Ciri-ciri Emas Asli yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Ciri-ciri Emas – Untuk sekedar diketahui, emas palsu ialah emas yang kadarnya sangat rendah, misal hanya 10 karat atau kurang, tak ada ukuran yang pasti. Namun, sebagai pembeli tentu kita ingin tahu apakah emas yang kita beli merupakan emas asli atau tidak.

Tips awal, jika kamu ingin berinvestasi emas pastikan kamu membeli emas di toko-toko yang bersertifikat serta teruji dan terkenal misalnya jika di Indonesia seperti LM emas keluaran Antam atau dinar keluaran gerai dinar (juga dicetak oleh Antam).

Nah, berbekal sertifikat itulah kamu paling tidak aman dan mendapat garansi bahwa emas yang kamu beli sudah benar-benar asli sesuai dengan spesifikasi di dalam sertifikat. Namun, jika ingin memeriksa sendiri, kamu bisa mengetahui ciri-ciri emas asli atau palsu atau berkarat rendah dengan melakukan pengecekan sederhana. Berikut ulasannya.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

1. Lihat Ciri-ciri Emas Secara Visual

Ciri-ciri Emas Asli yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli 1
pixabay.com

Ini merupakan cara yang paling mudah, yakni dengan melihat ciri-ciri visualnya. Emas murni umumnya diberi tanda-tanda atau cap yang menunjukkkan kadar emas, contoh dalam fineness (1-999 atau 0.1-0.999) atau dalam karat (10K, 14K, 18K, 22K, atau 24K).

Jika tulisan terlalu kecil, kamu bisa gunakan kaca pembesar untuk mempermudah melihat. Akan tetapi, tidak semua logam mulia memiliki cap tersebut, misalnya kadang dalam model-model lama. Perlu diperhatikan bahwa, emas palsu pun bisa juga memiliki cap karat agar terlihat asli.

Cara kedua dalam visualnya ialah dengan melihat perubahan warna. Caranya, gosoklah  dengan menggunakan jari bagian-bagian tertentu atau carilah bagian yang dikira-kira sering mendapatkan gesekan, contohnya koin logam atau tepi logam mulia. Jika ternyata emas itu palsu maka akan menampakkan warna logam lain yang berbeda yang mengakibatkan warna emas menjadi tak seragam dan bergradasi.

2. Gigit Emasnya

Ciri-ciri Emas Asli yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli 2
cmgdigital.com

Mungkin kamu sering melihat di film-film ada orang yang menggigit emas atau mungkin pernah melihat seorang atlet Olimpiade menggigit medali emas yang ia dapatkan. Hal tersebut sebenarnya sangat lazim dan bukan tanpa alasan serta tujuan. Cara ini termasuk cara untuk mengetahui keaslian emas.

Caranya, gigitlah emas dengan menggunakan gigi Anda dengan tekanan yang sedang. Cek dan amati apakah di emas tersebut terdapat bekas gigitan atau tidak. Teorinya, jika emas itu asli maka akan terlihat bekas goresan gigi, bekas gigitan tersebut akan semakin jelas jika emasnya murni 24 karat.

Namun, cara ini tidak direkomendasikan sebab selain bisa merusak gigi kondisi fisik emas pun akan menjadi rusak. Dan sayangnya, para pemalsu emas pun masih bisa menggunakan timah berlapiskan emas yang bisa dibilang “empuk” untuk digigit.

3. Pengujian dengan Magnet

Ciri-ciri Emas Asli yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli 3
desikurni.blogpsot.com

Termasuk cara yang mudah namun tetap tak bisa memastikan emas tersebut benar-benar asli. Setidaknya, kamu tahu bahwa emas milikmu bukanlah loga besi yang dilapisi emas. Cukup gunakan magnet yang kuat, jangan gunakan magnet-magnet hias dan kecil yang ditempel di kulkas itu, ya.

Sama halnya dengan mengecek logam itu besi atau tidak, cukup pegang magnet lalu kemudian arahkan ke emas. Emas bukanlah logam magnetik, sehingga dapat dipastikan ia tak punya daya tarik kepada magnet. Jadi, jika ternyata emas tersebut tertarik walau sedikit atau bahkan menempel dengan magnet, sudah dipastikan emas tersebut palsu.

Namun, sekali lagi perlu diingat bahwa cara ini tidak sepenuhnya menjamin keaslian emas. Alasannya ialah banyak logam lain yang juga bersifat non-magnetik dan sering digunakan sebagai pembuatan emas palsu.

4. Uji Kadar Densitas Emas

Ciri-ciri Emas Asli yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli 4
pixabay.com

Sangat jarang ditemui sebuah logam memiliki kadar massa jenis yang melebihi kadar kepadatan emas. Kadar densitas emas murni 24K ialah sekitar 19,3 g/ml yang sangat jauh melebihi kebanyakan logam lain.

Pengukuran densitas emas merupakan satu cara yang paling rumit namun paling presisi untuk mengetahui ciri-ciri emas asli atau palsu. Aturan praktisnya, semakin tinggi kepadatan maka akan semakin murni emas.

5. Goreskan Emas pada Keramik Atau Kertas

Ciri-ciri Emas Asli yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli 5
pixabay.com

Perlu diingat apabila menguji dengan cara ini maka akan ada resiko emas tergores saat diuji. Ambillah piring keramik polos atau gunakan saja keramik lantai. Goreskan emas ke permukaan keramik tersebut. Apabila terdapat goresan hitam di keramik, berarti emas itu palsu namun jika tidak berati emas tersebut asli.

Selain keramik, bisa juga dengan kertas. Untuk perbandingan, goreskan dahulu uang logam lama (bukan yang aluminium) ke kertas, maka akan terdapat goresan hitam. Namun, jika emas asli tidak akan ada goresan sedikit pun.

6. Uji Emas Dengan Nitric Acid

Ciri-ciri Emas Asli yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli 6
sjzxlwhg.com

Istilah lain ialah “tes asam” dan merupakan cara yang bagus untuk menguji keaslian emas. Namun, tes ini beresiko keselamatan jika tak berhati-hati. Namun jika untuk bisnis, bisa langsung menyerahkannya ke toko perhiasan emas.

Istilah lainnya adalah “tes asam” dan merupakan cara yang cukup bagus untuk menguji keaslian emas. Tetapi tes ini memiliki resiko keselamatan dengan cairan asam, jadi harus berhati-hati sekali. Jika tidak untuk bisnis, sebaiknya tes asam ini diserahkan ke toko perhiasan emas saja.

Caranya cukup sederhana yakni dengan meneteskan satu tetes asam nitrat ke emas dan melihat reaksi yang terjadi. Reaksi hijau berarti logam besi berlapis emas, emas berarti kuningan berlapis emas, susu berarti perak berlapis emas. Namun jika tak menimbulkan reaksi apapun kemungkinan besar adalah emas asli.


Itulah cara mengetahui emas asli atau palsu yang bisa kamu lakukan sendiri dengan melihat ciri-cirinya. Namun, akan lebih baik jika kamu langsung membeli emas di tempat yang terkenal dan teruji saja. Hal ini bisa membuatmu merasa aman dan mengurangi resiko membeli emas palsu atau berkarat rendah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.