyata di dunia atau tidak pernah terjadi. Novel ini hanya sekedar karangan atau fiktif belaka dari pengarangnya juga sebuah khayalan atau imanjinasi dari penulisnya. Contohnya: Harry Potter, Spiderman,Twilight, dan lain sebagainya.

2. Non fiksi

Novel non fiksi adalah jenis novel yang benar-benar terjadi atau nyata kejaidannya serta pernah ada dan ilmiah. Contohnya: Sarjana Muda, Laskar Pelangi, Semua Ayah Adalah Bintang dan lain sebagainya.

Jenis Novel Berdasarkan Tokohnya

Ciri-ciri Novel, Jenis-jenis, Beserta Contoh dan Penjelasannya 4
pixabay.com

Berdasarkan isi dan tokohnya novel terbagi menjadi empat jenis, adalah sebagai berikut :

1. Teenlit

Novel jenis merupakan novel yang berisikan tentang kisah atau cerita seputar kehidupan remaja. Contohnya: Rahasia Hati Lelaki, Dealova, Bisikan Dari Langit, Perahu Kertas dan lain sebagainya.

2. Chicklit

Novel jenis ini merupakan novel yang menceritakan seputar wanita muda dan berbagai permasalahan yang dihadapinya. Contohnya: Klub Santap Malam Rahasia, novel Pengakuan Si Gila Belanja, Miss Jutek, dan lain sebagainya.

3. Songlit

Novel jenis ini merupakan novel yang dibuat berdasarkan cerita yang diambil dari sebuah lagu. Contohnya: Ruang Rindu, Lelaki Buaya Darat, Sebelum Cahaya, dan lain sebagainya.

4. Novel dewasa

Novel jenis ini merupakan novel yang berisikan tentang cerita atau kisah orang-orang dewasa dan novel jenis ini hanya untuk dinikmati oleh orang-orang dewasa. Contohnya: Saman , novel On The Island, Larung dan lain sebagainya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.