Ciri-ciri Laporan yang Baik dan Benar Beserta Fungsi dan Jenisnya

Ciri-ciri Laporan yang Baik –¬†Secara umum, laporan dapat dimaknai sebagai suatu bentuk penyampaian keterangan, berita, pemberitahuan, maupun pertanggungjawaban baik secara lisan atau tulisan dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan tanggung jawab atau wewenang di antara keduanya. Laporan juga merupakan salah satu cara komunikasi dari pihak satu ke pihak yang lain.

Fungsi Laporan

Ciri-ciri Laporan yang Baik dan Benar Beserta Fungsi dan Jenisnya 1
pixabay.com

Fungsi sebuah laporan diantaranya ialah:

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

  1. sebagai bentuk pertanggungjawaban seseorang terhadap tugas yang diberikan,
  2. sebagai landasan seorang pemimpin untuk mengambil sebuah keputusan/kebijakan,
  3. sebagai alat untuk melakukan pengawasan,
  4. sebagai dokumen untuk dijadikan bahan studi atau pengalaman orang lain.

Jenis-jenis Laporan

Ciri-ciri Laporan yang Baik dan Benar Beserta Fungsi dan Jenisnya 2
pixabay.com

Jenis-jenis laporan berdasarkan bentuk ialah:

  1. laporan berbentuk surat,
  2. laporan berbentuk formulir,
  3. laporan berbentuk buku,
  4. laporan berbentuk naskah,
  5. laporan berbentuk memorandum (memo).

Ciri-ciri Laporan yang Baik

Ciri-ciri Laporan yang Baik dan Benar Beserta Fungsi dan Jenisnya 3
pixabay.com

Sebuah laporan dikatakan baik jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Obyektif

Ciri-ciri laporan yang baik pertama ialah bersifat objektif dalam hal menyampaikan fakta. Pernyataan yang dibuat dalam laporan tersebut haruslah berdasarkan pada kenyataan. Kesimpulan serta rekomendasi yang diajukan juga disertai dengan bukti yang spesifik dan detail juga terhindari dari sangkaan dan pendapat pribadi. Jika ternyata fakta menunjukkan A maka yang harus dilaporkan A tanpa ada tendensi apapun.

2. Bahasa Formal

Bahasa yang digunakan dalam menulis laporan haruslah formal, jelas, baik, dan teratur. Ciri-ciri laporan yang baik dan benar tentu menggunakan bahasa formal yang baku dan sesuai dengan kaidah penulisan yang terdapat dalam EYD.

Penyusunan paragraf demi paragraf, kalimat demi kalimat, kata demi kata hingga tanda baca harus tepat dan teratur dari segi sintaksis bahasa. Hindari penggunaan kata ganti orang. Titik berat dan penekanan sebuah laporan yang baik tidak berdasarkan pendapat penyaji data namun berdasarkan fakta.

3. Sistematis

Selanjutnya laporan yang baik haruslah ditulis secara sistematis. Penulisan judul, subjudul, dan lainnya disusun secara teratur dengan perencanaan yang bagus. Bagian dari sebuah laporan seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan disusun harus berurutan agar pembaca dapat dengan mudah mengerti isi dari laporan yang ditulis tersebut.

4. Dibuat Atas Permintaan

Laporan umumnya ditulis atas permintaan dari pihak tertentu. Laporan tersebut dibuat sebagai bahan pertanggungjawaban atas suatu tugas yang sudah dilakukan. Laporan ini biasanya berupa laporan panjang atau pendek, sesuai kebutuhan. Namun, ada kalanya seseorang membuat suatu laporan atas inisiatif sendiri.

5. Pembacanya Tertentu

Suatu laporan yang dibuat atas permintaan pihak tertentu dan berdasarkan bidang tertentu pastilah dibaca dan ditujukan untuk pembaca yang khusus. Contoh mudahnya sebuah laporan keuangan perusaahaan yang tentu saja ditujukan dan dipublikasikan hanya pada direktur keuangan, bagian keuangan, serta direktur utama ataupun pada orang-orang yang berhubungan dengan manajemen keuangan perusahaan.

Laporan tersebut tentu tidak dipublikasikan kepada semua pihak di perusahaan sebab hal tersebut merupakan perihal intern dan belum tentu semua orang di perusahaan paham akan keuangan perusahaan.


Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri laporan yang baik yang bisa kamu aplikasikan jika di kemudian hari mendapatkan tugas mengolah dan membuat suatu laporan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.