Ciri-ciri Burung Kicau yang Bagus dan Berkualitas Untuk Lomba

Ciri-ciri Burung Kicau yang Bagus – Bagi kamu pecinta burung, pasti sudah mengenal dengan burung Kacer. Yup, jenis ini memang sudah tidak diragukan lagi memiliki kicauan yang merdu.

Saking bagusnya, tidak sedikit pecinta burung rela untuk merogoh kantong cukup dalam demi memenuhi hasratnya berburu Burung Kacer dengan kualitas bagus.

Namun, kamu juga harus berhati-hati. Sekarang sangat marak penjual burung ‘nakal’ yang berbicara burung yang ia jual berkualitas bagus dan pernah menjadi juara.

Kalung Kucing Liontin Bahan Kulit Asli Premium

Memang benar, indukan Burung Kacer yang mempunyai riwayat juara, besar kemungkian akan menelurkan burung-burung berkualitas bagus. Tapi, hal tersebut bukan satu-satunya faktor kunci, perawatan pemilik burung juga harus dipertimbangkan.

Ciri-ciri Burung Kicau yang Bagus

Mungkin kamu akan mulai bertanya-tanya, lantas bagaimana memilih burung Kacer yang berkualitas? Tidak usah khawatir, kamu sekarang di tempat yang tepat. Kali ini kita akan membahas apa saja ciri-ciri burung kicau yang bagus, berikut penjelasannya:

Jenis Gender

Ciri-ciri Burung Kicau yang Bagus dan Berkualitas Untuk Lomba 1
fotoburungkicau.com

Jika kamu hendak membeli burung kicau yang bagus, pastikan memilih yang jantan. Mengapa harus jantan? Karena pengalaman adalah jawabannya.

Burung Kacer jantan yang memiliki leher panjang nan berisi serta berbulu hitam mengkilap banyak diyakini mempunyai kualitas kicau yang lebih bagus apabila dibandingkan dengan jenis yang lain.

Hal tersebut adalah ciri-ciri burung kicau yang bagus pertama yang mesti kamu ingat.

Bentuk Paruh

Ciri-ciri Burung Kicau yang Bagus dan Berkualitas Untuk Lomba 2
trendburung.blogspot.com

Setelah syarat pertama terpenuhi, kita juga harus memperhatikan bentuk paruh. Burung kacer yang bagus identik dengan bentuk paruh di bagian pangkal cenderung lebar, panjang dan besar.

Tidak hanya itu, kamu juga sangat direkomendasikan memilih lubang hidung yang berdekatan dengan bola matanya.

Jika ciri-ciri tersebut kamu penuhi, kemungkinan besar Burung Kacer yang kamu pilih akan sesuai dengan yang diharapkan.

Bentuk Kepala

Ciri-ciri Burung Kicau yang Bagus dan Berkualitas Untuk Lomba 3
satujam.com

Bentuk mata juga merupakan salah satu ciri-ciri yang patut dicermati. Perhatikan pada bagian sisi mata dan kepalanya. Burung Kacer yang bagus mempunyai kepala yang cenderung kotak dengan mata bundar, besar dan kelihatan melotot.

Area yang disebutkan di atas jangan sampai lupa ya? Karena itu termasuk bagian titik vital yang harus kamu tahu.

Bentuk Tubuh

Ciri-ciri Burung Kicau yang Bagus dan Berkualitas Untuk Lomba 4
omkicau.com

Kamu tidak direkomendasikan untuk memilih burung Kacer yang leher da tubuhnya pendek. Kacer yang bagus memiliki tubuh yang presisi dan proporsional. Tubuh tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Pada bagian leher, kaki dan ekor harus terlihat serasi. Hal ini dilakukan agar selain kicaunya bagus juga sedap dipandang.

Sayap dan Kaki

Ciri-ciri Burung Kicau yang Bagus dan Berkualitas Untuk Lomba 5
pilangkicau.wordpress.com

Setelah semua spesifikasi tersebut sudah dipenuhi, hal terakhir yang merupakan ciri-ciri burung kicau yang bagus ialah bagian sayap dan kakinya.

Burung Kacer terbaik memiliki sayap dengan kerapatan bulu yang bagus. Dan untuk bagian kakinya pilihlah yang serasi antara kanan dan kirinya, terlihat kokoh serta mempunyai daya cengkeram yang kuat. Jangan memilih Burung Kacer hanya berdasarkan warna kakinya saja.

Bentuk kaki yang besar dan kering juga bisa menjadi alternatif pilihan. Oh ya, jangan lupa untuk melihat bagaimana tingkah, Burung Kacer yang lincah dan juga terlihat aktif merupakan tanda bahwa burung tersebut sehat dan mempunyai mental yang kuat.


Itulah ciri-ciri burung kicau yang bagus dan berkualitas yang harus kamu pahami agar tidak mudah tertipu oleh para penjual yang ‘nakal’. Semoga informasi ini dapat membantu mendapatkan burung Kacer berkualitas yang kamu idamkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.