Ciri-Ciri Kucing Sakit Demam dan Cara Alami untuk Mengobatinya

CIRI-CIRI KUCING SAKIT – Kucing Anda terlihat lebih aktif dari biasanya di waktu tertentu dan tampak kelelahan atau lesu di waktu yang lain? Jangan anggap sepele, karena kondisi ini bisa menjadi ciri-ciri kucing sakit sehingga perlu mendapat penanganan yang tepat dan cepat.

Kucing bisa mengalami sakit demam, diare, sariawan, tidak nafsu makan, flu, sakit telinga, kaki, bahkan rabies. Oleh karena itu, Anda sebagai pemiliknya harus mengetahui ciri-ciri dari masing-masing penyakit tersebut.

Dengan mengetahui penyebab dan ciri-cirinya, Anda bisa segera memberi pertolongan pertama. Anda juga bisa mencoba menerapkan cara alami untuk mengobatinya. Khusus sakit demam, berikut ciri-ciri dan cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

[toc]

Ciri-Ciri Kucing Sakit 1: Suhu Tubuh Tinggi

Suhu tubuh normal kucing adalah 37,6-39,10C. Jika Anda mengukur suhu tubuhnya dengan termometer, lantas lebih tinggi dari itu, maka ini bisa menjadi salah satu ciri sakit demam. Penyebabnya bisa karena peradangan, infeksi kuman, daya tahan tubuh menurun, dan alergi.

Seperti halnya manusia, demam yang dialami kucing merupakan efek dari sistem imun yang sedang menghalau kuman. Tapi, jika dibiarkan tanpa penanganan, maka bisa membahayakan sistem syaraf di otaknya.

Oleh karena itu, Anda pun bisa menerapkan pertolongan pertama seperti halnya pada manusia. Bawa kucing Anda ke tempat sejuk atau beri bantalan es pada keempat telapaknya. Bisa juga dengan mengelap seluruh tubuhnya dengan kain basah agar terjadi penguapan.

Ciri-Ciri Kucing Sakit 2: Nafsu Makan Berubah-ubah

Ciri-ciri kucing sakit demam yang berikutnya yaitu nafsu makan yang berubah-ubah, bisa sangat rakus atau tidak mau menyentuh makanannya sama sekali. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan makanan favoritnya seperti ikan, terutama saat nafsu makannya menurun.

Kemudian, agar tubuhnya tetap mendapat asupan bernutrisi, beri dia susu non-laktosa. Pastikan suhu susu tersebut sama seperti suhu tubuh Anda. Hal ini dikarenakan, pencernaan kucing lebih mudah untuk mencerna susu dalam suhu hangat.

Selain susu dan ikan, jangan lupa untuk memberinya air putih. Anda bisa memberinya dalam suhu normal untuk membantu mengatasi demam yang dialaminya. Dengan air putih, maka kucing Anda terhindar dari dehidrasi yang lebih parah akibat demam.

Nafsu makannya juga bisa ditingkatkan dengan cara memberinya suplemen dan vitamin B. Keduanya bisa membangkitkan selera makan kucing Anda meski dia masih sakit demam dan sulit untuk bergerak.

Ciri-Ciri Kucing Sakit 3: Galak dan Temperamental

Ciri yang berikutnya yaitu galak dan temperamental. Selain kurang bersemangat, kucing Anda bisa tiba-tiba berubah menjadi galak dan mudah marah. Hal ini biasanya dingaruhi oleh demamnya yang semakin tinggi sehingga membuatnya gelisah.

Apalagi jika dia mengeluarkan muntah kental, muncul cairan dari lubang di wajahnya (mata, hidung, dan telinga), sulit BAB atau bercampur darah, pembengkakan anggota tubuh, serta sulit bergerak (jalan/berdiri), maka kucing Anda perlu penanganan lebih dari seorang dokter.

Tapi, sebelum memerikasakannya ke dokter, Anda bisa mencoba terlebih dahulu obat yang aman dan efektif menurunkan demam pada kucing. Dua di antaranya yaitu Tolfenamic acid dan Meloxicam.

Tolfenamic acid membantu kucing Anda yang mengalami masalah demam akibat trauma, infeksi, tumor ringan, dan penyebab lainnya. Untuk anak kucing, setiap 1 tabletnya dibagi menjadi 5 potong untuk diminum selama 5 hari berturut-turut.

Sedangkan untuk kucing dewasa, dosisnya bisa ditambah menjadi 1 tablet per hari. Kemudian untuk Meloxicam, cukup 0,5 mg/ml dan diberikan sesudah makan. Anda bisa memberi dosis yang lebih rendah untuk menghindari over dosis.

Hindari pemberian Meloxicam ketika melihat ciri-ciri kucing sakit berupa sulit minum, karena obat ini justru bisa sangat membahayakan ginjalnya. Akan lebih baik bagi Anda untuk mengonsultasikan semua obat berikut dosisnya dengan apoteker atau dokter hewan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.