Ciri-ciri Ekosistem Air Tawar dan Contohnya

Ciri-ciri Ekosistem Air Tawar – Air tawar adalah ekosistem yang dibutuhkan oleh jenis-jenis ikan hias. Salah satu contoh ekosistem air tawar adalah sungai.

Sebenarnya, ekosistem perairan dan ekosistem darat memiliki konsep dasar yang sama. yang membedakan adalah unsur biotik yang berperan. Apabila di ekosistem perairan komponen abiotiknya adalah air. Maka di ekosistem darat abiotik yang berperan adalah tanah.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Ekosistem perairan dibegi menjadi 2 macam, pertama ekosistem air tawar. Dan yang kedua adalah ekosistem air laut. Tetapi kali ini akan lebih terfokus untuk membahas ekosistem air tawar.

Ciri-ciri Ekosistem Air Tawar

Ciri-ciri Ekosistem Air Tawar dan Contohnya 1
pixabay.com

Berikut ini adalah ciri-ciri ekosistem air tawar :

  1. Memiliki kadar garam yang sangat rendah. saking rendahnya, garam yang ada di dalam air tawar lebih rendah dari cairan sel makhluk hidup.
  2. Sangat berpengaruh oleh iklim dan cuaca.
  3. Penetrasi atau masuknya cahaya matahari lebih rendah dari ekosistem air laut.

Air Tawar Berdasarkan Keadaan Airnya

Ciri-ciri Ekosistem Air Tawar dan Contohnya 2
pixabay.com

Ekosistem air tawar pun dibagi menjadi 2 macam, dan dimacam ini dibagi berdasarkan keadaan airnya. Pertama adalah ekosistem air tawar lentik (tenang) dan yang kedua adalah ekosistem air tawar lotik (mengalir).

Contoh ekosistem air tawar lentik adalah danau dan rawa. Sedangkan untuk contoh ekosistem air tawar lotik adalah sungai dan air terjun.

Air Tawar Berdasarkan Intensitas Matahari

Ciri-ciri Ekosistem Air Tawar dan Contohnya 3
pixabay.com

Selain dibagi berdasarkan keadaan airnya, ekosistem air tawar juga bisa di bagi berdasarkan intensitas cahaya matahari yang masuk dan menembus air. Ekosistem ini dibagi menjadi 3 daerah, yaitu:

  1. Zona Litoral, zona ini adalah daerah dangkal, sehingga cahaya matahari dapat masuk dan menembus hingga dasar perairannya.
  2. Zona limnetik, zona ini adalah zona daerah terbuka yang cahaya matahari masih bisa masuk tetapi tidak hingga dasar perairan.
  3. Zona Profundal, zona ini merupakan daerah yang sangat dalam sehingga tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari. Di zona seperti ini tidak akan ditemukan organisme fotosintetik, tetapi banyak dihuni oleh hewan jenis pemangsa dan organisme pengurai.

Rantai Makanan dan Kelompok Abiotik Ekosistem Air

Ciri-ciri Ekosistem Air Tawar dan Contohnya 4
pixabay.com

Ekosistem perairan juga sama dengan ekosistem darat, dalam ekosistem perairan pun terdapat komponen produsen, konsumen, pengurai dan kelompok abiotik. Berikut ini adalah penjelasnnya.

1. Produsen

Apabila di ekosistem darat produsen ada tanaman dan juga rerumputan, di dalam ekosistem perairan produsen tersebut adalah kelompok alga atau lebih dikenal sebagai ganggang.

Selain itu ada mikroorganisme lain yang hidup di permukaan air, yaitu plankton. Ada dua jenis plankton yang hidup di dalam ekosistem perairan yaitu fitoplankton dan zooplankton.

Fitoplankton adalah plankton yang masuk ke dalam bagian produsen karena bisa menghasilkan makanan sendiri. Dan zooplankton tidak masuk ke dalam produsen karena tidak bisa menghasilkan makanan sendiri.

2. Konsumen

Kalau fitoplankton adalah produsen maka zooplankton adalah produsen, karena dia memakan apa yang telah dihasilkan oleh produsen. Selain itu masuk kedalam kategori konsumen, yaitu keong, cacing, dan hewan tak bertulang belakang.

3. Pengurai

Komponen pengurai dalam ekosistem perairan adalah jamur dan juga bakteri. Semua sisa dari tumbuhan dan hewan yang mati akan diurai menjadi zat anorganik oleh jamur dan juga bakteri. Zat anorganik tersebut akan digunakan kembali oleh produsen untuk mengolah makanan.

4. Komponen abiotik

Unsur abiotik sangatlah penting bagi suatu ekosistem. Dalam ekosistem perairan yang menjadi unsur abiotik adalah air, sinar matahari, udara dan juga suhu.


Itu dia ciri-ciri ekosistem air tawar dan macam-macamnya. semoga ilmu ini bisa bermanfaat dan bisa dijadikan amal jariyah nantinya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.