Sebelum Terlambat, Cermati 12 Ciri-Ciri Demam Berdarah Plus Penanganannya agar Tidak Terjadi Komplikasi Demam Berdarah

ciri-ciri demam berdarah
ciri-ciri demam berdarah
pixabay.com

CIRI-CIRI DEMAM BERDARAH – Tahukah Anda bahwa terdapat beragam penyakit yang bisa menyerang kapan saja? Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang kapan saja. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dengue yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypty dan perlu diwaspadai karena dapat mengancam keselamatan jiwa.

Ketidaktahuan terhadap ciri-ciri demam berdarah juga memicu jatuhnya korban. Saat seseorang menderita demam berdarah, kekebalan tubuhnya melemah dan terdapat penurunan kinerja sistem peredaran darah. akibatnya, sistem tubuh lainnya juga ikut bermasalah. Hal mendasarnya adalah adanya penurunan jumlah trombosit yang jauh dari batas normal.

Hal tersebut akan sangat berperan dalam proses pembekuan darah akan menurun dan lama-kelamaan mengakibatkan pendarahan pembuluh darah. Kemungkinan pecahnya pembuluh darah dapat terjadi jika tidak segera ditangani.

Terlambat sedikit saja, demam berdarah bisa beralih pada komplikasi demam berdarah. Jika sudah terjadi komplikasi demam berdarah, maka kondisi tubuh akan lebih parah dibandingkan sebelumnya.

12 Ciri-Ciri Demam Berdarah yang Harus Anda Sadari

Setelah membaca penjelasan di atas, tentu tak ada yang mau menjadi penderitanya, bukan? Untuk itu, segera ketahui 12 ciri-ciri demam berdarah agar segera dilakukan penanganan sebelum komplikasi menghampiri.

  1. Demam Tinggi

ciri-ciri demam berdarah
detik.com

Demam tinggi merupakan ciri-ciri pada penyakit demam berdarah paling utama. Apabila terjadi demam hingga bersuhu 38 derajat celcius pada retang waktu 2-7 hari, dapat dimungkinkan terindikasi terkena demam berdarah. meskipun demikian, demam tersebut mengalami fluktuasi. Awalnya memang bersuhu tinggi, kemudian akan menurun, dan kembali naik.

  1. Bintik Merah pada Kulit

ciri-ciri demam berdarah
4.bp.blogspot.com

Ciri yang paling dikenal ketika terkena penyakit demam berdarah adalah timbulnya bintik merah pada kulit, baik itu di tangan, kaki, ataupun badan. apabila tanda ini muncul, maka waspadalah. Kemunculan bintik merah tersebut diakibatkan pendarahan pembuluh darah yang terjadi karena terganggunya sistem pembekuan darah. Jumlah trombosit turun hingga di bawah normal.

  1. Pusing Tak Tertahankan

ciri-ciri demam berdarah
pixabay.com

Pusing adalah ciri-ciri demam berdarah berikutnya. Akan tetapi, pusing yang dirasakan penderita demam berdarah lebih hebat. Aktivitas juga menjadi terganggu karenanya. Jika pusing ini menyerang, jangan gunakan obat penghilang pusing. Hal itu terlalu berbahaya. Sebaiknya, segera periksakan kondisi Anda ke dokter untuk pengobatan dan mengetahui faktor penyebabnya.

  1. Wajah Merah dan Mata Panas

ciri-ciri demam berdarah
2.bp.blogspot.com

Wajah penderita penyakit demam berdarah akan tampak merah. Hal ini terjadi karena demam tinggi yang dialami. Bagian mata juga akan terasa panas akibat suhu tubuh yang cukup tinggi. Mata juga tampak merah karenanya. Timbulnya tanda-tanda ini harus diwaspadai dan segera periksakan ke dokter untuk memperoleh penanganan. Jangan biarkan kondisi semakin parah.

  1. Mimisan

ciri-ciri demam berdarah
hellosehat.com

Pendarahan adalah ciri-ciri yang dialami oleh penderita demam berdarah. mimisan merupakan salah satu bentuk dari pendarahan tersebut. Keluarnya darah dari hidung dapat semakin parah jika tidak segera ditangani. Langkah pertama, Anda dapat menanganinya dengan menyumbat lubang hidung dengan kapas atau kain lembut. Selanjutnya, segera periksakan ke dokter.

  1. Menggigil

ciri-ciri demam berdarah
cdn.idntimes.com

Demam tinggi menyebabkan naiknya suhu tubuh. Penyakit demam berdarah mampu menaikkan suhu tubuh hingga cukup tinggi. Akibatnya, kestabilan tubuh terganggu. Apabila sudah demikian, tubuh akan bereaksi. Tubuh akan menggigil dan menjadi pertanda bahwa sudah tidak tahan lagi. Jika demikian, sebaiknya segera ke dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

  1. Hilangnya Nafsu Makan

ciri-ciri demam berdarah
www.sapujagat.com

Ciri-ciri demam berdarah selanjutnya adalah hilangnya nafsu makan. Demam yang menyerang dalam suhu tinggi akan menyebabkan hilangnya selera makan. Rasa pusing yang tak tertahankan menyebabkan penderita malas menyantap makanan. Hanyalah ada rasa lemas yang dirasakan. Tidak ada energi yang masuk ke tubuh, sehingga daya tahan tubuh semakin menurun dan bisa drop jika berkelanjutan.

  1. Mual

ciri-ciri demam berdarah
3.bp.blogspot.com

Mual menjadi salah satu pertanda seseorang mengalami demam berdarah. Pertanda ini terjadi sebagai reaksi lanjutan dari tingginya suhu tubuh. Kestabilan sistem pencernaan menjadi terganggu. Jika dibiarkan begitu saja, maka menimbulkan rasa mual yang lebih parah dan penderita berpotensi mengalami muntah. Sebaiknya, Anda melakukan penanganan segera dengan memeriksakan diri.

  1. Gangguan Pencernaan

ciri-ciri demam berdarah
homenaturalcures.com

Penyakit yang disebabkan oleh virus akan menimbulkan gangguan pencernaan. Penderita demam berdarah akan mengalami gangguan pencernaan tersebut, di antaranya sakit perut, diare, ataupun susah buang air besar. Dengan demikian, kondisi kesehatan sudah pasti terganggu. Dehidrasi akibat diare juga akan dialami penderita. Hal ini dapat mengancam jiwa apabila dibiarkan saja.

  1. Gangguan Pernapasan

ciri-ciri demam berdarah
onlinedoctor.lloydspharmacy.com

Gangguan pernapasan merupakan ciri-ciri demam berdarah yang sangat perlu diwaspadai. Rasa sesak di dada menyebabkan kesulitan dalam bernapas, sehingga dapat mengancam keselamatan jiwa. Hal ini terjadi karena adanya cairan yang terhenti di area dada. Terganggunya sistem pernapasan ini harus ditangani dengan tepat. Jangan didiamkan saja. Pedulikan kesehatan Anda.

  1. Sakit di Persendian

ciri-ciri demam berdarah
qncjellygamatkangacepherbal.files.wordpress.com

Rasa sakit di persendian juga timbul karena penyakit demam berdarah ini. Nyeri di area persendian akan mengganggu aktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam melakukan apapun. Sistem gerak tubuh akan terganggu. Anggota gerak menjadi nyeri saat digunakan untuk bergerak. Hal ini wajib menjadi perhatian serius. Lakukan penanganan segera untuk mengatasinya.

  1. Lunglai

ciri-ciri demam berdarah
pixabay.com

Nyeri di bagian persendian menyebabkan tubuh menjadi lunglai. Sistem gerak yang tidak lagi optimal saat digunakan bergerak akan menyebabkan adanya rasa lelah yang berlebih. Oleh karena itu, rasa lunglai sangat dirasakan oleh penderita demam berdarah. aktivitas sudah pasti terganggu. Jika hal ini terjadi, maka jangan diabaikan begitu saja. Pastikan apa penyebabnya dengan jalan periksa ke dokter.

Demikianlah ciri-ciri demam berdarah yang harus mulai diketahui dan dipahami. Dengan mencermati setiap tanda-tanda tersebut, Anda dapat segera menyadari ketika tanda tersebut Anda alami. Setelah timbul kesadaran, maka tindakan penanganan terhadap penyakit demam  berdarah dapat lebih cepat dilakukan. Kemungkinan terjadinya komplikasi demam berdarah juga dapat dihindari.

Ketidaksadaran terhadap tanda-tanda penyakit demam berdarah dapat menyebabkan lambatnya penanganan dan komplikasilah dampaknya. Seseorang yang sudah menderita komplikasi akan mengalami demam yang fluktuatif, sistem imun yang drop, pembesaran organ hati, kegagalan sirkulasi, pendarahan masif, serta shock berat yang dikenal dengan Dengue Shock Syndrome (DSS).

Pengobatan medis adalah penanganan efektif untuk kasus demam berdarah agar kembali sembuh dan menghindari komplikasi. Penderita demam berdarah harus menerima perawatan intensif, sehingga rawat inap sangat dianjurkan. Penderita akan kehilangan nafsu makan dan mengalami dehidrasi. Dengan rawat inap, maka ia akan memperoleh infus sebagai sumber energi dan penghilang dehidrasi.

Pada saat rawat inap, jangan lupa kompres si penderita agar mempercepat proses penurunan demam. Pemberian obat penurun panas juga pasti terpenuhi apabila dirawat inap. Serangkaian pemeriksaan lanjutan juga akan dilakukan oleh pihak medis, sehingga kondisi penderita akan terus dipantau. Pengobatan dapat dilakukan secara optimal hingga kondisi membaik dan akhirnya sembuh.

Pemahaman mengenai ciri-ciri demam berdarah sangat diperlukan agar tidak terlambat dalam menanganinya jika beberapa tanda tersebut benar-benar dialami. Tidak ada salahnya untuk berburu info kesehatan, termasuk terus memahami pertanda penyakit demam berdarah. Upaya pencegahan juga dapat dilakukan dengan tidak membiarkan air menggenang, karena dapat menjadi sarang nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.